Cara Jitu Meningkatkan RPM Adsense Blog dengan Mudah

Google adsense merupakan salah satu cara jitu untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog atau website. Tidak heran ada banyak orang yang berbondong bondong untuk mendaftar di google adsense. Tapi apakah benar semudah itu? Sebagai seorang pemula pasti akan sangat sulit karena sebenarnya tidak segampang yang dipikirkan, sebab perlu adanya ketekunan dan semangat untuk senantiasa menulis meskipun penyakit malas yang terus menghantui.

Cara Jitu Meningkatkan RPM Adsense Blog dengan Mudah

Meningkatkan Penghasilan Adsense


Jika anda sudah berhasil membangun sebuah website milik anda sendiri, hal itu patut diacungi jempol karena anda terus konsistensi terhadap blog anda tersebut. Nah, selanjutnya yang perlu anda pikirkan adalah ketika blog tidak kunjung menghasiilkan peningkatan yang anda harapkan padahal anda sudah dengan rajin update article. Bisa jadi anda akan merasa jenuh dan bosan ketika penghasilan tidak kunjung naik, mencari traffic dan optimasi kesana dan kesini namun hasilnya tidak sebanding bahkan cenderung menurun.

Anda pernah merasakan demikian? Yaa, ada beberapa situasi yang bisa saja membuat CPM atau RPM adsense cenderung turun. Apa itu CPM atau RPM ? Untuk pengertiannya sendiri CPM adalah singkatan dari cost permille atau biaya per seribu yang sebenarnya merujuk pada pendapatan yang diberikan oleh advertiser atau pihak iklan sedangkan RPM adalah singkatan dari revenue permille yang sebenarnya merujuk pada seberapa banyak yang dibayarkan kepada penayang atau publisher.

Karena tidak stabilnya RPM, maka oleh karena ini ada yang merasa bingung tentang bagaimana caranya meningkatkan penghasilan online google adsense atau mengoptimasi RPM adsense blog? Ada beberapa saran bagus yang bisa anda ikuti secara mudah dan gak ribet. Tidak seperti youtube yang dapat dilakukan secara otomatis seperti dalam hal memonetisasi karena semuanya sudah ada dalam dasbord sedangkan pada blog, kita sendiri yang memiliki akses terkhususnya web yang memiliki hosting sendiri seperti wordpress.

Misalnya dalam hal tema, loading web, pengunjung kita, disini hanya kita sendiri yang bisa mengubahnya bukan orang lain. Maka untuk bisa meningkatkan performa blog harus dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Bagaimana nya caranya? Nah, anda bisa dapatkan tips ampuhnya dalam uraian di bawah ini. Anda juga bisa dapatkan saran praktis lainnya sehubungan dengan blog yang anda kelola supaya dapat lebih maksimal lagi. Selengkapnya yuk kita perhatikan.

Cara meningkatkan RPM Adsense Blog dengan mudah

1. Lokasi penempatan iklan, Ukuran unit iklan dan modifikasi.

Iklan merupakan salah satu faktor yang bisa membantu anda untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense. Saran untuk menempatkan posisi iklan di tempat yang strategis tentunya sudah sering sekali anda dengar. Adapun posisi yang baik untuk menempatkan iklan adalah di atas postingan article, di tengah article dan pada bagian akhir article. Nah, selain daripada saran itu anda perlu melakukan pengamatan secara saksama dan menyeluruh dari setiap iklan klik yang sudah kita dapatkan dari blog kita.

Cara mengamatinya tidak terlalu sulit karena kita bisa langsung lihat rincian laporan yang sudah disediakan pada akun adsense. Dengan mengetahui posisi iklan yang cocok dan bagus, niscaya akan menambah performa blog. Dari segi ukuran juga perlu diperhatikan ukuran yang paling tinggi untuk meningkatkan RPM dan CTR. Misalnya satu atau dua link Ads dengan format responsive bisa mendongkrak nilai CTR. Selain itu modifikasi gaya tampilan iklan yang sesuai dengan template blog juga bisa mendatangkan pengunjung sehingga akan tampak menyatu dan harmonis.

2. Buat konten yang organik dan unik

Konten adalah raja dan ratu dalam dunia blog. Semakin unik article yang di buat dan original maka semakin besar pula peluang kita untuk mendapatkan peringkat pertama dalam pencarian google. Perlu diketahui Google sangat menyukai konten unik dan bisa saja mengalahkan konten lainnya di search engine Google.

Tips lainnya adalah dari kejelasan dan jumlah kata yang diposting dalam sebuah article ikut mempengaruhi popularitas sebuah blog. Maka sebaiknya jangan memposting article dengan jumlah kata yang terlalu pendek dengan jumlah minimal yakni 500 kata atau kalau bisa lebih banyak itu lebih bagus. Dengan demikian article yang sudah berhasil kita buat akan terlihat lebih maksimal dan memiliki nilai yang positif di mata Google.

3. Menganalisi data dari performance report

Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah memeriksa performa adsense dan metrik meliputi page views, jumlah klik iklan, page RPM. Umumnya apabila pageview atau PV nya bertambah maka secara otomatis jumlah klik juga akan bertambah. Apabila tidak demikian maka ada yang salah dalam penempatan iklan pada blog anda.  Bisa jadi ada iklan yang belum terihat dan terimplementasi dengan baik. Namun apabila PV terus bertambah namun klik cenderung turun maka mungkin juga ada yang salah dalam konten anda. Kebanyakan dari visitor sebagai market blogger biasanya jarang dalam mengeklik iklan advertiser.

4. Manfaatkan fungsi Ad balance pada dasbord

Ad balance merupakan salah satu fitur yang bisa bantu anda dalam mengurangi jumlah iklan yang akan tayang pada blog –blog kita caranya cukup dengan menggeser slider di bagian bawah sesuai dengan keinginan. Saat sedang menurunkan slide “ad fill rate” pihak google akan memberikan estimasi berapa persen revenue yang akan kita dapatkan dan seberapa besar pengaruhnya apabila berkurangnya iklan tersebut. Ad balance sendiri memiliki fungsi untuk lebih fokus pada tayangan iklan yang paling menghasilkan saja, jadi iklan yang klik CPC nya kecil tidak akan tampil di blog kita tersebut. Hal ini akan lebih efesien.

Uraian diatas merupakan langkah -langkah yang perlu anda ambil sebagai cara meningkatkan performa blog secara cepat dan mudah. Anda bisa langsung coba dan lakukan sesuai dengan hal -hal yang sudah dijelaskan diatas. Niscaya, akan ada manfaat dan hasil yang baik jika anda melakukannya sesuai dengan tahapannya. Semoga dengan adanya article ini dapat membantu dalam meningkatkan RPM blog kesayangan anda, agar sesuai dengan impian anda memiliki blog dengan kualitas penghasil pundi-pundi rupiah yang meningkat setiap bulannya.

Jangan ragu untuk share hal yang positif ini kepada para blogger lainnya yang tentunya memiliki harapan yang sama. Usaha untuk memiliki blog yang berkualitas tidak akan sia -sia, yang terpenting adalah anda terus menghasilkan tulisan -tulisan hasil karya anda sendiri yang bisa bermanfaat bagi orang lain dengan demikian kesuksesan dari Google adsense sudah menunggu anda. Semoga bermanfaat!

Penulis : gammafisblog.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel