Iklan Responsif

Tips Sehat Ibu Hamil

Info Kesehatan Ibu Hamil

Info Kesehatan Ibu Hamil

Hai teman-teman apa kabar? Pernah dengar ibu hamil tidak boleh minum es? Dan konon katanya orang yang lagi hamil minum es bayi yang dikandung akan berukuran besar dan sulit untuk keluar. Mitos atau fakta ya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Di Indonesia termasuk negara yang tropis dimana cuaca di Indonesia cukup panas, pasti kita kurang afdhol kan ya kalau nggak minum es. Es membuat rasa haus itu cepat hilang dan terasa segar dibandingkan dengan air biasa.

Dan kita di anjurkan  untuk minum sekitar 8 sampek 12 gelas setiap harinya. Tidak sedikit kita merasa bosan mengkonsumsi air putih biasa, apalagi ibu hamil lebih mudah kegerahan sehingga tidak sedikit ibu hamil mengkonsumsi air es atau minuman dingin lainnya, seperti susu atau sirup yang diberi es.

Definisi Ibu Hamil

Wanita adalah makhluk yang diciptakan oleh tuhan yang di anugrahi untuk mengandung seorang anak yang akan menjadi keturunannya. Ibu hamil adalah wanita yang sedang mengandung bayi dari hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan. Bayi merupakan suatu anugrah dari tuhan untuk menjadi penerus bangsa yang akan datang.

Mitos atau Fakta Es Tidak Baik Untuk Ibu Hamil?

Ada yang mengatakan ibu hamil tidak boleh meminum air es? Itu akan mengakibatkan bayi yang di kandung membesar dan saat melahirkan akan susah untuk keluar, fakta atau mitos ya?

Ternyata air es untuk ibu hamil itu tidak ada pengaruh bagi si jabang bayi, jadi itu semua hanyalah mitos belaka. Yang tidak di perbolehkan adalah ketika air es itu dikasih tambahan seperti sirup ataupun pemanis yang mengandung gula yang berlebihan, tapi bukan hanya minuman saja, faktor makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi juga mengakibatkan bayi yang di kandung akan berukuran besar, maka itu perlu di waspadai oleh ibu hamil.

Hal yang perlu di perhatikan juga, ketika makan sebaiknya jangan minum air es karena akan memperlambat pencernaan dan penyerapan makanan. Air es ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kehamilan, yaitu mencegah tubuh ibu hamil kepanasan, dan juga dapat merangsang pergerakan bayi dalam kandungan.

Apa Penyebab Ibu Hamil Minum Kopi
Kopi merupakan minuman favorit bagi semua orang, didalam kopi terdapat kandungan kafein yang bisa membangkitkan semangat. Bahayakah kopi dikonsumsi ibu hamil?

Seorang spesialis kebidanan dan kandungan Dr. Benny Johan Marpaung Sp.OG mengatakan ibu hamil tidak boleh meminum kopi berlebihan karena didalam kopi terdapat kandungan kafein yang berbahaya bagi bayi jika dikonsumsi terlalu banyak.

Kandungan kafein menyebabkan ibu hamil mengalami rasa mual yang cukup parah . Ibu hamil diperbolehkan minum kopi dua cangkir sehari. Pencernaan ibu hamil terganggu karna mengkonsumsi kopi yang melebihi batas.

Apakah mengkonsumsi buah durian baik buat ibu hamil?
Kesehatan janin menjadi prioritas utama bagi ibu hamil. Ada yang mengatakan buah durian menyebabkan kandungan panas dan membahayakan bagi janin.

Benarkah demikian? Namun, pernyataan demikian salah karena itu hanyalah mitos. Durian mengandung banyak nutrisi lain seperti vitamin B, zat besi, mangan dan copper.

Jumlah duren yang boleh dimakan ibu hamiladalah dua buah, ukuran medium durian mengandung 60-100 kaori. Sedangkan ibu hamil membutuhkan tambhan kalori kurang lebih 300-500kal perhari tergantung usia kehamilan.

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Mie Instan?

Mie instan merupakan makanan favorit bagi semua orang, dimana mie instan memiliki rasa yang gurih, murah, dan dalam pengolahan juga mudah dan praktis. Bagaimana jika ibu hamil ngidam mie instan? Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi mie instan?

Anda pasti sudah menduga jawabannya. Menurut ahli kesehatan, ibu hamil lebih baik menjahui mie instan. Karena makanan yang di konsumsi ibu hamil juga dapat mempengaruhi perkembangan janin. Mie instan memiliki kandungan garam atau sodium yang tinggi, yang dapat menimbulkan hipertensi.

Dan peningkanan tekanan darah berbahaya bagi ibu hamil maupun janin. Oleh karena itu konsumsi mie instan harus dibatasi. Di anjurkan untuk ibu hamil tidak mengkonsumsi minuman atau makanan di atas secara berlebihan.

Karena minuman atau makanan yang dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil akan berdampak oleh janin. Lebih baik ibu hamil mengkonsumsi makanan yang sehat. Karena makanan yang di makan oleh ibu hamil mempengaruhi perkembangan janin.

Jadi, kalau ingin anak sehat, jauhilah minuman atau makanan yang berbahaya selama kehamilan. Sekian penjelasan di atas, semoga bermanfaat.

Penulis: Firha Ardhila Damayanti 
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel