Iklan Responsif

Pengertian dan Proses Terjadinya Aurora

BAHAYA KEINDAHAN AURORA

BAHAYA KEINDAHAN AURORA

Pengertian Aurora

Aurora adalah Fenomena alam akibat adanya interaksi magnetik yang dimiliki planet sehingga memancarkan sesuatu yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala di lapisan ionosfer dari sebuah planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.

Pengertian Aurora

Tempat Terjadinya Fenomena Aurora

Di bumi tempat terjadinya fenomena aurora hanya terjadi di daerah di sekitar kutub utara dan kutub selatan aurora tersebut dinamakan Aurora Australis. Jika ada aurora yang terjadi di daerah sebelah utara maka aurora tersebut dinamakan Aurora Borealis. 

Aurora borealis  selalu terjadi diantara pada bulan September, Oktober dan Maret, April. Begitupun sama dengan aurora australis.

Tempat Terjadinya Fenomena Aurora

Hal-hal Yang Berkaitan Dengan Proses Pembentukan Aurora

Sebelum membahas tentang proses pembentukan ataupun terjadinya aurora kita perlu mengetahui hal ini terlebih dahulu yakni hal-ha yang berkaitan dengan proses pembentukan aurora :
1. Angin matahari
2. Medan magnetik sebuah planet di bumi
3. Interaksi partikel-partikel atmosfer bumi dengan partikel yang bermuatan dari matahari

Hal-hal Yang Berkaitan Dengan Proses Pembentukan Aurora

Proses Terjadinya Aurora

Aurora sebagai cahaya yang terbentuk dari udara yang disebabkan oleh atom-atom dan molekul yang bertumbukan dengan partikel yang mempunyai muatan, utamanya elektron dan proton yang bersumber dari dalam matahari.

Warna-warni yang terjadi pada aurora dikarenakan terdapat benturan partikel dan molekul maupun atom yang berbeda. Seperti pada aurora warna hijau yang terbuat antara benturan partikel elektron dan molekul nitrogen.

Aurora warna merah cerah terjadi karena benturan antara partikel elektron serta atom oksigen. Bagian yang paling utama dari mekanisme aurora yaitu angin matahari atupun angin surya.

Proses Terjadinya Aurora

Fakta Unik Aurora

Ternyata terdapat fakta unik mengenai aurora antara lain yaitu :
1. Aurora akan lebih indah saat dilihat atau ditangkap oleh kamera
2. Aurora tidak hanya terjadi di bumi melainkan terjadi juga di planet atau tata surya lain.
3. Aurora memiliki suhu yang dingin, tetapi terlihat seperti api yang melayang di langit. Oleh sebab itu aurora diumpakan sebagai api dingin
4. Aurora bisa pindah pada titik sisi selatan.

Fakta Unik Aurora

Bahaya Keindahan Aurora

Selain terlihat cantik, ternyata aurora juga memiliki sisi negatif loh , antara lain adalah :
Mengganggu jaringan telekomunikasi
Gangguan dari jaringan telekomunikasi merupakan efek paling rasional dari aurora karena sudah terbentuk secara jelas. Pada saat terjadinya aurora elektronik yang berbasis frekuensi seperti radio, televisi dan beberapa peralatan lainnya akan terganggu.  Adapun penjelasan ilmiahnya adalah sebagai berikut :

  • Sebuah gelombang misalnya gelombang radio akan dipancarkan ketitik tertentu di udara.
  • Gelombang yang dipancarkan merupakan salah satu bagian dari spektrum elektromagnetik
  • Gelombang dengan panjang tertinggi akan menyentuh lapisan udara (di atmosfer) kemudian akan dipantulkan kembali
  • Saat terjadinya aurora yang merupakan bantuk tabrakan antara proton dan atmosfer bumni maka titik-titik atmosfer yang ada di bumi akan terganggu
  • Gangguan tersebut akan melubangi lapisan atmosfer, sehingga gelombang elektromagnetik yang semula dipantulkan justru akan diteruskan keluar angkasa.
  • Sebagai akibatnya sinyal tidak akan kembali ke bumi dan tidak ada signal yang diterima oleh radio televisi dan alat elektronik lainnya yang berbasis frekuensi


Bahaya Keindahan Aurora

Mengganggu arus listrik
Proses terjadinya aurora tidak bisa dilepaskan dari adanya proses terjadinya badai matahari yang menabrak lapisan magnetosfer bumi. Badai matahari yang terjadi ternyata juga mampu menimbulkan efek samping terhadap kelistrikan.

Mengganggu dan Merusak Satelit
Selain menabrak benda-benda lain disekitar bumi, lapiasan elektron yang dibawa oleh angin surya juga menabrak satelit.

Dapat mengganggu GPS
Fenomena auroraa seelain mengganggu frekuensi juga berakibat pada gangguan terhadap sisstem GPS salah satunya adalah sistem GPS milik WAAS yang terjadi akibat tabrakan elektron.

Penulis : Yeni Arifah Khofshoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel