Iklan Responsif

Cara Mencangkok dan Merawat Tumbuhan dengan Benar

Cara Mencangkok dan Merawat Tumbuhan

Cara Mencangkok dan Merawat Tumbuhan

Apakah cangkok itu? 

Perkembangbiakan pada tumbuhan dengan menanam batang atau dahan yang diusahakan berakar terlebih dahulu sebelum di potong dan di tanam di tempat lain. Tanaman yang dapat dicangkok hanya tumbuhan dikotil dan  berbiji terbuka.

Metode perkembangbiakan dengan cara mencangkok ini adalah metode yang sangat istimewa karena tanaman hasil cangkokan biasanya memiliki keunggulan dari buah buahannya seperti berbuah lebih lebat dan menghasilkan buah lebih cepat meskipun pohonnya masih kecil.

Namun pada zaman sekarang banyak orang-orang yang mencangkok tumbuhannya hanya untuk memperbanyak tumbuhan,tetapi tidak memperhatikan atau merawat tumbuhan tersebut.

Cara mencangkok tumbuhan dengan benar

Melakukan metode mencangkok bisa di bilang gampang-gampang susah,karena kebanyakan orang melakukan metode mencangkok dengan cara yang salah sehingga membuat pohon yang di cangkok tersebut tidak tumbuh akarnya.

Berikut adalah cara-cara mencangkok tumbuhan dengan benar :
1. Carilah batang tumbuhan yang sudah dewasa dan mengandung kambium dengan ukuran diameter 2-5 cm.
2. Potong atau kupas kulit batang yang sudah ada pilih dengan panjang 5 cm secara melingkar sampai batang tersebut mengeluarkan kambium (lendir).
3. Setelah itu tunggu beberapa menit sampai kambium (lendir) pada kayu mengengering.
4. Bersihkan kambium (lendir) yang mengering pada batang yang sudah anda kuliti tadi.
5. Kemudian campuran tanah ,pupuk dan air (jangan terlalu banyak memberi air agar tekstur campuran tanah dengan pupuk tidak terlalu basah,kenapa di beri campuran pupuk? Menurut saya dengan menambahkan pupuk tumbuhan akan lebih cepat mengeluarkan akar).
6. Setelah membuat campuran tanah,pupuk dan air tutup atau tempelkan pada pada yang sudah di kuliti tadi dengan memakai serabut kelapa atau kanting plastik.
7. Berilah lubang-lubang kecil apabila menggunakan plastik agar menjaga kelembaban tanah tersebut.
8. Siramlah setiap seminggu 3 kali atau sehari sekali apabila tanahnya mengering atau tanah tidak lembab lagi.
9. Tunggu sampai tanaman yang anda cangkok mengeluarkan akar.
10. Setelah mengeluarkan akar potong pada bagian tanaman yang ada cangkok lalu tanam pada tempat yang ada inginkan.

Mengapa merawat tumbuhan 

Hal yang paling penting yang harus anda perhatiakan apabila anda menanam tumbuhan adalah merawat tumbuhan tersebut. Sebab apabila kita tidak bisa merawat atau salah dalam merawat tumbuhan tersebut bisa bisa tumbuhan yang anda tanam bisa mati. Maka dari itu anda harus benar benar mengetahui cara merawat tumbuhan yang anda tanam agar tumbuhan itu tidak mati.

Berikut adalah tata cara merawat tumbuhan dengan benar
1. Lakukan penyiraman tumbuhan yang ada tanam secara rutin,ada baiknya menyiram bunga saat pagi hari dan sore hari agar menajaga si tumbuhan tersebut tidak kekurangan air dan tetap menjaga kelembapan tanah di tumbuhan tersebut.

2. Saat anda menyiram usahakan semua bagian tumbuhan yang anda siram terkena air saat menyiram,ini bertujuan untuk menjaga agar daun daun tumbuhan tidak mati

3. Lalu jangan lupa berilah pupuk secukupnya,dan saat anda memberikan pupuk anda harus tau seberapa pupuk yang di butuhkan oleh tumbuhan tersebut agar tidak kelebihan atau kekurangan.

4. Yang terakhir jagalah kebersihan sekitar lingkungan tanaman yang anda tanam agar tidak di tumbuhi oleh tumbuhan parasit seperti benalu,tali puti,anggrek dll

Manfaat mencangkok

1. Agar cepat tumbuh
2. Pohon lebih cepat berbuah atau berbunga
3. Menghasilkan buah dengan sifat dan karakteristik yang sama dengan induknya
4. Tingkat keberhasilan pohon untuk terus tumbuh dan hidup sangat tinggi, karena sudah memiliki akar sehinga bisa menyerap makanan dari dalam tanah
5. Tumbuhan lebih tahan dari hama dan penyakit pada tumbuhan
6. Pohon tidak terlalu tinggi

Penulis: Layyinatul Fadlillah
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel