Iklan Responsif

Pendidikan Karakter Perlu Diperbaiki

Apakah Pendidikan Karakter Perlu Diperbaiki?

Pendidikan Karakter Perlu Diperbaiki

Pendidikan karakter merupakan suatu proses kegiatan menanamkan pendidikan moral dan etika pada siswa untuk dapat berinteraksi dalam lingkup masyarakat sosial dengan baik. Pendidikan karakter wajib ditekankan pada seorang manusia mulai dari usia dini, karena akan lebih mudah diserap ilmunya apabila karakter – karakter baik ditanam sejak kecil. Namun, ketika beranjak dewasa pendidikan karakter harus ditekankan kembali, karena masa masa remaja adalah masa dimana manusia lebih mudah  terpengaruh oleh lingkungan baru yang ada di sekitarnya. Apabila sejak kecil hingga dewasa seorang manusia mendapat bimbingan pendidikan karakter entah itu dari orang tua, keluarga dekat, ataupun guru, maka moral baik dari jiwa orang tersebut akan terbangun dengan baik. 

Terbentuk atau dibentuknya karakter soerang manusia tidak hanya dalam lingkup sekolah, namun lingkup keluarga, teman, dan masyarakat pun ikut ambil andil dalam proses yang terjadi. Banyak manusia tidak jujur dicap sebagai manusia yang memiliki karakter buruk, sedangkan manusia yang jujur dianggap memiliki karakter yang baik. Pada dasarnya lingkungan teman dan masyarakat sangat mempengaruhi karakter remaja. Maka dari itu, para remaja diharuskan untuk lebih pandai memilih teman supaya tidak terjerumus ke dalam perilaku negatif yang menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti hal nya ketika seorang anak tidak mendapatkan pendidikan karakter yang baik sejak kecil akan membahayakan apabila seorang tersebut sudah mulai beranjak dewasa. 

Jika seseorang memiliki perilaku yang buruk dapat dikatakan orang tersebut tidak mendapatkan pendidikan karakter sejak kecil, ataupun walau sudah berusaha dididik dengan baik oleh orang tuanya, namun ketika beranjak dewasa ia pun menemukan teman yang membuatnya berperilaku yang tidak baik. Untuk saat ini perilaku tidak baik dari seorang anak dapat dilihat dari cara bicaranya terhadap orang yang lebih tua. Bagaimana cara anak tersebut menghormati orang yang lebih tua? Bagaimana menghargai orang lain? Tentu akan semakin terlihat jika karakter – karakter tersebut ditunjukkan kepada orang lain sebagai pengamat.

Ketika ada seseorang yang sudah melekat karakter buruk dalam dirinya, kita sebagai teman ataupun keluarganya dapat membantu memperbaiki karakter orang tersebut. Dengan cara, dekatkan diri kita secara perlahan kepada orang itu kemudian amati perilaku-perilaku buruk yang ia lakukan, dan ketika sudah mulai paham dengan apa yang menjadi tujuan kita, mulai arahkan orang tersebut dengan melakukan hal-hal baik yang positif untuk kesejahteraan bersama. Bisa saja dengan cara memotivasi mereka dengan masa depan yang indah, dengan betapa berharga dan pentingnya menghargai orang yang lebih tua terutama orang tua nya sendiri. 

Secara tidak langsung karakter seorang manusia juga dapat dikembangkan atau diperbaiki dengan cara yang tepat. Selain motivasi, orang – orang disekitarnya juga harus mencontohkan perilaku- perilaku baik kepada seseorang yang memiliki karakter buruk. Dengan begitu mereka yang memiliki karakter buruk lambat laun akan tersadarkan dan memiliki keinginan untuk mengubah karakter buruk mereka menjadi lebih baik. Adapun seseorang yang juga dapat menghilangkan karakter buruk mereka dan menggantinya menjadi karakter perilaku yang jaug lebih baik yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini memungkinkan adanya proses ulang pembentukan karakter pada seseorang. 

Dari sini kita dapat mengetahui bahwa pentingnya pendidikan karakter bagi seseorang dan apabila terdapat kerusakan atau keburukan karakter dari seseorang dapat diperbaiki dengan cara mendekatkan diri orang tersebut terhadap lingkungan yang dapat membawa dampak positif untuk ke depannya.

Penulis : Riza Azizah Pratami



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel