Iklan Responsif

Apa Asiknya Belajar IPA Menggunakan PhET?

Apa kabar kawan? Tentu baik bukan, kalian tahu tidak bahwa dengan perkembangan teknologi saat ini, kalian dapat mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam dengan mudah dan asyik loh! Selain itu dijamin tidak akan membosankan. Ada banyak sekali cara untuk memudahkan kalian belajar IPA, salah satunya kalian dapat menggunakan PhET. Tahukah kalian apakah PhET itu?
Apa Asiknya Belajar IPA Menggunakan PhET? Moh. Rizky Perdana Ardiansyah

Apa itu PhET?

PhET ialah sebuah inovasi software dari Universitas Colorado, yaitu singkatan dari Physics Education Technology yang merupakan sebuah situs yang dapat kalian akses untuk melakukan percobaan tanpa harus mempersiapkan alat khusus. Situs PhET banyak menyediakan simulasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, antara lain: fisika, kimia, dan biologi yang dapat dengan mudah kalian akses secara gratis, atau dapat kalian download untuk kepentingan belajar di kelas atau dapat digunakan untuk kepentingan belajar sendiri di rumah.

Simulasi yang ada di PhET sangatlah menarik, kalian akan diajak untuk belajar dengan cara mengamati secara langsung dengan bantuan suatu animasi, benda-benda yang abstrak atau tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, seperti: atom, elektron, foton, dan medan magnet menjadi dapat kalian amati.

Kegiatan yang bisa kalian lakukan berupa menekan tombol, menggeser benda atau memasukkan suatu data. Kemudian saat itu juga kalian akan mengetahui akibat dari interaksi yang telah kalian lakukan akan secara langsung dalam bentuk animasi.

Untuk melakukan suatu percobaan yang memerlukan data kuantitatif atau pengukuran, kalian tidak perlu bingung. Karena simulasi PhET telah dilengkapi dengan alat-alat ukur di dalamnya antara lain: penggaris, stopwatch, voltmeter, dan termometer.

Kalian dapat menggunakannya untuk mengukur suatu besaran. Asyik bukan? Kalian akan merasakan memiliki laboratorium IPA sendiri yang bisa kalian akses di mana saja, namun bedanya PhET adalah laboratorium virtual.

Simulasi PhET sendiri sangatlah mudah digunakan, selain dengan cara online, kalian dapat menggunakannya secara offline di rumah. Dengan syarat di komputer atau laptop kalian terdapat program Java dan Flash. Tetapi, kalian tidak perlu bingung atau galau apabila tidak memiliki software tersebut karena PhET juga menyediakan download paket simulasi + Java + flash. Selain itu terdapat juga fitur “Teacher Idea and Activities” untuk membantu guru dan siswa melakukan kegiatan sesuai kategori yang ada. Oh ya selain dengan komputer, dengan kecanggihan teknologi kalian juga dapat mengakses PhET lewat smartphone kalian loh, bagaimana kawan-kawan ? Asyik kan belajar IPA dengan PhET?

Apa Kelebihan dan Manfaat PhET?

Banyak sekali kelebihan dan manfaat yang bisa kalian ambil dari PhET. Kelebihan dan manfaat dari simulasi PhET sebagai berikut.
  1. Dapat dijadikan suatu pendekatan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam yang
  2. membutuhkan keterlibatan dan interaksi langsung dengan kalian, seperti praktikum.
  3. Memberikan timbal balik yang dinamis pada kalian maupun guru.
  4. Dapat membantu guru dalam mendidik siswa agar memiliki pola berpikir konstruktivisme, di mana siswa dapat menggabungkan pengetahuan awal dengan temuan-temuan virtual dari simulasi yang telah dijalankan oleh siswa.
  5. Membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik dan asyik karena kalian dapat belajar sekaligus bermain pada simulasi tersebut.
  6. Memvisualisasi konsep-konsep ilmu pengetahuan alam dalam bentuk model. Seperti elektron, photon, molekul, dll.

Apa Kekurangan PhET?

Namun meskipun memiliki banyak manfaat PhET masih memiliki beberapa kekurangan antara lain sebagai berikut.
  1. Aplikasi atau game yang ada pada simulasi PhET sangat terbatas yaitu untuk file yang memiliki format “.Jar” saja.
  2. Keberhasilan suatu proses pembelajaran dengan bantuan simulasi PhET sangat bergantung pada kemandirian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.
  3. Siswa dapat merasa jenuh jika belum memahami tentang cara penggunaan komputer maupun gawai sehingga akan menimbulkan respons yang pasif dalam melaksanakan percobaan virtual.
Bagaimana kawan apakah kalian sudah tahu mengenai apa itu PhET? Asyik bukan bila pembelajaran IPA di sekolah menggunakan PhET, pastinya kalian tidak akan bosan karena kalian tidak hanya terpaku pada buku pelajaran saja, tetapi kalian bisa langsung melakukan pengamatan dengan bantuan visualisasi animasi yang menarik.

Jadi tunggu apalagi.. ayo segera bermain dan belajar IPA dengan PhET. Kalian  bisa mengaksesnya sekarang. Semoga bermanfaat.

Penulis: Moh. Rizky Perdana Ardiansyah (S1 Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel