Iklan Responsif

Cara Menulis Artikel Ilmiah: Metode Penelitian (Method of Research)

Artikel  fokus pada Cara Menulis Artikel Ilmiah: Metode Penelitian (Method of Research). Pada artikel ilmiah biasanya ada beberapa istilah, yaitu: Metode Penelitian, Materials & Method of Research, Method of Research, dan sebagainya. 
Cara Menulis Artikel Ilmiah: Metode Penelitian

bagian ini penulis harus mampu membuat sebuah penjelasan bagaimana penelitian dalan artikel itu dilakukan. Hal ini cukup substansi. Kenapa? Karena bagian ini akan lebih spesifik dalam membedakan penelitian Anda dengan penelitian orang lain.

Kebaruan artikel Anda juga akan semakin kuat pada bagian Metode Penelitian ini. Bagian Metode Penelitian kalau dikemas secara baik dan benar akan membawa keuntungan lain, yaitu artikel Anda akan banyak disitasi karena prosedur penelitian yang Anda buat mudah dan menarik untuk diadaptasi oleh pembaca atau peneliti lainnya.

Berikut ini akan saya sajikan beberapa Tips dan Trik dalam menulis metode penelitian dalam artikel.
1. Metode penelitian yang kita sajikan berapa halaman?
Biasanya jurnal tidak membatasi jumlah halaman karena sangat tergantung pada properties bidang ilmu yang akan dipublish. Jangan terlalu panjang lebar. Buatlah singkat, padat, dan jelas untuk memudahkan pembaca memahami artikel Anda.

2. Good Method

Buatlah metode penelitian yang singkat, padat, dan jelas. Ketika menjelaskan prosedurnya, sehingga siapapun yang melakukan atau ingin menggunakan metodenya mengalami kesulitan.

3. Flow Chart

Buatlah Flow Chart untuk menghemat jumlah kata dan lebih memudahkan pembaca memahami artikel Anda.

4. Instrumen Penelitian harus Valid dan Reliabel

Pada metode penelitian pasti ada instrumen yang harus disampaikan. Instrumen harus memenuhi kriteria VALID dan RELIABEL. Oleh karena itu, ini wajib harus Anda tulis di metode penelitian. Kalau tidak ada pasti akan diminta oleh reviewer.

5. Social Science: Must be full justified

Ini poin penting, dimana semua harus jelas di artikel yang Anda tulis. Tidak ada prosedur yang disembunyikan dalam artian atas persetujuan komponen peneliti dan sumber data.

6. Penentuan Sampel, Populasi dan Subjek penelitian
Beberapa reviewer meminta penentuan Sampel, Populasi dan Subjek penelitian harus eksplisit. Untuk nama sampel/subjek lebih baik dalam kode.

Jangan sekali-kali menyepelekan bagian metode penelitian agar mempermudah pembaca/reviewer dalam memahami dan menilai artikel yang telah Anda buat. Ketika Anda memiliki metode penelitian yang baru dan inovatif, saya pastika artikel Anda tidak akan di REJECT, mungkin masih ada perbaikan di sana - sini. Semoga Tips dan Trik Cara Menulis Artikel Ilmiah: Metode Penelitian (Results of Research) ini dapat bermanfaat.

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel