Iklan Responsif

Bahaya Radiasi HP

Seberapa bahaya radiasi handphone pada kesehatan?


Sebelum kita membahas lebih dalam tentang bahaya ataupun dampak dari radiasi handphone pada kesehatan. Kita ketahui lebih dulu apa itu handphone dan gelombang elektromagnetik? Kenapa gelombang elektromagnetik? Apakah ada hubungannya?

Iya, tentu saja berhubungan karena handphone maupun laptop itu memiliki gelombang elektromagnetik. Pertama, pengertian handphone. Handphone adalah alat komunikasi yang paling sering digunakan masyarakat, bahkan sekarang handphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja.

Hampir setiap saat handphone selalu dibawa dan dipakai, bahkan sampai bangun tidur pun yang pertama kali dicari adalah handphone. Setelah kita tahu apa itu handphone, kita harus tau juga apa itu gelombang elektromagnetik.

Bahaya Radiasi HPGelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memancar tanpa media rambat yang membawa muatan listrik dan magnet (elektromagnetik) sering pula disebut sebagai radiasi elektromagnetik.

Gelombang eletromagnetik memiliki sifat-sifat seperti tidak memerlukan media rambat, termasuk gelombang transversal dan memiliki sifat seperti gelombang transversal, memiliki momentul dan lain sebagainya.
Prinsip Kerja HP
Saat ponsel dihidupkan maka ponsel akan memancarkan gelombang ke sekitar untuk mencari mencari menara pemancar terdekat. Begitu juga saat ponsel dalam keadaan diam pun juga terus memancarkan gelombang elektromagnetik untuk tetap terhubung ke jaringan.

Saat ponsel digunakan panggilan telepon suara maupun video ponsel memancarkan gelombang elektromagnetik yang kemudian tersambung ke operator lalu operator meneruskan ke menara terdekat lalu ke nomor tujuan, saat terkoneksi, bagian penerima sinyal di dalam ponsel memancarkan gelombang elektromagnetik yang akan dipancarkan ke segala arah termasuk bagian kepala pengguna ponsel atau pun bagian tubuh pengguna yang lain. Dengan begitu berarti radiasi yang dipancarkan mengenai tubuh kita.

Dari cara kerja ponsel yang seperti itu maka yang dapat kita simpulkan gelombang radiasi yang dipancarkan berasal dari dua sumber yaitu pemancar yang ada di dalam ponsel dan radiasi yang dipancarkan oleh menara pemancar. Namun berkemungkinan juga kita terkena paparan radiasi dari ponsel atau perangkat lainnya yang kita gunakan di sekitar kita.

Radiasi handphone belum diketahui pasti efeknya pada kesehatan. 

Prinsip Kerja HP
Namun, ada beberapa kemungkinan yang dapat ditimbulkan dari radiasi handphone terhadap tubuh antara lain :

• Dampak pada kesuburan pria

Pria saat menelepon yang menggunakan hands-free lebih sering menaruh pada saku celana atau menyelipkan pada ikat pinggang. Karena letak saku celana berdekatan dengan organ intim maka berkemungkinan dapat mempengaruhi sperma yang mumungkinkan sperma mengalami kerusakan, kemampuan bergerah lebih rendah, dan daya hidup sperma sebentar.

• Efek radiasi handphone pada ibu hamil

Untuk ibu yang sedang hamil tidak dianjurkan menaruh handphone di perut saat menerima telepon. Radiasi handphone dapat memengaruhi lapisan pelindung yang mengelilingi sel saraf otak pada janin. Namun belum ada penelitian yang menemukan data yang valid mengenai hal tersebut.

• Dampak radiasi pada anak-anak

Anak lebih tinggi resikonya akibat radiasi handphone. Jaringan otak anak akan lebih mudah menyerap dibandingkan orang dewasa. Beberapa penelitian menyatakan bahwa dampak radiasi handphone pada terbentuknya kelainan jaringan dan metabolisme sel-sel saraf di otak.

Sumber:
https://www.studiobelajar.com/gelombang-elektromagnetik/
https://www.indonesu.co.id/blog/kenapa-radiasi-ponsel-berbahaya/
https://www.alodokter.com/dampak-radiasi-handphone-pada-kesehatan

Penulis: Alfina Mayarotin


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel