Iklan Responsif

Apa Penyebab Gigi Berlubang?


Hai teman-teman, kalian pernah ngalamin sakit gigi nggk sih ? Tentunya sebagian besar pernah mengalami sakit gigi kan. Menurut kalian lebih sakitan mana sakit gigi apa sakit hati? Haha.

Tapi yang pasti dua-dua nya sama-sama menyakitkan. Dan yang pasti kalian jangan sampai mengalami sakit gigi dan sakit hati yaa. Ayuk kita simak penjelasan tentang sakit gigi.

Sakit gigi

Definisi Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan muncul nya rasa nyeri didalam atau disekitar gigi dan rahang. Keparahan nyeri bisa bervariasi dari yang ringan sampai dengan yang berat.

Contoh gangguan saraf di wajah ataupun serangan jantung. Seseorang yang lebih berisiko mengalami sakit gigi yaitu, menderita deabetes, menderita AIDS, merokok. 

Sakit Gigi Berlubang

Penyebab sakit gigi berlubang adalah plak, yaitu zat lengket di mulut yang tercipta akibat penumpukan kuman dan bakteri yang mengubah makanan menjadi asam. Kemudian, asam pada plak dapat merusak anamel pada gigi hingga terjadi gigi berlubang. Struktur dan kesehatan pada gigi dapat rusak dikarenakan penumpukan plak pada gigi.

Rasa sakit gigi berlubang itu muncul ketika lubang pada gigi semakin membesar, memengaruhi saraf, atau menyebabkan gigi patah. Untuk mencegah gigi berlubang, yaitu dengan merawat kesehatan gigi dengan membiasakan menggosok gigi setelah makan, mengkonsumsi makanan sehat, dan melakukan pemeriksaaan ke dokter. 

Bagaimana sakit gigi dialami oleh ibu hamil?

Keluhan yang dirasakan ibu hamil seperti muntah-muntah, mual, sakit punggung, hingga sakit gigi. Sakit gigi dan gusi dapat mempengaruhi jabang bayi dalam kandungan, misalnya kelahiran bayi prematur dan berat badan bayi yang rendah.

Sakit gigi pada masa kehamilan bermacam-macam, dari penyakit di gusi hingga gigi berlubang. Hal-hal yang terkait dengan timbulnya sakit gigi saat hamil, yaitu perubahan hormon, muntah, dan kekurangan kalsium.

Penyebab Gusi Bengkak 

Gusi bengkak sudah umum di temui. Penyebab gusi bengkak terdapat beberapa hal seperti iritasi. Gejala periodontitis yaitu dengan munculnya nanah dibawah gusi atau gigi, bau nafas tidak sedap, dan rasa tidak enak di mulut. gusi bengkak bisa ditandai dengan pembesaran atau menonjol.

Gusi bengkak bisa terjadi cukup besar hingga menutupi keseluruhan gigi. Yang dapat menimbulkan resiko pembengkakan gusi yaitu, penumpukan plak pada gigi, jamur atau infeksi virus, kebiasaan merokok, kehamilan, peradangan pada gusi, sensitiv gusi akibat penggunaan cairan kumur atau pasta gigi tertentu.

Gusi memiliki peran sangat penting bagi mulut. Gangguan yang terjadi pada gusi dapat mengakibatkan bagian lain dalam mulut. Untuk memiliki gusi yang sehat perlu menjaga kebersihan mulut dan perawatan gigi tiap enam bulan ke dokter gigi. 

Sakit Gigi Pada Anak

Sakit gigi pada buah hati sangat merepotkan bagi kedua orang tua di rumah. Karena anak menjadi rewel, tidak mau makan, sampai tidak bisa tidur. Untuk mengatasi sakit gigi pada anak disarankan untuk segera ke dokter atau memberikan bahan-bahan pereda sakit gigi sebelum dirujuk ke dokter. 

Lalu apa sih penyebab sakit gigi pada anak? Yaitu kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut serta pola makan yang kurang baik. Pada umumnya anak-anak suka sekali dengan makanan yang berkadar gula tinggi.

Dan ketika makanan tersebut tersisa di rongga mulut dalam jangka waktu yang cukup lama, bakteri akan membuat zat gula pada sisa makanan tersebut mampu mengeuarkan zat asam. Zat asam akan merusak lapisan email gigi atau bisa disebut dengan gigi berlubang.

Cara mengatasi sakit gigi pada anak yaitu dengan mengingatkan pada anak untuk menjaga kesehatan gigi dengan baik, dengan membersihkan dan merawat gigi, agar terhindar makanan yang terselip dan membusuk sehingga merusak gigi dan gusi.  

Penulis: Firdha Ardhila D.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel