Iklan Responsif

Jurnal Internasional : Lebih Familiar dengan Jurnal Scopus dan Web of Science

Jurnal Internasional menjadi salah satu buruan para akademisi dalam berbagai kepentingan. Salah satunya untuk kenaikan pangkat.  
Contoh Jurnal Internasional


Tahun 2019, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti memberlakukan SOP terkait Penilaian Angka Kredit (PAK). Perubahan yang menonjol antara lain adalah kriteria Jurnal Internasional yang beda dengan aturan sebelumnya. 

Oleh karena itu fokus artikel ini akan mengupas secara singkat terkait publikasi ilmiah khususnya di Jurnal Internasional.

Menurut Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti (2019), Jurnal Internasional adalah majalah ilmiah dan harus memenuhi indikator sebagai berikut.

"1. Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan  etika akademik."
"2. Memiliki ISSN."
"3. Ditulis menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia,  Spanyol dan Tiongkok)."
"4. Memiliki terbitan versi online."
"5. Dewan Redaksi adalah pakar di bidangnya paling sedikit  berasal dari 4 (empat) negara."
"6. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam satu nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari dua negara."
"7. Alamat jurnal dapat ditelusuri daring."
"8. Dewan Redaksi dari Jurnal dapat ditelusuri daring dan tidak ada perbedaan antara editor yang tercantum di edisi cetak dan edisi daring."
"9. Proses review dilakukan dengan baik dan benar."
"10. Jumlah artikel tiap terbitan adalah wajar dan format tampilan setiap terbitan tidak berubah ubah."
"11. Tidak pernah diketemukan sebagai jurnal yang tidak bereputasi atau jurnal meragukan oleh Ditjen Dikti/ Ditjen Sumber Daya dan Iptek atau tidak terdapat pada daftar jurnal/penerbit kategori yang diragukan."

Jurnal yang diakui sebagai jurnal internasional oleh Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti memenuhi kriteria angka 1 sampai 11 yang mempunyai indikator: 

"1. Diterbitkan oleh Perguruan Tinggi atau Penerbit (Publisher) kredibel dan  terindeks oleh basis data internasional yang bereputasi (contoh : Web of Science dan Scopus) dengan SJR jurnal kurang dari 0,15 atau memiliki JIF WoS kurang dari 0,05."
"2. Diterbitkan oleh asosiasi profesi internasional bereputasi."
"3. Jurnal internasional yang memenuhi kriteria angka 1 sampai 11 dan indikator huruf a dan b dapat dinilai paling tinggi 30 (tiga puluh)."

Semoga postingan Jurnal Internasional : Lebih Familiar dengan Jurnal Scopus dan Web of Science ini bisa memberikan manfaat kepada Anda. Amin

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel