Iklan Responsif

Kompetensi Sosial Guru di Indonesia

Pentingkah Kompetensi Sosial dalam Kompetensi Guru?


Jika membicarakan tentang pendidikan tentunya selalu berkaitan dengan peran seorang guru. Siapa  sih itu Guru? Guru merupakan salah satu komponen penting yang harus ada dalam pendidikan, sebab peran yang dimilikinya sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Suatu bangsa dapat dilihat sebagai negara yang maju dengan pendidikannya tentunya tidak luput dari peranan seorang guru. Seorang guru yang memiliki suatu kualitas dasar dalam penyampaian ilmu yang baik tentunya juga kepribadian yang baik akan menjadikan generasi generasi penerus bangsa Indonesia menjadi generasi yang berkualitas akan ilmunya dan tentunya juga dengan akhlak atau kepribadian yang baik pula.

Kompetensi Sosial Guru di Indonesia

Seiring dengan berjalannya waktu, guru juga dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman. Dengan mengikuti perkembangan jaman tentunya pernanan seorang guru tudak bisa digantikan dengan alat alat yang sudah banyak berkembang seperti sekarang ini. Karena guru memiliki nilai nilai yang tidak dimiliki oleh alat alat tersebut. Contohnya seperti nilai emosional, spiritual, motivasi, dan keteladanan yang harus  dimiliki oleh seorang guru tentunya. Menjadi seorang guru harus siap menjadi teladan bagi murid muridnya. Karena guru sendiri merupakan panutan yang menjadikan sebuah patokan seorang siswa untuk maju dan berkembang. 

Guru memegang peranan penting dalam mendidik siswanya dan menciptakan siswa siswi yang berkualitas. Berkualitas disini dalam hal akhlaknya maupun dalam hal kecerdasan masing masing individunya. Jika sudah terciptanya akhlak yang baik maka seorang siswa ataupun siswi akan memiliki kepribadian yang baik pula, hal ini cukup penting dikarenakan didalam bermasyarakat dan bernegara akhlak dan kepribadian yang baik mencerminkan pribadi yang cerdas dalam hal religi nya maupun sosialnya.

Peranan seorang guru tentunya sangat penting dalam menciptakan sebuah kemajuan dalam bidang pendidikan. Dalam membuat sebuah kemajuan atau perubahan yang lebih baik tentunya seorang guru harus memiliki kompetensi yang mendasarinya, agar tugasnya dapat terlaksana  dengan baik dan mencapai tujuan yang bermanfaat tentunya. 

Kompetensi berarti sebagai karakter utama seorang guru.Dapat disimpulkan bahwa kemampuan seorang individuYang meliputi pengetahuan keterampilan dan sikap Yang dapat diwujudkan dalam hasil kerja nyata Tentunya bermanfaat bagi individu tersebut dan lingkungannya.Kompetensi dapat dinilai dengan dua cara yaitu dengan cara langsung maupun tidak langsung. 

Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik haruslah ideal. Menjadi seorang pendidik haruslah dapat menjalankan tugasnya secara profesional dengan memiliki kompetensi kompetensi yang ada. Oleh karena itu, seorang guru harus dapat membagi waktunya antara belajar dan tentunya melaksanakan kewajibannya sebagai seorang pendidik.

Kompetensi ini dibagi menjadi empat jenis kompetensi yang tercantum di dalam UU RI No. 4 Tahun 2005 tentang guru dan Dosen  pasal 10 diantaranya, yaitu :
1. Kompetensi Pedagogik
2. Kompetensi Kepribadian
3. Kompetensi sosial
4. Kompetensi profesional

Kompetensi kompetensi ini harus ada di dalam kompetensi guru, karena masing masing dari kompetensi ini sangat penting. Kompetensi yang akan dibahas kali ini adalah Kompetensi Sosial. Sosial yang berarti disini adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan individu yang lain, dari lingkup masyarakat sekitar atau teman sekitar. Karena manusia adalah makhluk sosial yang pastinya membutuhkan bantuan dari orang lain. 

Dalam kompetensi ini guru dituntut untuk dapat bertukar pikiran, berinteraksi, ataupun bekerja sama dengan orang lain untuk meningkatkan kemampuan profesional. Kompetensi ini dapat dilakukan melalui komunikasi dengan profesi lain secara lisan, tulisan, atau dalam bentuk lainnya. Melalui kompetensi ini seorang guru ataupun pendidik dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah maupun yang lainnya. Dengan kompetensi ini juga, seorang pendidik dapat melatih dirinya untuk menjadi individu yang peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, kompetensi ini cukup penting adanya didalam kompetensi guru ini.


Penulis : Salsabil Aliyah Putri Rahma


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel