Iklan Responsif

Cara Menulis Discussion

Artikel ini fokus pada bagian PEMBAHASAN. Artikel ilmiah salah satu komponennya adalah pembahasan. 
Cara Menulis Artikel Ilmiah: Pembahasan

Bagian Pembahasan memiliki aspek penilaian yang lebih spesifik dari setiap jurnal yang akan Anda tuju.

Beberapa pertanyaan yang sering saya jumpai meliputi: (1) Bagaimana cara menulis bagian Pembahasan yang baik dan benar? (2) Poin-poin apa saja yang menjadi fokus utama pada bagian Pembahasan? (3) Kekuatan utama apa saja yang harus ditonjolkan dalam bagian Pembahasan?

Pada bagian Pembahasan ini banyak penulis masih mengalami banyak kendala.

Kendala-kendala yang saya temukan selama menjadi penulis dan reviewer yaitu:
  1. Pembahasan belum secara komprehensif dalam menjawab rumusan masalah.
  2. Penulis masih banyak yang tidak memunculkan ide-ide penting atau issue crusial
  3. Belum mampu menyajikan  Initial and or main Findings, Indication, Important Message, Implication...for Policy direction...
  4. Masih banyak menunjukkan studi literatur dan belum mengelaborasi hasil temuan, argumen penulis, dukungan teoritik, dan dukungan empirik.

Tips dan trik Cara Menulis Artikel Ilmiah: Pembahasan (Discussion) ini bisa dijadikan agar Pembahasan yang baik dan benar sebagai berikut.
  1. Sebisa mungkin hindari angka-angka dalam pembahasan karena bagian Pembahasan bukanlah mengulang hasil penelitian.
  2. Tujuannya di sini adalah untuk memberikan interpretasi hasil Anda dan dukungan untuk semua kesimpulan Anda, menggunakan bukti dari percobaan Anda (penelitian) dan pengetahuan yang diterima secara umum, jika sesuai.
  3. Ingat bahwa bagian Pembahasan bukan studi literatur. Bagian Pembahasan adalah diskusi terkait hasil penelitian, argumen penulis, kajian empirik dan teoritik.
  4. Sarankan arahan di masa mendatang untuk penelitian, metode baru, penjelasan untuk penyimpangan dari hasil yang dipublikasikan sebelumnya, dll.
  5. Perkuat dengan temuan orang/paper lain yang mampu meyakinkan pentingnya temuan kita sendiri (comparison).
  6. Nyatakan dengan jelas: Initial and or main Findings, Indication, Important Message, Implication...for Policy direction...

Semoga bermanfaat tips dan trik Cara Menulis Artikel Ilmiah: Pembahasan (Discussion) di atas dapat diimplementasikan dalam artikel ilmiah yang Anda tulis.

Hati-hati saat Anda melakukan bagian Pembahasan khususnya hal sititasi. Jangan sampai ada kegiatan plagiasi dan lupa mencantumkan referensi-referensi yang ada kutip dan sititasi. Salam semangat.

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel