Iklan Responsif

Kecelakan Mobil: Alternatif Mobil Karet Mengurangi Kecelakaan

Apakah saat ada mobil terbuat dari karet dapat menurunkan angka kecelakaan dunia?

Kecelakan Mobil: Alternatif Mobil Karet Mengurangi Kecelakaan

Halo Guys kembali lagi bersama saya di artikel sains kali ini. Kali ini saya akan membuat artikel bertema mobil yang terbuat dari karet dan saya akan membahas apakah jika ada mobil terbuat dari karet dapat menurunkan angka kecelakaan dunia. Tapi pertama kali yang kita bahas adalah apa sih itu mobil dan karet itu.

Definisi Mobil

Mobil adalah salah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap) dan menggunakan bahan bakar minyak seperti bensin atau solar, dan sekarang listrik untuk dapat menghidupkan mesinnya. 

Istilah Mobil berasal dari bahasa Belanda otomobiel yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' yang berarti sendiri dan Bahasa Latin 'movĂ©re' yang berarti bergerak dari situ mobil dapat disimpulkan sebagai kendaraan yang bergerak dengan sendirinya. 

Kecelakan Mobil: Alternatif Mobil Karet Mengurangi Kecelakaan

Definisi Karet

Sedangkan karet adalah salah satu polimer hidrokarbon yang terkandung pada getah kental di mana polimer hidrokarbon ini hanya terdapat pada jenis tumbuhan. Biasanya Sumber utama karet di produksi adalah tanaman pohon karet Para atau Hevea brasiliensis. 

Namun tak hanya pohon Para atau Hevea brasiliensis yang dapat memproduksi polimer ini tetapi beberapa tumbuhan lain juga dapat menghasilkan getah kental dengan sifat yang sedikit berbeda dari karet, seperti anggota suku ara-araan seperti beringin, atau buah sawo-sawoan (misalnya getah perca dan sawo manila), atau tanaman Euphorbiaceae, serta dandelion.

Kecelakan Mobil: Alternatif Mobil Karet Mengurangi Kecelakaan


Pada masa Perang Dunia II, sumber-sumber seperti  suku ara-araan seperti beringin, atau buah sawo-sawoan (misalnya getah perca dan sawo manila), atau tanaman Euphorbiaceae, dan dandelion dipakai untuk mengisi kekosongan pasokan karet dari para. 

Sekarang, getah perca dipakai dalam kebutuhan kedokteran (guttapercha), sedangkan lateks sawo manila sekarang biasa dipakai untuk pembuatan permen karet (chicle). Dan sekarang karet industri sekarang dapat diproduksi secara sintetis secara reaksi kimia dan menjadi saingan dalam industri perkaretan alami.

Mobil Karet

Setelah kita mengetahui apa itu mobil dan apa itu karet saya akan menjelaskan bagaimana jika mobil jika sepenuhnya terbuat dari karet apakah itu akan menurunkan angka kecelakaan dunia. Pertama kita bahas bagaimana sifat karet dan apakah efek yang dapat membantu dan mengurangi fungsi mobil ketika mobil sepenuhnya terbuat dari karet.

Kecelakan Mobil: Alternatif Mobil Karet Mengurangi Kecelakaan

Karet bersifat lentur, kedap air, dan elastis di mana jika ada mobil memiliki bahan  tersebut mobil akan lentur, kedap air, dan elastis yang menyebabkan orang yang menabrak sesuatu dengan mobil tidak akan mudah penyok dan melukai orang di dalamnya karena sifat elastis akan mengurangi tekanan dari sesuatu yang di tabrak dan mengurangi kerusakan sesuatu yang di dalam.

Tetapi Karet juga memiliki  sifat mudah terbakar yang menyebabkan mobil yang terbuat dari karet akan mudah terbakar karena mesin yang panas. Dan menyebabkan kecelakaan yang bentuk lain dari kecelakaan seperti kebakaran mobil massal karena benturan mobil ke benda. 

Atau mungkin dengan sifat elastis mobil yang terbentur menyebabkan terpentalnya mobil ke arah berlawanan dari arah tabrakan dan membuat mobil terpental ke pinggir-pinggir jalan akan menyebabkan orang yang di dalam mobil dapat mabuk atau mungkin meninggal karena mabuk di dalam mobil yang terpental berkali-kali di pinggiran jalan.

Jadi dilihat dari sifat-sifat karet yang memiliki sifat yang tidak cocok untuk dijadikan seluruh bagian mobil. Kita bisa menyimpulkan bahwa mobil yang terbuat dari karet tidak dapat menurunkan angka kecelakaan dunia.

Fungsi Karet

Nah!,Sebenarnya walau karet tidak optimal menjadi bahan seluruh bagian mobil karet masih berfungsi menjadi salah satu bagian mobil yaitu bannya. 

Kecelakan Mobil: Alternatif Mobil Karet Mengurangi Kecelakaan

Di mana tanpa ban mobil tidak akan bisa jalan dan membantu aktivitas kita. Oleh karena itu saya akan menjelaskan anda bagaimana fungsi karet sebenarnya dan kapan digunakan di kehidupan sehari-hari.

Karet mempunyai fungsi sebagai alat penghubung atau pelapis karena sifatnya yang elastis dan kadar air,serta udara jadi karet biasanya digunakan untuk menjadi pelapis wadah seperti ban, balon,dan penyimpanan lain dari karet, juga penghubung seperti karet gelang, dan pelapis seperti karpet karet pada mobil.

Cara Mengurangi Kecelakaan Kerja

Tetapi karena sekarang sudah jaman Milenial dan banyak orang sudah berkembang. Sudah ada teknologi untuk mengembangkan karet kedalam bagian mobil lain tanpa menyebabkan mobil mudah terbakar. 

Kecelakan Mobil: Alternatif Mobil Karet Mengurangi Kecelakaan

Yaitu dengan membuat pelapis mobil karet dan peletakan yang di hindari dari bagian terpanas mobil membuat mobil menjadi lebih awet dan mengamankan orang yang ada di dalam dengan pelindung mobil yang terbuat dari karet tersebut.

Jadi cara mengurangi kecelakaan kerja menggunakan mobil yang pertama adalah dengan memasang pelindung karet dengan benar ke mobil anda, kemudian berhati-hati ketika mengendarai mobil dan tetap mematuhi peraturan lalu lintas, dan jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil.

Kecelakan Mobil: Alternatif Mobil Karet Mengurangi Kecelakaan


Itu saja yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan anda semua yang membaca artikel saya ini. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. 
Dan saya ucapkan terima Kasih


Penulis : Muhammad Nuh Fathsyah Siregar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel