Iklan Responsif

Cara Menulis Acknoledgment

Artikel ini akan menyajikan pembahasan mengenai Cara Menulis Artikel Ilmiah: Ucapan Terima Kasih (Acknoledgment). Bagian Ucapan Terima Kasih (Acknoledgment) adakalanya diwajibkan oleh beberapa Jurnal Ilmiah.

Cara Menulis Artikel Ilmiah: Ucapan Terima Kasih

Ada beberapa pertanyaan yang sering saya terima terkait dengan bagian Ucapan Terima Kasih (Acknoledgment), antara lain: Bagaimana cara menulis Acknoledgment yang disukai oleh reviewer? Apakah bagian Acknoledgment wajib dicantumkan di artikel yang kita buat? Apa saja nilai positif dari kita menyajikan Acknoledgment di artikel kita? Oleh karena itu bahasan Cara Menulis Artikel Ilmiah: Ucapan Terima Kasih (Acknoledgment) akan diuraikan di bawah ini.

Mengacu beberapa pertanyaan dan pengalaman saya sebagai penulis dan reviewer, berikut ini saya sajikan beberapa temuan dan kendala dalam membuat Acknoledgment di artikel ilmiah.
1. Penulis tidak mencantumkan pemberi dana penelitian.
2. Penulis terlalu banyak menyebutkan ucapan terima kasih ke semua pihak.
3. Urutan ucapan terima kasih (acknoledgment) tidak disusun sesuai proporsi.

Bukti-bukti tersebut menunjukkan bahwa masih banyak penulis artikel ilmiah yang masih belum mampu secara maksimal membuat ucapan terima kasih (acknoledgment) yang baik dan benar. Harapannya, dengan adanya bagian ucapan terima kasih (acknoledgment) yang baik dan benar, maka artikel ilmiah yang kita buat dapat dengan mudah merebut hati pembaca dan reviewer.

Hal tersebut dikarenakan melihat penyandang dana penelitian adalah sebuah perusahan/lembaga/instansi/ kementerian yang kredibel, maka diasumsikan penelitian kita melalui proses seleksi yang ketat dan berkualitas. Secara tidak langsung menunjukkan bahwa artikel ilmiah yang kita buat telah melalui penelitian yang terpercaya dan profesional.

Bukan hanya penelitian di atas meja, melainkan penelitian yang dikerjakan melalui proses yang baik dan benar. Sehingga produk yang dihasilkan (salah satunya artikel ilmiah) dapat dipertanggungjawabkan secara akademis dan profesional.

Di bawah ini akan saya tampilkan beberapa Tips dan Trik Cara Menulis Artikel Ilmiah: Ucapan Terima Kasih (Acknoledgment) yang baik dan benar. Harapannya artikel ilmiah kita memiliki peluang yang besar untuk diterima oleh reviewer dan disenangi oleh pembaca.
1. Penulis tidak mencantumkan pemberi dana penelitian.
Penulis wajib mencantumkan pemberi dana penelitian. Lebih mantap lagi bila bisa mencantumkan nomor SK atau perjanjian dari grant/hibah yang kita dapat. Hal ini untuk menunjukkan bahwa seartikel ilmiah yang kita buat telah melalui penelitian yang terpercaya dan profesional. Bukan hanya penelitian di atas meja, melainkan penelitian yang dikerjakan melalui proses yang baik dan benar.

2. Penulis terlalu banyak menyebutkan ucapan terima kasih ke semua pihak. 
Perlu diingat saat penulis membuat bagian Acknowledment bahwa tidak baik dan tidak dianjurkan berlebihan dalam menyebutkan ucapan terima kasih kepada semua pihak. Penulis harus bisa bijaksana dalam memilih dan menyebutkan kontribusi yang diberikan berbagai pihak terhadap proses penulisan dan penelitian artikel ilmiah yang kita buat ini.

3. Urutan ucapan terima kasih (acknoledgment) tidak disusun sesuai proporsi kontribusi.
Saat membuat bagian Ucapan Terima Kasih (Acknoledgment) pada artikel ilmiah wajib disusun sesuai proporsi kontribusi masing-masing yang mendukung/mendanai penelitian kita.

4. Berterimakasih kepada Reviewer (Anonymous Referee): Optional.
Artikel ilmiah harus ada bagian Acknoledgment untuk memperkuat kualitas artikel yang kita buat. Salah satunya dengan mengucapkan terima kasih kepada reviewer (Anonymous Referee). Perlu diingat bahwa poin ini tidak wajib (optional). Jadi liat karakteristik jurnal yang akan kita lakukan publikasi melalui cek artikel-artikel yang sudah terbit di jurnal tersebut.

Semoga Tips dan Trik Cara Menulis Artikel Ilmiah: Ucapan Terima Kasih (Acknoledgment) dapat memberikan manfaat. Tetap sabar dan pantang menyerah sampai artikel ilmiah kita bisa Accepted dan Publish di Jurnal Internasional Bereputasi (Indexed by Scopus & Web of Science).

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel