Iklan Responsif

Jenis Pasang Surut Air Laut

Macam-macam Jenis Pasang Surut Air Laut 


Jenis Pasang Surut Air Laut

Berikut merupakan beberapa jenis pasang surut air laut, diantaranya yaitu:

• Pasang Surut Harian Ganda atau bisa disebut semi Diurnal Tide

Pasang surut harian ganda adalah pasang surut yang terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dengan ketinggian yang hampir sama dalam kurun satu hari (secara berurutan dan teratur). Periode pasang surut harian ganda biasanya terjadi selama 24 jam 50 menit.

• Pasang Surut Harian Tunggal atau bisa disebut Diurnal Tide

 Pasang suurut harian tunggal hampir sama dengan pasang surut harian ganda hanya saja pasang surut harian tunggal terjadi hanya satu kali pasang dan satu kali surut dengan ketinggian yang hampir dalam kurun waktu satu hari. Periode pasang surut harian tunggal biasanya terjadi rata-rata selama 12 jam 24 menit.

• Pasang Surut Campuran Condong ke Harian Ganda 

Pasang surut campuran condong ke harian ganda adalah pasang surut yang terjadi dua kali pasang dan dua kali surut namun dengan ketinggian permukaan air laut dan periode yang berbeda-beda.

• Pasang Surut Campuran Condong ke Harian Tunggal

Pasang surut campuran condong ke harian tunggal adalah pasang surut yang terjadi satu kali pasang dan satu kali surut dalam kurun waktu satu hari, namun pasang surut ini terjadi hanya sementara waktu (sebentar) terjadi dua kali pasang dan dua kali air surut


Penulis : Yusril Iqbal I


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel