Iklan Responsif

Rambut: Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Merawat, dan Manfaat Rambut

Apakah Manfaat Rambut Sebenarnya?

Rambut: Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Merawat, dan Manfaat Rambut

Rambut
Halo Guys kembali lagi bersama saya di artikel sains kali ini. Kali ini saya akan membuat artikel bertema rambut dan saya akan membahas apa sih manfaat rambut sebenarnya. Tapi pertama kali yang kita bahas adalah apa sih itu Rambut itu.

Definisi Rambut

Rambut adalah bagian tubuh manusia yang berbentuk seperti benang yang tumbuh di kulit terutama dan muncul dari epidermis atau kulit bagian luar dari manusia atau jenis hewan berambut lainnya. Rambut dapat tumbuh di seluruh kulit kecuali telapak tangan kaki dan bagian dorsal dari falang distal jari tangan, kaki, penis, labia minora dan bibir.

Definisi Rambut


Di Indonesia masyarakatnya mempunyai sekitar tiga jenis rambut yang begitu khas, jenis-jenis rambut tersebut di antaranya adalah :

Rambut Lurus
Rambut lurus adalah tipe rambut yang biasa di miliki oleh orang-orang di Indonesia. Rambut ini mudah untuk dibentuk dan banyak gaya rambut yang lahir karena tipe rambut ini. Pemilik rambut lurus sering sekali merasakan rambut berminyak karena rambutnya lurus.

Rambut Bergelombang
Rambut bergelombang adalah tipe rambut memiliki komposisi yang pas antara gelombang dan lurus. Rambut jenis ini adalah jenis rambut yang sangat butuh perawatan karena jika rambut ini tidak diberi perawatan maka akan terlihat berantakan dan tidak enak di pandang.

Rambut Keriting
Rambut keriting adalah jenis rambut yang sulit untuk diatur. Jenis rambut ini adalah jenis rambut yang tidak memerlukan banyak perawatan karena rambut ini susah diatur dan mudah rusak jika di catok. Sehingga orang yang memiliki rambut keriting harus percaya diri terhadap rambutnya.
Rambut: Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Merawat, dan Manfaat Rambut

Fungsi  Rambut

Berberapa tubuh manusia di tumbuhi berbagai rambut. Di mana tiap bagian yang ditumbuhi rambut tersebut rambut mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh, fungsi dari rambut pada bagian tertentu tersebut diantaranya:

Fungsi Rambut di KepalaFungsi rambut di kepala kita ini adalah untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari yang terdapat sinar ultraviolet dan mencegah sinar ultraviolet tersebut mengenai kulit kepala secara langsung dan juga melindungi tubuh dari hawa dingin. Kurang lebih 100.000 helai rambut yang tumbuh melindungi tubuh orang dewasa. 

Setiap helai rambutnya tumbuh dalam waktu sekitar dua hingga enam tahun. Setiap rambut juga akan mengalami kerontokan sebanyak 50 hingga 100 helai per hari dan digantikan oleh rambut-rambut baru.

Fungsi Rambut di Sekitar Mata Kita
Fungsi rambut sekitar mata yang berupa alis dan bulu mata adalah untuk menahan keringat yang mengalir dari kulit dan  air hujan agar tidak masuk ke dalam mata. Selain itu, rambut di sekitar mata kita juga berfungsi membentuk karakter wajah kita dan memiliki fungsi estetika dan sebagai pembeda wajah seorang.

Fungsi Rambut Hidung
Fungsi Rambut halus pada bagian rongga dalam hidung berfungsi untuk menyaring debu, kuman, bahkan jamur agar tidak masuk dalam saluran pernafasan kita.Tidak hanya itu , rambut pada hidung juga berfungsi menjaga dan mengatur kelembaban udara yang kita hirup untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Fungsi Rambut Tangan dan Kaki
Fungsi rambut pada kulit kaki dan tangan kita berfungsi untuk membantu fungsi kulit sebagai indera peraba. Di mana rambut pada bagian ini bisa menjadi alat sensor yang efektif untuk mendeteksi bahaya, misal dari bulu-bulu tumbuhan atau hewan yang bisa bikin gatal.

Fungsi Rambut Kemaluan
Fungsi Rambut kemaluan adalah untuk melindungi alat kelamin kita dari keadaan sekitar kemaluan serta memberi kehangatan, mengurangi gesekan langsung saat berhubungan intim dan pelindung daerah kemaluan karena sensitifnya area ini. Selain itu, rambut ini berfungsi untuk mengeluarkan feromon yang mengatur perilaku seks.

Fungsi  Rambut

Cara Merawat Rambut

Setelah kita mempelajari apakah definisi dari rambut dan fungsinya saya akan memberi kalian cara mudah untuk merawat rambut kalian, berikut ini cara merawat rambut anda dengan mudah dengan cara alami.

Melindungi Rambut dari Berbagai Elemen Perusak Rambut
Kondisi rambut rusak biasanya dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, kondisi cuaca, angin, dan hujan yang juga dapat menyebabkan rambut kering. 

Jika dibiarkan terus menerus rambut akan kehilangan kekuatannya dan akan menjadi rapuh. Sebaiknya rambur kalian diberi perlindungan ekstra dengan menggunakan kondisioner, minimal seminggu sekali, sebaiknya yang mengandung nutrisi intensif. 

Menyisir Rambut dengan Lembut
Rambut basah adalah keadaan paling lemah dari rambut meskipun kita rasa ini waktu yang paling tepat untuk menyisir tetapi jika terlalu semangat saat rambut basah justru dapat menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut, yang dapat menyebabkan ujung rambut bercabang dan patah. 

Untuk membantu melindungi rambut ketika disisir, sebaiknya kita sisir rambut menggunakan jari saat keramas menggunakan kondisioner. Kondisioner akan melapisi helai rambut dan berperan sebagai pelicin, membuat rambut kusut menjadi lebih mudah untuk disisir. 

Dan juga ketika memilih sisir, sebaiknya pilih sikat rambut dengan sikat berbahan plastik dan bergigi jarang, atau sisir garpu dengan bahan plastik dan bergigi lebar, yang akan memberikan area lebih bagi helai-helai rambut agar rambut tidak terlalu kusut dan lebih mudah diurai dan sisir rambut dengan lembut dan lakukan dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian.

Cara Merawat Rambut


Mengatur Frekuensi Keramas 
Cara terbaik untuk menyegarkan rambut yaitu dengan keramas, tetapi jika kita keramas terlalu sering maka dalam waktu dekat kita dapat menguras kelembapan helai rambut kita, menjadikan rambut kita kering dan rapuh.

Jadi cobalah untuk mengatur frekuensi keramas rambutmu, dan jangan lupa menggunakan alternatif dry shampoo di hari-hari belum keramas dry shampoo akan membantu menyerap minyak dan menghilangkan bau agar rambut terlihat dan terasa segar seperti baru keramas.

Mengatur Frekuensi Keramas

Manfaat Rambut Pendek Bagi Pria

Menurut pakar kesehatan, rambut yang pendek ternyata bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi kaum pria. Di mana Pakar kecantikan dan juga pendiri salon bernama Spoke & Weal bernama Jon Reyman menyebutkan bahwa pria yang mempertahankan rambut pendeknya ternyata cenderung terlihat lebih awet muda jika dibandingkan dengan pria yang justru memanjangkan rambutnya, khususnya yang melebihi garis leher.

Bahkan jika pria dengan rambut pendek malas untuk menata rambutnya dan membiarkannya berantakan, Mereka tetap terlihat lebih awet muda. Menurut Reyman, gaya rambut pendek ternyata memang bisa membuat pria terlihat lebih segar dan muda.

Manfaat Rambut Pendek Bagi Pria

Cara Menjaga Kesehatan Rambut

Baik yang terakhir saya bahas di artikel ini adalah cara menjaga kesehatan rambut sama seperti halnya dalam merawat rambut. Rambut juga harus di jaga kesehatannya agar tidak mudah terkena penyakit.

Berberapa caranya adalah :
Menggunakan pengering dengan setelan rambut dingin
Menggunakan pengering rambut dengan setelan panas juga akan membuat rambut kering. Gunakan setelan rambut dingin, rambut tak akan menjerit kepanasan meski proses pengeringan berlangsung lebih lama.

Menggunakan semprotan pelindung
Bila rambut ingin mudah ditata, atau dibuat keriting atau lurus dengan alat, rambut akan rusak bila tidak dilindungi oleh obat tahan panas yang biasanya digunakan dengan cara disemprot.

Itu saja yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan anda semua yang membaca
Terima Kasih

Penulis : Muhammad Nuh Fathsyah Siregar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel