Iklan Responsif

Manfaat Atmosfer

Atmosfer sang Pelindung


Pernahkah kalian berpikir bahwa bumi ini sebenarnya mempunyai pelindung. Pelindung itu tidak nampak oleh mata, walaupun tidak terlihat tetapi pelindung ini meiliki peranan yang sangat penting. Pelindung ini disebut atmosfer. Atmosfer adalah selimut gas yang menyelimuti planet bumi tempat kita tinggal, tapi bukan hanya bumi saja planet-planet lain juga memiliki atmosfer dan kandungannya berbeda-beda.

Kandungan yang dimiliki atmosfer diantaranya:

• Memiliki ketebelan antara 1000 kilometer dari permukaan bumi.
• Terdiri dari beberapa gas penyusun yaitu : Gas nitrogen (78%), oksigen (21%), argon (0,9%), ozon (0,7%), karbondioksida (0,03%), uap air, krypton, neon, xynon, hydrogen , kalium.
Apakah kalian tahu bahwa Atmosfer memiliki beberapa manfaat yang sangat penting bagi bumi kita.

Beberapa manfaat Atmosfer, yaitu:


  • Atmosfer dapat melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet atau sinar UV dengan lapisan ozon. Sinar ultraviolet atau sinar UV memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.
  • Atmosfer tersusun dari macam-macam gas yang sangat diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan juga hewan contohnya gas oksigen yang digunakan untuk bernafas, serta gas-gas lainnya seperti nitrogen, dan karbondioksida.


Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat dari atmosfer. Kita sedikit paham dengan apa yang disebut dengan atmosfer. Nah, dalam beberapa peranannya dalam kehidupan sehari-hari atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan sinar matahari. Cara kerjanya dengan menyerap dan memantulkan panas yang berasal dari matahari.

Penulis : Yusril Iqbal I


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel