Iklan Responsif

Durian: Pengertian, Struktur, Manfaat dan Wanita Hamil Boleh Makan Durian?

Eating Durian While Pregnant, Can We?

Eating Durian While Pregnant, Can We?

What’s Durian

Di wilayah Asia Tenggara, tentu sudah tidak asing lagi dengan durian. Buah satu ini termasuk tumbuhan tropis yang tentunya sangat cocok tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia. 

Nama durian diambil dari bentuk kulitnya yang berupa duri-duri tajam. Di Asia Tenggara, durian disebut sebut sebagai “Rajanya segala buah” (The King of Fruit. Namun, bagi sebagian orang buah ini sangat tidak disukai karena aromanya yang memuakkan. 

Durian dikenal masyarakat Indonesia dengan banyak nama. Dalam bahasa Jawa dan Betawi menyebut durian dengan nama Duren. Kadu dalam bahasa Sunda, Duriang dalam bahasa Manado, Duliang dalam bahasa toraja, Doriang di Kota Ambon serta Rulen di Pulau Seram bagian Timur. 

Content of Durian

Banyak orang gemar sekali mengonsumsi durian. Buahnya yang lembut dan tebal serta rasanya yang khas manis membuat orang mencintai buah ini. 

Saat kita memakan durian, akan ada rasa pahit yang samar-samar terasa. Banyak orang yang mengatakan bahwa rasa pahit yang samar itu karena durian mengandung alkohol.

Padahal sebenarnya pernyataan itu salah. Durian tidak mengandung alkohol sama sekali.
Kandungan yang ada di dalam durian adalah sebagai berikut.
1. Durian mengandung gula sederhana yang alami seperti fruktosa dan sukrosa yang dapat menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

2. Durian juga mengandung lemak sehat dalam jumlah tinggi. Buah ini memang terkenal memiliki lemak yang lebih tinggi daripada buah-buah lainnya. Akan tetapi, lemak yang terkandung bukanlah lemak jahat.

3. Durian mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan

4. Durian kaya akan kalium yang dapat membantu kinerja jantung

5. Durian mengandung antioksidan yang kaya akan vitamin C

Can Pregnant Women Eat Durian?

Sebagian besar masyarakat di Asia beranggapan bahwa makan durian disaat hamil berbahaya. Karena dapat menyebabkan perut dan janin kepanasan yang berakibat keguguran. Padahal sebenarnya tidak ada penelitian yang beranggapan seperti itu. Bahkan durian bermanfaat bagi ibu hamil asal dikonsumsi dengan tidak berlebihan. 

Durian mengandung sumber asam folat yang baik. Asam folat mencegah bayi yang baru lahir mengalami kecacatan. Selain itu, serat pada durian membantu sembelit pada ibu hamil. 

Antioksidan pada durian membantu mencegah polutan dan radikal bebas yang menyerang ibu hamil serta janin. Vitamin C pada durian juga dapat membantu menambah sistem kekebalan pada ibu hamil. 

Mineral dan zat besi pada durian membantu menambah darah pada ibu hamil. Selain itu, durian juga dapat menetralisir keasamaan karena di dalamnya terkandung antasid serta bebas lemak jenuh.

Eating Too Much Durian, Is It Dangerous For Pregnant Women?
Meskipun durian memiliki sejuta manfaat bagi tubuh, mengonsumsinya terlalu berlebihan juga dapat menimbulkan bahaya pada tubuh kita maupun ibu hamil. Karena durian mengandung gula fruktosa dan sukrosa yang tinggi, apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan obesitas pada janin. 

Selain itu, gula dalam durian apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu kolesterol tinggi dan dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, durian apabila dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan obesitas.

Healthy Way to Eat Durian

Pecinta durian terkadang lupa akan bahayanya makan durian terlalu banyak . Tapi, tidak usah khawatir. Bagi kalian pecinta durian, ada beberapa tips untuk makan durian dengan sehat, yaitu:

Jangan lupakan air putih pada saat makan durian. 
Mengapa air putih? Karena air putih dapat mengontrol jumlah porsi makanan yang kita makan. Sehingga konsumsi durian pun bisa kita kontrol dan kita pun tetap bisa mengonsumsi durian dengan sehat

Jangan lupa kontrol makan durian. 
Menurut ahli gizi, batas makan durian adalah kurang lebih sebesar 35 gram atau sebanyak dua biji.

Buah durian yang matang hingga buahnya dapat dicolek adalah buah durian yang terlalu matang. 
Durian yang terlalu matang menandakan kadar gula yang sangat tinggi. Kadar gula yang sangat tinggi tentu saja tidak baik bagi tubuh. Durian yang sehat adalah buah yang segar. Tidak terlalu matang dan tidak terlalu mentah. 

Penulis: Tiara Harindarputri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel