Iklan Responsif

Pengertian Kalor

Kalor

Pengertian Kalor

Pengertian Kalor

Kalor adalah suatu Energi yang mudah diterima dan mudah sekali dilepaskan sehingga dapat mengubah temperatur zat tersebut. Jika suhunya tinggi maka kalor yang dikandung oleh benda sangat besar, begitu juga sebaliknya jika suhunya rendah maka kalor yang dikandung sedikit.

Pengertian Energi Panas
Satuan SI untuk panas adalah Joule.Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke daerah yang bersuhu rendah.

Setiap benda memiliki Energi dalam yang berhubungan dengan gerak acak dari atom-atom atau molekul penyusunnya. Energi dalam ini berbanding lurus terhadap suhu benda.

Contoh sumber Energi panas

Pertama adalah matahari. Matahari adalah sebuah energi panas terbesar di alam semesta. Sumber energi panas dari matahari memang tidak terlalu terasa.

Akan tetapi, sebenarnya energi panas dari matahari ini sangatlah besar. Dikarenakan posisi matahari sangat jauh menjadikan energi panas yang diberikan bisa diredam.

Pengertian Energi Panas




























Berikutnya adalah korek api. Korek api adalah sumber energi yang sangat dibutuhkan manusia. Dengan menggunakan energi panas yang ada dalam korek api sangat berguna untuk kegiatan manusia terutama dalam pembakaran.


Pengertian Energi Panas

Selain itu, ada pula kompor sebagai sumber energi panas. Kompor ini juga menjadi salah satu jenis sumber kalor yang paling banyak digunakan manusia.

Energi panas yang dihasilkan dari sebuah kompor biasa digunakan untuk kegiatan memasak. Kalor pada kompor ini biasanya berupa api yang bisa diatur besarnya.

Terakhir adalah api. Api merupakan sumber energi panas yang paling utama. Api ini adalah energi yang bisa membuat benda mengalami kenaikan suhu. Dengan api pula semua sumber energi kalor bisa mengeluarkan panasnya.

Pengertian Energi Panas

Api ini memiliki tingkat kalor yang sangat tinggi. Semakin besar api, maka semakin besar pula kalor yang dihasilkan. Api bisa didapat dari berbagai benda yang bisa terbakar.

Energi kalor atau energi panas adalah sebuah energi yang sangat penting bagi manusia. Dengan adanya panas orang bisa mengatur suhu tubuhnya sehingga manusia bisa bertahan hidup. Sumber energi panas juga cukup banyak dan bisa digunakan untuk berbagai kegiatan manusia.

Dengan energi kalor yang baik maka akan memberikan kenaikan suhu yang sesuai. Tingkat pemanasan sebuah benda sendiri bergantung pada kalor jenis dan masa jenis benda. Oleh sebab itu, sebuah benda akan mengalami kenaikan berbeda jika diberikan dengan kalor yang sama.

Penulis : Awwalul Fitriyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel