Iklan Responsif

Fatamorgana: Pengertian dan Proses Terjadinya

MENGENAL LEBIH TENTANG FATAMORGANA

Assalamu’alaikum teman-temanku semua. Kembali lagi bersama aku di artikel yang baru dan fresh. Bukan sekedar opini saja ya teman-teman tetapi insyaallah bermanfaat kok. Oke, lanjut kali ini aku akan membahas lebih jelas tentang fatamorgana. 

Kalian pasti pernah denger kan, mungkin dari televisi atau dari berbagai sumber informasi lainnya seperti media sosial mungkin. Tapi, apakah kalian tahu yang disebut fatamorgana itu apa sih sebenernya? Kok bisa disebut fatamorgana? Bagaimana proses terjadinya dan syarat terjadinya fatmorgana? Contoh fatamorgana dalam kehidupan sehari-hari? Serta apa dampaknya?

Fatamorgna: Pengertian dan Proses Terjadinya

Pengertian Fatamorgana

Lanjut, aku akan bahas fatamorgana tersebut. Istilah fatamorgana berasal dari italia yang artinya bidadari berwajah berubah-ubah. Fatamorgana sendiri merupakan kejadian atau fenomena alam yang menurutku aneh dan juga menakjubkan dan hanya ada di bumi planet kita.

Fatamorgana ini tejadi oleh pembiasan cahaya sehingga berdampak terjadinya ilusi optik. Seperti saat kita berada di jalan dalam keadaan terik, jalan tersebut seperti ada air yang menggenang, namun setelah didekati maka air tersebut tak pernah nampak dan semakin menghilang. 

Biasanya fenomena fatamorgana tersebut hanya bisa dilihat dari jarak yang jauh. Fenomena ini juga terjadi di daerah yang luas dan dengan cuaca yang sangat panas. Terjadinya fatamorgana pasti ada proses terjadinya kan. Oke akan aku bahas di bawah ini.

Proses Terjadinya Fatamorgana

Proses terjadinya fatamorgana ada beberapa proses. Berikut adalah proses terjadinya:


  • Proses pertama terjadinya fatamorgana adalah diawali dengan adanya perbedaan antara kerapatan suhu dingin dan suhu panas. Ini dikarenakan oleh kerapatan suhu panas dan suhu dingin berbeda. Kerapatan pada suhu panas lebih rendah dan ringan sedangkan kerapatan pada suhu dingin lebih tinggi dan berat.
  • Karena perbedaan kerapatan suhu tersebut, dapat terjadi yaitu suhu panas akan mendekati tanah dan terperangkap oleh suhu yang lebih dingin sehingga dapat terjadi pembiasan terhadap garis horizontal. Hal tersebut karena pengaruh internal total.
  • Nah, saat matahari bersinar dan dilihat oleh mata, maka yang terlihat oleh mata kita diasumsikan seperti ada bayangan air tersebut yang disebut fatamorgana.

Syarat Terjadinya Fatamorgana

Dari semua kejadian alam yang terjadi pasti ada syarat terjadi dan bisa dijelaskan oleh ilmu sains. Syarat terjadinya fatamorgana ada beberapa macam yaitu:

Karena adanya perbedaan indeks bias udara

Pengertian dari indeks bias sendiri adalah suatu kemampuan untuk membiaskan arah rambatan. Dari fenomena fatamorgana ini, indeks bias dari suhu dingin lebih besar daripada indeks bias pada suhu pans.

Karena adanya pembiasan cahaya

Syarat yang kedua adalah adanya pembiasan cahaya. Adanya pembiasan cahaya disebabkan oleh indeks bias. Syarat agar terjadi pembiasan cahaya yaitu adanya cahaya dating yang merambat melalui dua medium berbeda.

Karena adanya pemantulan cahaya yang sempurna

Nah, yang terakhir setelah adanya pembiasan adalah pemantulan yang sempurna. Jika ada pembiasan cahaya yang masuk maka akan terjadi pemantulan cahaya. Setelah itu mata kita akan mengasumsikannya seperti ada bayangan yang sebenarnya adalah tidak ada.

Examples Of Mirages In Everyday Life

Contoh dari fenomena fatamorgana ini ada berbagai macam. Berikut adalah contoh dari fenomena fatamorgana dalam kehidupan sehari-hari:

Fatamorgana pada daerah padang pasir

Fatamorgana yang ada di daerah padang pasir yang paling sering ditemukan. Proses terjadinya yaitu jika pada cuaca panas yang ada di daerah padang pasir, maka terjadilah fatamorgana yang mengakibatkan adanya ilusi optik seperti kita melihat dari kejauhan ada air namun apabila kita dekati terus menerus tidak ada sama sekali air dan bahkan hilang seiring kita mendekati. 

Fatamorgana pada jalan yang cuacanya sangat panas

Saat kita di perjalanan berada pada cuaca panas, pasti jalanan akan panas dan menguap. Dari proses tersebut terbentuklah labisan tipis di atas jalan aspal. Lapisan kemudian memantulkan cahaya dari warna langit sehingga terjadilah seperti genangan air.  

Fenomena kota terbalik

Fenomena ini sempat menjadi hal yang digemparkan masyarakat. Fenomena ini ditemukan di luar negeri yang difoto oleh oleh seseorang. Hal itu sebenarnya adalah hasil dari pembiasan cahaya dan dipantulkan dari gedung pencakar langit oleh sinar yang datang. Hal terbut yang terlihat seperti gedung tersebut terbalik di awan.

Dampak Terjadinya Fatamorgana

Meskipun fatamorgana menjadi fenomena yang menakjubkan dan indah tetapi fatamorgana juga mempunyai dampak lo. Diantara dampak negatifnya adalah sebagai berikut:

  • Fatamorgana menyebabkan kita salah paham atau salah menafsirkan jika kita melihat suatu benda yang jaraknya jauh dengan kita karena mengakibatkan ilusi optik serta ilusi mata.
  • Fatamorgana kan biasa terjadi di daerah yang cuacanya sangat panas. Jika kita melihat fatamorgana dalam keadaan sangat panas, maka mata kita akan mengalami kelelahan. Kelelahan terjadi karena kita melihat pembiasan cahaya yang berbeda-beda sehingga mata kita mengasumsikan bahwa di depan seperti ada genangan air. 


Nah, itulah sedikit pembahasan dari fatamorgana. Barangkali ada yang menambahkan boleh juga kok guys. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kedepannya dan menambah wawasan pengetahuan kita tentang fenomena yang ada di sekitar kita. dan agar kita mampu mencegah dari berita yang belum tentu benar seperti mitos. Sekian. Terimakasih.Wassalamu’alaikum.

Penulis : Astri Widya Ningrum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel