Iklan Responsif

Konsep Energi Apa yang Ada di Saat Buah Jatuh dari Pohonnya?

Apa itu Energi?

Energi adalah kemampuan daya atau kekuatan dalam melakukan berbagai proses kerja ataupun usaha. Satuan dari energi adalah joule (J). Sebagai contoh dapat kita jabarkan apa maksud dari definisi energi bahwasannya dalam melakukan perkerjaan dan usaha baik ringan maupun berat, sesuatu ataupun seseorang pasti membutuhkan energi untuk melakukannya. 

Konsep Energi Apa yang Ada di Saat Buah Jatuh dari Pohonnya? Yeni Arifah Khofshoh
Energi yang akan kita bahas kali ini terdapat tiga macam energi yaitu energi potensial, energi kinetik, dan energi mekanik pada peristiwa jatuhnya buah dari pohonnya. 

Nah untuk pembahasan perubahan energi, seperti yang sudah diungkapkan dalam bunyi hukum kekekalan energi bahwasannya “Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan tetapi energi hanya dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain.” Bahwasannya dalam peristiwa buah yang jatuh dari pohonnya tersebut tidak bisa menciptakan ataupun memusnahkan energi melainkan hanya dapat merubah dari satu bentuk energi ke bentuk yang lain.


Apa itu Energi Potensial?

Dalam terjadinya peristiwa buah jatuh dari pohonnya, yang pertama kita akan membahas tentang hubungan jatuhnya buah dari pohonnya dengan energi potensial serta apa saja yang terjadi di dalamnya. Energi potensial adalah energi yang dihasilkan itu memengaruhi benda terhadap posisi ketinggiannya, di mana benda tersebut memiliki massa serta perubahan posisinya menimbulkan gaya gravitasi. Satuan (SI) energi potensial adalah joule (J). Energi potensial adalah energi yang mana bendanya memiliki massa (m), memiliki ketinggian (h), dan gaya gravitasi (g) sehingga memiliki persamaan Ep = mgh. Selanjutnya untuk proses jatuhnya buah dari pohonnya juga menghasilkan gaya gravitasi (g) yang mana gaya gravitasi ini yang menimbulkan buah dapat jatuh secara tepat di permukaan tanah, serta buah yang jatuh dari pohonnya tersebut memiliki massa (m). 

Jadi dapat disimpulkan bahwasannya diamnya buah sebelum jatuh ke permukaan itu menghasilkan apa itu energi potensial serta jatuhnya buah didorong oleh gaya gravitasi. Dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya dari pernyataan definisi dan apa yang sudah dijelaskan lebih dalam terjadi kesinambungan antara keduanya, sehingga persamaan energi potensial yakni Ep = mgh adalah benar dan sesuai.

Ketika buah jatuh dari pohonnya, energi yang dihasilkan menimbulkan perpindahan posisi buah dari pohon dan jatuh ke bawah yang mana perubahan tersebut akan menghasilkan ketinggian yang disimbolkan dengan huruf (h) kecil, yang dimaksud dengan ketinggian di sini adalah jarak posisi buah dengan permukaan.

Apa itu Energi Kinetik?

Pembahasan kedua merupakan hubungan antara energi kinetik dengan peristiwa jatuhnya buah dari pohonnya serta apa saja yang terjadi di dalamnya. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda akibat dari gerakannya. Bisa juga didefinisikan sebagai usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkan suatu benda yang memiliki massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu. Juga bisa disebut dengan energi yang mana bendanya memiliki massa (m) dan gerakannya memiliki kecepatan (v), sehingga menghasilkan persamaan Ek = ½mv2 .

Jika dihubungkan dengan energi kinetik dan apa saja yang terjadi di dalamnya, maka buah yang jatuh dari pohonnya akan memiliki massa (m) dan peristiwa jatuhnya buah dari atas ke permukaan akan menghasilkan gerakan yang mana gerakan jatuhnya buah memiliki kecepatan tertentu yang disimbolkan dengn huruf (v).

Ketika buah jatuh semakin ke bawah dan mendekati permukaan energi kinetiknya akan semakin besar, hal tersebut diakibatkan karena adanya percepatan gaya gravitasi yang semakin konstan. Sehingga dari persamaan yang ada Ek = ½mv2 itu sesuai dan benar dengan definisi serta penjelasan.


Apakah itu Energi Mekanik?

Pembahasan ketiga merupakan hubungan energi mekanik dengan peristiwa jatuhnya buah dari pohonnya. Energi mekanik adalah jumlah energi dari energi potensial dan energi kinetik. Memiliki persamaan Em = Ep + Ek.

Jika dihubungkan dengan peristiwa jatuhnya buah dari pohonnya, maka dapat kita lihat dari ulasan sebelumnya bahwasannya energi diamnya buah sebelum jatuh memiliki energi potensial. Ketika buah jatuh dari pohonnya dalam proses tersebut menghasilkan apa itu energi kinetik. 

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwasannya buah yang jatuh dari pohonnya mengubah dari energi potensial menuju ke energi kinetik dan hal tersebut sesuai dengan hukum kekekalan energi. Bahwasannya untuk jatuhnya buah tidak menghilangkan apa itu energi potensial melainkan merubah bentuk energi dari energi potensial menuju ke energi kinetik.

Serta keduanya yakni energi kinetik dan energi potensial saat dijumlahkan akan menghasilkan energi mekanik. Semoga dari apa yang sudah dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Penulis: Yeni Arifah Khofshoh (S1 Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel