Iklan Responsif

5 Besar Daftar Penerbit di Jurnal Scopus

Penerbit merupakan salah satu aspek penting dalam penentuan artikel kita akan dipublish di jurnal scopus. Kenapa? Karena bisa saja meski terindeks scopus, namun dianggap publisher predator. 
Daftar Penerbit Jurnal Scopus
(Sumber: https://www.elsevier.com) Bisa saja dalam 1 sampai 2 tahun aman masih terindeks scopus. Namun setelah itu bisa di kick dari jurnal scopus dengan alasan publish terindikasi sebagai predator atau abal-abal.

Berikut saya sajikan 5 besar publisher/penerbit di Jurnal Scopus.

1. Elsevier Elsevier memiliki cengkraman paling kuat dan paling luas di Jurnal Scopus. Data terakhir menunjukkan hampir 60% jurnal scopus terbitan Elsevier. Penerbit Elsevier didirikan pada tahun 1880. Lokasi kantor pusat Elsevier ada di Amsterdam, Belanda. Induk dari penerbit Elsevier adalah RELX Group. Link resmi dari Elsevier adalah https://www.elsevier.com/en-xs.  

Banyak di antaranya bekas nama penerbit yang diakuisisi oleh Reed Elsevier. Academic Press, Bailli√®re Tindall, BC Decker, Butterworth–Heinemann, Cell Press, Churchill Livingstone, Gulf Professional Publishing, GW Medical Publishing, Hanley & Belfus, Medicine Publishing, Morgan Kaufmann Publishers, Mosby, Newnes, North-Holland Publishing Company, Pergamon Press, Saunders, Syngress, William Andrew, Woodhead Publishing (termasuk Chandos and Horwood). Ada pendapat yang muncul bahwa kalau penerbitnya Elsevier, maka publish di Jurnal Scopus sudah aman. Tapi tetap dicek ya sebelum publish di jurnal Scopus.

2. Spinger Spinger merupakan salah satu penerbit kuat di Jurnal Scopus. Penerbit Spinger didirikan pada tahun 1842. Pendiri Spinger adalah Julius Springer. Lokasi kantor pusat Spinger ada di Berlin, Heidelberg, Jerman. Link resmi dari Spinger adalah https://www.springer.com/gp.  Banyak di antaranya bekas nama penerbit yang diakuisisi oleh Reed Elsevier. 

Sejarah Springer (1842-2017): (1) Dari politik ke sains - generasi Springer pertama dan kedua (1842-1906). (2) Menjadi penerbit ilmiah terkemuka Jerman (1906-1945). (3) Rekonstruksi dan globalisasi (1945-1992). (4) Pertumbuhan tanpa batas? (1992-1996). (5) Terobosan digitalisasi (1996-1999). (6) Transisi dan restrukturisasi (1999-2007). (7) Digitalisasi 2.0 - dari Akses Terbuka ke Arsip Buku Springer (2007-2010). (8) Konten untuk masyarakat berbasis pengetahuan - editorial untuk abad ke-21 (2011-2016). (9) Jalan menuju Springer Nature - latar belakang dan visi hingga 2017.

3. Wiley John Wiley & Sons, Inc., sering juga disebut sebagai Wiley. Wiley merupakan salah satu penerbit tua dan kuat di Jurnal Scopus. Penerbit Spinger didirikan pada tahun 1807. Wiley didirikan oleh Charles Wiley di New York, Amerika Serikat.  Lokasi kantor pusat Wiley ada di Hoobeken, New Jersey, Amerika Serikat. Link resmi dari Wiley adalah https://www.wiley.com/en-id.

4. Taylor & Francis Taylor & Francis merupakan salah satu penerbit kuat di Jurnal Scopus. Penerbit Taylor & Francis didirikan pada tahun 1852. Pendiri Taylor & Francis adalah William Francis dan Richard Taylor. Lokasi kantor pusat Taylor & Francis ada di Milton Park, Abingdon-on-Thames, Oxfordshire Britania Raya. Link resmi dari Taylor & Francis adalah https://www.tandfonline.com/. 



5. Sage Sage Publications merupakan salah satu penerbit di Jurnal Scopus. Sage Publications didirikan pada tahun 1965. Sage Publications  didirikan oleh Sara Miller McCune and George D. McCunedi.

Lokasi kantor pusat Sage Publications  ada di Thousand Oaks, California Amerika Serikat. Link resmi dari Sage Publications  adalah https://us.sagepub.com/en-us/nam.

Semoga artikel 5 Besar Daftar Penerbit di Scopus ini bisa memberi manfaat. Amiin.

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel