Iklan Responsif

Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Assalamu’alaikum teman-teman sekalian, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Pastinya masih semangat membaca kan? 

Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Artikel kali ini akan membahas tentang efek dari makan dan minum berdiri. Kenapa sih banyak yang melarang makan dan minum berdiri? Apakah berbahaya? mari kita cari tahu. 

Pengertian makan dan minum

Siapa sih yang tidak suka makan? Pasti semua suka makan dong. Makan adalah kegiatan memasukkan makanan atau sesuatu ke dalam mulut untuk menyediakan nutrisi bagi manusia, binatang, dan makhluk hidup, dan juga energi untuk bergerak. Makhluk hidup memerlukan makanan untuk tumbuh dan berkembang. 

Sedangkan minum yaitu kegiatan mengonsumsi cairan melalui mulut. Misalnya air, air dikonsumsi untuk membantu proses fisiologis kehidupan. kelebihan dan kekurangan air dalam tubuh manusia, juga akan berpengaruh terhadap kesehatan manusia.  

Hadits larangan makan dan minum sambil berdiri


Jauh di zaman sebelum ini, orang-orang akan duduk terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan makan. Hal ini dilakukan untuk menghormati makanan yang berarti rezeki dari Allah SWT. Namun, pada era sekarang kenyataan nya malah sebaliknya. 

Makan bukanlah kegiatan yang istimewa lagi. Banyak yang makan hanya untuk mengetahui rasa makanannya saja, bukan untuk menikmati keberkahan makanan tersebut. 

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim disebutkan. “Telah menceritakan kepada kami Haddab bin Khalid; Telah menceritakan kepada kami Hammam; Telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Anas bahwa Nabi Shallallahu A’laihi Wa Sallam melarang minum ketika berdiri.” (HR. Muslim 3771). Kemudian diteruskan “kemudian kami bertanya kepada Anas tentang makan. Ia menjawab bahwa itu lebih buruk.”.

Sfringer

Perlu teman-teman ketahui nih, pandangan islam mengenai makan dan minum sambil berdiri dapat dijelaskan secara limiyah. Mengapa Rasulullah SAW melarang umatnya minum sambil berdiri, dalam segi kesehatan air yang masuk ke tubuh dalam posisi duduk akan disaring oleh sfringer. 

Sfringer ini merupakan suatu struktur maskuler atau berotot yang bisa membuka dan menutup (sehingga air kemih bisa lewat). Setiap air yang masuk ke dalam tubuh akan disalurkan pada tempat-tempat penyaringan yang ada pada ginjal. Lantas bagaimana jika minum sambil berdiri ya.. 

Jika minum ketika posisi berdiri maka air yang masuk ke dalam tubuh tidak disaring terlebih dahulu, maka air yang masuk akan langsung menuju kandung kemih. Selanjutnya akan terjadi pengendapan disaluran uterus. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. 

Ketika teman-teman merasa sulit untuk buang air kecil, mungkin salah satu penyebabnya adalah minum dengan posisi berdiri. Sedangkan yang terjadi ketika makan sambil berdiri adalah asam lambung akan naik dengan cepat sehingga mungkin mengganggu proses pencernaan yang terjadi. 

Proses pencernaan yang terjadi bisa saja mengakibatkan perut kembung. Makan sambil berdiri juga bisa membuat lambung iritasi sehingga muncul rasa nyeri.

Bahaya makan dan minum sambil berdiri

1. Mengganggu sistem pencernaan

Jika air yang masuk dalam posisi berdiri maka tenggorokan akan menyempit dan mengerut. Akibatnya, air akan langsung masuk dalam tubuh tanpa disaring. Selain itu proses penghancuran makanan pada jaringan pencernaan akan terhambat. Akan sering mengalami sakit perut, kembunga, mual, bahkan bisa muntah.

2. Saraf-saraf tubuh menjadi tegang

Tanpa disadari, makan dan minum ketika berdiri membuat saraf-saraf tegang lho. Ketika berdiri sistem urat  saraf simpatik akan aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. 

3. Haus tidak cepat hilang

Sewajarnya minum dilakukan agar tidak haus. Namun berbeda dengan minum sambil berdiri, karena air yang terserap dalam tubuh tidak sempurna sehingga rasa dahaga sulit hilang.

4. Kesehatan jantung terganggu

Ketika minum sambil berdiri terjadi reaksi tiba-tiiba dari saraf kelana. Saraf kelana adalah salah satu saraf yang berhubungan dengan jantung.

Etika makan dan minum

Demi kesehatan tubuh, mketika makan dan minum haruslah dengan aturan. Awali makan dan minum dengan mengucap basmallah, makanlah dengan tangan kanan dan jangan lupa posisi duduk sangatlah penting agar minuman dan makanan tersaring dan tercerna dengan baik sehingga dapat diterima oleh tubuh.

Nah itu tadi penjelasan mengenai akibat makan dan minum sambil berdiri. Jadi posisi yang baik ketika makan dan minum adalah posisi duduk ya teman. Untuk menjaga kesehatan jantung dan juga organ pencernaan maka jangan makan dan minum sambil berdiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman semua. Terima kasih.

Penulis: Hanifah
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel