Iklan Responsif

Cara Menulis Abstract

Artikel ini akan menyajikan Cara Menulis Artikel Ilmiah: Abstrak & Katakunci (Abstract & Keywords). Banyak pertanyaan dari teman-teman akademisi yang lagi giat-giat dalam menulis artikel, salah satunya adalah Bagaimana sih cara menulis Abstrak dan Key Word yang baik dan benar. Harapannya dengan membuat artikel yang memiliki Abstrak dan Key Word yang sudah "GOOD", maka para Reviewer akan lebih susah untuk menolak artikel yang kita buat.
Cara Menulis Artikel Ilmiah: Abstrak & Katakunci

Berikut ini beberapa tips dan trik membuat Abstrak dan Keyword yang harus dicermati dan diimplementasikan dalam artikel yang kita tulis.

1. ABSTRACT: Biasanya 1 paragraf as Miniature body Manuscript (MS)
Kenali jurnal yang akan dituju. Pahami author guidelinenya. Ketika kita salah dalam memahami author guideline maka bisa jadi akan berdampak fatal. Salah satunya adalah abstrak yang tidak dibuat sesuai author guideline. Cara yang paling mudah adalah download template jurnalnya. setelah itu silahkan dicopy atau langsung ditulis di template yang sudah disediakan di laman masing-masing artikel.

2. Briefly covers Intro/Issues, Objective, Method, Results, Conclusion and Policy Suggestion/Implication (What Next?)
Pengalaman saya mereview artikel yang masuk di Jurnal Internasional bereputasi, masih banyak saya temukan "Lack Abstrak". Apa itu Lack Abstrak? Saya mengistilahkan sebagai abstrak yang belum secara maksimal memuat komponen-komponen: Intro/Issues, Objective, Method, Results, Conclusion and Policy Suggestion/Implication (What Next?). 

Pahami dengan sungguh-sungguh komponen-komponen tersebut sehingga kita bisa membuat dan memilik abtrak yang berkualitas. Mayoritas masih banyak artikel yang dibuat oleh para penulis belum sampai mencantumkan What Next. Hal ini berdampak pada rendahnya kualitas abstrak yang dibuat. 

Oleh karena itu, jangan sepelakan abtrak karena abstrak adalah SESUATU yang mencerminkan artikel yang Anda miliki. Dan menjadi penilaian awal dari keseluruhan artikel Anda baik itu dari reviewer dan pembaca pada umumnya. Mayoritas masih banyak artikel yang dibuat oleh para penulis belum sampai mencantumkan What Next

Hal ini berdampak pada rendahnya kualitas abstrak yang dibuat. Oleh karena itu, jangan sepelakan abstrak karena abstrak adalah SESUATU yang mencerminkan artikel yang Anda miliki. Dan menjadi penilaian awal dari keseluruhan artikel Anda baik itu dari reviewer dan pembaca pada umumnya.

3. KEYWORD: 3-5 Specific words dalam MS dan bukan singkatan
Saat Anda membuat artikel pasti akan menjumpai bagian ini KEYWORDS. Kebanyakan jurnal memberi kelonggaran dalan menentukan keywords. 3-5 kata spesifik diharapkan dapat mewakilik artikel yang Anda buat. Sebisa mungkin hindari singkat yang akan merugikan Anda.

4. Fungsi: Searching Direction and Citation
Fungsi utama Keyword adalah  menjadi senjata utama Anda dalam hal sititasi artikel yang Anda miliki. Kanapa kok ke arah sititasi? Karena para pembaca akan menggunakan SEO dalam mencari artikel-artikel secara online

Jika Keywords Anda sulit dilacak (bahasa yang digunakan tidak familiar atau tidak lazim), maka akan berdampak rendahnya sititasi melalui online. Oleh karena itu, pahami benar caa menulis dan memilih kata yang akan digunakan sebagai Keyword dalam artikel Anda.

5. Nama Negara/Wilayah BUKAN Keyword
Tidak lazim bila Anda menggunakan nama negara atau wilayah sebagai keywords. Sebisa mungkin hindari ya saat menulis keywords. Hal ini dianggap kurang spesifik dan tidak mencirikan artikel yang Anda buat. Meskipun di judul artikel Anda tercantum nama negara/wilayah.

Saat Anda menulis artikel, khususnya bagain Abstract dan Keywords tolong benar-benar diperhatikan. Hal tersebut penting untuk menjadi penilaian plus dari artikel yang Anda miliki. Semoga artikel Cara Menulis Artikel Ilmiah: Abstrak & Katakunci (Abstract & Keywords) ini bisa bermanfaat. 

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel