Iklan Responsif

Penerapan Ilmu Fisika Dalam Kehidupan

MATERI PENERAPAN ILMU FISIKA 

DALAM KEHIDUPAN

Penerapan Ilmu Fisika Dalam Kehidupan



Segala aktifitas yang manusia lakukan selalu berhubungan dengan alam. Semua hal yang dilakukan oleh manusia selalu berkaitan dengan fenomena alam yang terjadi. Kegiatan-kegiatan manusia selalu bersumber dari alam dan alam pula yang akan menerima dampak dari perbuatan manusia tersebut. Manusia memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan tujuan yang hendak dicapai. Tanpa disadari oleh mereka, setiap kegiatan yang mereka lakukan selalu terdapat fenomea fisis. Fenomena fisis adalah suatu fenomena yang melibatkan variabel fisis atau variabel yang dapat diukur secara kuantitaitf, dan dapat dinyatakan dalam angka. 

Konsep fisika dalam kehidupan manusia sehari-hari melatarbelakangi manusia harus memelajari konsep fisika untuk memecahkan setiap masalah yang terjadi dalam kehidupan mereka. Saat pembelajaran fisika sebaiknya tidak hanya sekedar memberikaan konsepnnya tetapi bagaimana proses penemuan dari konsep seperti dikemukakan oleh (Supriyono, 2003:8) bahwa hakikat fisika yakni fisika bukan hanya sekedar kumpulan rumus yang harus dihafalkan dan dimasukkan dalam soal. Tetapi fisika juga harus mampu menciptakan solusi dalam setiap masalah yang muncul. 

Pembelajaran fisika tidak akan berguna apabila hanya sekedar rumus atau soal saja.Peserta didik akan lebih tertarik dengan bukti secara langsung dalam kehidupan dan hubungannya dengan ilmu fisika Pengalaman langsung yang diperoleh 3 siswa akan lebih lama diingat siswa. Kejadian nyata yang dilihat siswa akan memudahkan siswa ketika menghadapi kejadian yang sesungguhnya dalam kehidupan siswa. Konsep fisika yang dihadirkan dalam pembelajaran apabila diikuti dengan bentuk implementasi dan turun langsung ke lapangan akan lebih diingat oleh siswa dan akan mampu diimplementasikan pula dalam masalah kehidupan.

Berbagai pengembangan teknologi dan alat-alat untuk memecahkan masalah dengan ilmu fisika merupakan salah satu bentuk dari pentingnya fisika dalam kehidupan sehari-hari. Segala sesuatu yang berkaitan dengan fisika dan solusinya membuktikan jika fisika dapat diterapkan dalam segala segi kehidupan. 


Penulis : AUDINA P.A.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel