Iklan Responsif

Pengertian Inovasi dan Tujuan Inovasi Pendidikan Menurut Ahli

Inovasi Pendidikan Di Indonesia

Pengertian Inovasi dan Tujuan Inovasi Pendidikan Menurut Ahli


Pengertian Inovasi

Inovasi adalah sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang baik berupa  discovery maupun invensi untuk mencapi tujuan dan untuk  masalah tertentu. Inovasi juga bisa dikelompokan menjadi inovasi besar dan inovasi kecil – kecil namun sangat banyak dari pada inovasi besar. Inovasi itu tidak harus mahal, dan inovasi bisa dilakukan oleh semua orang, kapan saja, dimana saja. Dan seandainya nenek moyang kita tidak inovatif , maka kita semua masih akan tinggal di gua-gua, dalam kegelapan tidak ada listrik apapun dan tidak memiliki busana tidak mengenal apa itu pakaian. Inovasi pun bisa berupa positif dan negatif. yang dimaksud inovasi positif ialah proses perubahan terhadap sesuatu yang telah mapan dengan memperkenalkan sesuatu yang baru yang bisa memberikan nilai tambah bagi seseorang. Sedangkan inovasi negatif ini menyebabkan pembeli menjadi takut  untuk memakai produk itu karena tidak memiliki nilai tambah, manjadi merusak cita rasa, dankepercayaan yang dimiliki pelanggan atau pembeli hilang.

Pengertian Inovasi Pendidikan

Ibrahim (1988) mengemukakan bahwa  inovasi pendidikan yaitu  inovasi dalam bidang pendidikan yang bertujuan untuk memecahkan masalah pendidikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa inovasi pendidikan adalah suatu ide, atau langkah- langkah, yang dirasakan dan diamati sebagai hal yang baru untuk seseorang atau masyarakat, baik berupa penemuan baru atau baru ditemukan orang, yang digunakan ntuk mencapai tujuan pendidikan atau bisa juaga untuk memecahkan masalah pendidikan. 

Menurut, Nurtain (1991) bahwa inovasi adalah pendapat, perbuatan, atau sesuatu yang baru dalam konteks sosial yang bertujuan untuk menjawab masalah yang sedang dihadapi. Dengan demikian bisa juga disimpulkan bahwa inovasi adalah perubahan, tetapi tidak semua perubahan adalah inovasi. Inovasi (pembahuruan) terkait dengan invention dan discovery. Invention adalah suatu penemuan baru, artinya hasil kreasi manusia. Sedangkan discovery adalah suatu penemuan benda, yang benda itu sebelumnya sudah ada tetapi tidak diketahui orang. 

Tujuan Inovasi 

Tujuan inovasi menurut Santoso (1974) untuk meningkatkan sumber-sumbr tenaga, uang dan sarana, termasuk struktur dan prosedur organisasi. Sedangkan inovasi pendidikan bertujuan untuk memperbesar kualitas, relevansi, kualitas, dan kualitas sarana prasarana dan jumlah siswa sebanyak banyaknya, dengan hasil pendidikan sebesar-besarnya. Tujuan jangka panjang yang akan dicapai adalah terwujudnya manusia seutuhnya. 



Penulis  : Aimmatul Afifah






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel