Iklan Responsif

Cara Unik Pinguin Berkembang Biak

Penguin adalah

Setiap hewan pasti mengalami yang namanya tumbuh dan berkembang yang kemudian berakhir dengan mati ataupun punah karena sudah mencapai batas usianya. Untuk menghindari kepunahan hewan melakukan berkembang biak. Setiap hewan memiliki cara tersendiri untuk meneruskan generasinya.

Pinguin Berkembang Biak


Secara umum ada dua cara perkembang biakan pada hewan yaitu generatif (seksual) dan vegetatif (aseksual). hewan melakukan berkembang biak secara generatif yaitu dengan tiga cara yaitu melahirkan (vivipar), bertelur (ovipar), dan bertelur melahirkan (ovovivipar).

Penguin atau pinguin termasuk hewan dalam ordo Spheniscofermes ialah hewan akuatik suatu jenis burung yang tidak bisa terbang dan kebanyakan hidup di belahan bumi selatan. Pinguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin saja, ada tiga jenis spesies pinguin yang dapat hidup di daerah tropis salah satunya Pinguin Galapagos di Kepulauan Galapagos. Biasanya Pinguin Galapagos menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.

Spesies pinguin terbesar ialah Pinguin Kaisar (Aptenodytes fosteri) dengan ciri-ciri tinggi tubuh mencapai 1,1 meter dan berat mencapai 35 kilogram bahkan lebih. Sementara spesies pinguin terkecil adalah Pinguin Peri (Eudyptula Minor) dengan ciri-ciri tinggi tubuh sekitar 40 sentimeter dan berat satu kilogram.

Biasanya pinguin yang berukuran lebih besar akan lebih dapat mempertahankan suhu tubuhnya dengan baik sehingga bisa bertahan di daerah bersuhu dingin. Sementara pinguin yang ukuran tubuhnya lebih kecil tidak bisa bertahan di daerah suhu dingin, sehingga banyak ditemui di daerah yang bersuhu hangat bahkan di daerah tropis.

Pada umumnya pinguin memakan krill termasuk sejenis udang, ikan dan hewan air lainnya. Pinguin memiliki kelenjar bernama supraorbital pada tubuhnya yang berguna untuk menyaring kelebihan garam laut pada aliran darah sehingga pinguin dapat meminum air laut. Kemudian garam ini dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernapasan pinguin.

Karakteristik Penguin

Pinguin memiliki karakteristik tubuh tegak, paruh untuk mengambil makanan, sayap yang pipih serta kaki yang berselaput membantu pinguin berenang di dalam air. Warna pada tubuh bagian dalam pinguin adalah putih sementara punggungnya berwarna hitam, perbedaan warna inilah menguntungkan pinguin untuk berkamuflase agar terhindar dari pemangsa.

Pinguin memiliki bulu yang tebal dan padat dibanding dengan jenis burung lainnya karena berfungsi untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat di habitatnya yang umumnya bersuhu dingin. pinguin berukuran kecil dapat menyelam didalam air selama 1 – 2 menit untuk mencari makanan, sedangkan pinguin berukuran besar dapat menyelam didalam air hingga kedalaman 565 meter selama 20 menit.

Tahukah kamu cara membedakan antara pinguin jantan dengan pinguin betina ? Sebenarnya pinguin tidak memiliki alat kelamin eksternal. Lalu bagaimana cara kita mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina ?

Untuk itu para peniliti menggunakan cara pemeriksaan kromosom atau DNA maka tidak heran jika pinguin-pinguin itu tidak takut didekati oleh manusia. Untuk menghemat tenaga pinguin biasanya meluncur menggunakan perutnya dan saat berjalan pinguin akan mengembangkan sayapnya untuk menjaga keseimbangan agar tidak terguling sebab kaki-kai mereka yang pendek.

Perkembangbiakan Penguin

Siklus perkembangbiakan pinguin kaisar adalah yang paling terlama dibanding dengan pinguin lainnya sekitar 14 sampai 16 bulan lamanya. Selama musim kawin pinguin jantan membuat sarang untuk menyenangkan betina dan mengusir pejantan lain untuk menjauh dari sarangnya. Untuk menarik perhatian pinguin betina pinguin jantan akan mengeluarkan bunyi yang khas. 

Pinguin Bertelur

Pinguin bertelur pada musim dingin karena apabila pinguin bertelur pada musim panas, perkembangan anak pinguin akan berlangsung selama musim dingin dan saat itu laut membeku sehingga induk pinguin kesulitan mencari makanan.

Setiap pinguin betina hanya menghasilkan satu telur saja. Ketika sudah bertelur pinguin betina akan memindahkan telurnya ke bagian sela-sela kakinya kemudian pinguin betina pergi berburu mencari makanan untuk anak mereka dan akan kembali dari perburuan mereka ketika anak mereka sudah menetas.

Lalu bagaimana cara pinguin betina mengenali pasangannya saat kembali dari perburuan yang panjang? Seperti yang dijelaskan diatas tentang cara pinguin jantan menarik perhatian pinguin betina yaitu dengan suara. Pinguin jantan akan mengeluarkan suara yang khas sehingga pinguin betina bisa mengetahui pasangannya ketika ia kembali dari perburuannya.

Telur Penguin

Kebanyakan setiap jenis burung yang mendapat tugas mengerami telur ialah burung betina sedangkan pinguin berbeda maka dari itulah cara berkembangbiakan pinguin dibilang unik karena pinguin jantanlah yang bertugas mengerami telur dan bukan pinguin betina.

Mengapa hal itu bisa terjadi? karena pinguin memiliki ketebalan bulu mencapai 3 cm dan berat tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan pinguin betina, karena cadangan lemak dalam tubuhnya yang banyak pinguin jantan mampu berpuasa selama pengeraman telur.

Pengeraman telur pada pinguin memerlukan waktu selama 2 bulan, selama pengeraman itu pinguin jantan akan membentuk koloni sehingga mereka dapat menjaga temperatur telur  bersama.

Penulis: Dyah Ayu Taula

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel