Iklan Responsif

Cara Menulis Authorship

Artikel ini akan membahas terkait Cara Menulis Artikel Ilmiah: Penulis & Affiliasi (Authorship & Affiliation). Banyak pertanyaan terkait penulisan artikel ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi yang terindeks Scopus dan Web of Science, salah satunya mengenai bagian Penulis dan Affiliasi.  
Cara Menulis Artikel Ilmiah: Penulis & Afiliasi

Kali ini izinkan saya berbagi ilmu terkait AUTHORSHIP & AFFILIATION pada Artikel Ilmiah Misalnya artikel yang akan di submit di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus dan Web of Science.

Bagian ini tidak terlalu sulit, tapi tetap saja memiliki peranan penting dalam kegiatan publikasi yang akan Anda lakukan. Beberapa kesalahan dan kekurangan yang sering muncul dalam membuat bagian Penulis & Affiliasi (Authorship & Affiliation) antara lain.

Tidak secara memiliki Orchid ID, Researcher ID, dan Scopus ID, sehingga kredibilitas sebagai penulis masih dipertanyaan di kalangan reviewer jurnal ilmiah internasional bereputasi.

Email gratisan, sebisa memungkin kalau punya pakai email instansi.

Jangan terlalu sering publikasi hanya 1 author. Tidak salah sih, tapi jika Anda ingin mempercepat jumlah sititasi publikasi, maka bisa menggunakan banyak author dalam satu artikel

    Berikut ini tips dan trik membuat Penulis & Affiliasi (Authorship & Affiliation) pada Artikel Ilmiah yang akan di submit di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus dan Web of Science:
    1. Nama Author(s) dan Afiliasinya ditulis konsisten untuk kepentingan sitasi dan indeksasi
    2. Joint authorship atau menulis bersama atau berjamaah akan meningkatkan laju sitasi
    3. Kecenderungan menulis atau publikasi individual perlu direduksi karena akan sulit mendapatkan sitasi dan berdampak pada university rank (Bantu Target Universitas).
    4. Principal Author (PA)
    5. Corresponding Author (CA)
    6. CA TIDAK HARUS PA
    7. Tanggungjawab CA
    8. Alamat Afiliasi, Tel, Fax, E-mail HARUS LENGKAP
    9. Jumlah Author TIDAK DIBATASI
    10. Showing Author’s Contribution (NZJFS)

    Percaya apa tidak, di lingkungan kita lebih banyak penulis bangga menulis karyanya dengan 1 authorship. Memang tidak salah dan tidak melanggar aturan. Itu sah-sah saja. Keuntungannya kredit poin akan utuh tanpa perlu dibagi-bagi dengan anggota penulis. 

    Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat untuk distribusi pembagian Angka Kredit di dokumen Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen. Semoga Tips dan Trik Cara Menulis Artikel Ilmiah: Penulis & Affiliasi (Authorship & Affiliation) ini dapat memberikan manfaat dalam kegiatan penulisan artikel ilmiah. 

    Penulis: Binar Kurnia Prahani

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    Iklan Bawah Artikel