Iklan Responsif

Manfaat Infused Water bagi Kesehatan


Manfaat Infused Water bagi Kesehatan 

Pengertian Infused Water

Banyak  orang akhirnya jatuh sakit karena tidak menjaga apa yang masuk kedalam tubuh. Untuk memiliki badan yang sehat selain berolah raga menjaga pola makan dan minum juga sangat penting.  Salah satu caranya ialah dengan meminum minuman yang membuat tubuh menjadi menjadi sehat seperti Infused Water.

Manfaat Infused Water

Infused Water adalah minuman yang terbuat dari air mineral yang dicampur dengan potongan buah atau herbal yang disimpan dalam wadah tertutup dan didiamkan selama beberapa waktu. Tidak semua buah bisa dijadikan bahan untuk membuat infused water. Buah yang tidak mudah hancur jika terendam air yang bisa dibuat menjadi infused water, sepeti buah pir, apel, timun,stroberi, anggur, nanas, kiwi, belimbing , jeruk, serta lemon tentunya dan juga herbal seperti kayu manis, jahe, mint dan lain sebagainya.

Manfaat Infused Water

Pada dasarnya minum air putih yang cukup sangat baik bagi kesehatan, ditambah lagi dengan potongan buah dan herbal manfaatnya akan berlipat-lipat ganda, dibawah ini adalah manfaat dari infused water: 
1. Infused water bisa dijadikan sebagai alternatif bagi yang tidak suka makan buah tapi ingin mendapatkan manfaat dari buah. 
2. Campuran dari potongan buah dan beberapa bahan lain dapat menambahkan rasa pada air mineral sehingga air tidak hambar.
3. Infused water dapat menjaga fokus pikiran karena dapat menyegarkan tubuh karena kelelahan setelah beraktivitas. 
4. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam dalam buah terutama vitamin C dapat mengatasi dehidrasi, memperlancar proses pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah terserangnya penyakit seperti sariawan, gusi berdarah dan flu.
5. Sebagai sumber antioksidan, karena infused water yang terbuat dari buah beri seperti blueberry, strowberi, blackberry, dan raspberry kaya akan antioksidan.
6. Dapat mencegah penuaan karena kaya akan antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. 

Resep Infused Water 

Un uk mendapatkan hasil yang maksimal perlu diperhatikan bahan-bahan pembuatan infused water, berikut ini adlah beberapa contoh resep infused water :
1. Lemon dan kunyit mengatasi peradangan.
2. Apel dan kayu manis untuk melangsingkan perut, mencegah kanker.
3. Lemon, kemagi dan stroberi untuk  anti bakteri.
4. Kiwi dan stroberi untuk melancarkan pencernaan. 
5. Nanas dan jeruk untuk mengencangkan kulit, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menghilangkan lemak.
6. Lemon, Stoberi, dan Mint untuk detoksifikasi.
7. Stoberi dan semangka sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Cara Membuat Infused Water

Pada dasarnya untuk membuat infused water sama. Membuat infused water yang baik dan benar harus memperhatikan langkah-langkahnya, agar nutrisi dan kandungannya dapat terjaga, berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Sediakan botol bertutup yang telah dicuci berrsih, sebaiknya gelas kaca
2. Pastikan bahan-bahan telah dicuci bersih dan dalam kondisi yang baik, tidak busuk layu dan lain sebagainya lalu iris tipis-tipis.
3. Masukkan kedalam botol lalu isi dengan air mineral , tidak perlu ditambahkan gula jika ingin sedikit manis bisa ditambahkan madu, lalu tutup dengan rapat  
4. Masukkan kedalam lemari pendingin selama 1-2 jam dan infused water siap disajikan

Infuse water sebaiknya dikonsumsi sebelum 24 jam, jika disimpan terlalu lama buah akan hancur sehingga kandungan vitaminnya akan rusak. Selain itu meminum infused water yang disimpan terlalu lama bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.

Efek Samping Infused Water 

Makanan atau minuman asam menurut sebagian orang dianggap sebagai minuman yang menyehatkan, namun menurut beberapa golongan memiliki efek samping yang dapat membahayakan kesehatan, seperti :
1. Asam lambung meningkat 
Asam lemon yang bereaksi dengan asam lambung dapat membuat sensasi terbakar di dada. Mengkonsumsi infused water yang terlalu sering sangat tidak baik terlebih bagi kesehatan, perlu dipehatikan waktu maupun kadar keasaman dari infused water agar tidak membahayakan kesehatan. Sebaiknya sebelum minum infused water makan terlebih dahulu.
2. Erosi gigi
Rasa asam yang tinggi dapat mengikis lapisan email gigi sehingga mengakibatkan gigi menjadi sensitif.

Semoga bermanfaat. 

Author: EVA ALFINA ROHMATIN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel