Iklan Responsif

Scimago Journal Rank (SJR) & Quartile of Scopus (Q1, Q2, Q3 dan Q4)

Fokus artikel ini membahas tentang Scimago Journal Rank (SJR) & Quartile of Scopus (Q1, Q2, Q3 dan Q4). Banyak dari temen-temen mahasiswa yang masih belajar terkait publikasi harus tahu dan paham : (1) apa itu SJR? (2) Bagaimana cara mengecek SJR suatu jurnal Scopus?  
Jurnal Scopus
(Sumber: https://www.elsevier.com) Bagaimana kita tahu Quartile of Scopus (Q1, Q2, Q3 dan Q4)? Di postingan ini mari kita sedikit sharing terkait Scimago Journal Rank (SJR) & Quartile of Scopus (Q1, Q2, Q3 dan Q4).


Apa itu SJR?

Sebenarnya untuk mengetahui info lengkapnya tentang SJR sudah diulas secara detail disitus www.scimagojr.com. Bedanya saya disini akan mengemas bahasan mengenai Scimago Journal Rank (SJR) & Quartile of Scopus (Q1, Q2, Q3 dan Q4) dalam kemasan yang lebih sederhana.

Scopus merilis SJR (Scimago Journal Rank). Kita semua dengan mudah dapat menggunakan Scopus, khususnya SJR yang dapat diakses secara gratis. Karena Scopus memberikan layanan pengecekan jurnal secara web dan gratis. 

Hal ini yang membuat Scopus lebih cepat berkembang bila dibandingkan dengan Web of Science. Scimago adalah kelompok riset dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), Universitas Granada, Extremadura, Carlos III (Madrid) dan Alcala de Henares, didedikasikan untuk analisis informasi, representasi dan pengambilan dengan teknik visualisasi.

SJR dihitung dengan menggunakan database Scopus (Elsevier) dengan memperhatikan:

1. Journal coverage.
2. The relationship between primary (citable items) and total output per journal of the database.
3. Assignment criteria for types of documents.
4. The accuracy of the linkage between references and source records
(Sumber: http://www.scimagojr.com)


Bagaimana Cara Menelusuri SJR & Quartile of Scopus?

Untuk melihat perangkingan berdasarkan SCImago bisa dilihat melalui alamat https://www.scimagojr.com/journalrank.php. Scopus dalam menilai sebuah jurnal dengan membuat kalsifikasi klusterisasi kualitas jurnal ilmiah dengan istilah yang sering disebut Quartile. 

Scopus memiliki 4 Quartile, yaitu Q1, Q2, Q3 dan Q4. Dimana Q1 adalah kluster paling tinggi atau paling utama dari sisi kulitas jurnal dikuti Q2, Q3 dan Q4 dibawahnya.

Sebelum submit ke jurnal perhatikan benar apakah jurnal yang Anda tuju sudah masuk list Jurnal Scopus dan memiliki SJR di atas 0.15. 

Kenapa? Karena per April 2019, jurnal internasional bereputasi adalah jurnal terindeks Scopus dengan SJR di atas 0.15 atau jurnal terindeks Web of Science dengan JIF paling sedikit 0.05. Semoga postingan Scimago Journal Rank (SJR) & Quartile of Scopus (Q1, Q2, Q3 dan Q4) ini bisa bermanfaat. Amiin

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel