Iklan Responsif

Pentingnya Kompetensi Guru PAUD

KOMPETENSI GURU PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Pentingnya Kompetensi Guru PAUD

Guru paud adalah sebuah ketulusan, guru yang mempunyai rasa kecintaan yang sangat tulus pada anak, berminat pada perkembangan anak, bersedia mengembangkan potensi yang dimiliki anak, dan hangat dalam bersikap juga bersedia bermain dengan anak. Kata kuncinya adalah mencintai anak. Jika sudah memiliki rasa cinta pada anak di dalam hatinya, maka sikap-sikap berikutnya juga akan mengikuti, seperti memperhatikan, peduli, bersimpati, berempati, sikap hangat dan seterusnya. 

Menjadi seorang guru paud yang kreatif adalah sebuah kerelaan, adalah ketulusan adalah keberanian. Mengapa menjadi guru paud adalah kerelaan, karena mereka harus rela untuk terus belajar dan belajar. Tidak ada kata puas bagi guru paud yang kreatif. Maksudnya guru yang kreatif ialah sebuah semangat untuk mengembangkan diri demi kebaikan dri sendiri, anak didik dan lembaga. 

Berfikir inovatif jiwa yang terlahir dari sebuah pemikiran guru yang selalu ingin berinovasi sehingga memberikan variasi dalam memberikan pelajaran kepada anak didiknya. Untuk menjadi guru paud yang kreatif harus tidak gaptek (gagap teknologi). Guru yang kreatif harus peka terhadap perkembangan zaman. Dia bisa menggabungkan atau mengkombinasikan sesuatu yang kuno dengan yang modern. Seperti memvariasikan permainan tradisional dengan permainan modern.

Guru yang cerdas dalam menemukan talenta anak didiknya. Dengan kepekaan yang dimiliki oleh guru paud yang kreatif akan berusaha untuk selalu memanfaatkan dan mengembangan talenta yang dimiliki anak didiknya, misalnya guru memberikan kesempatan anak didiknya untuk tampil di acara-acara sekolah (semua murid atau anak didik diberi kesempatan yang sama) . mengajar dengan cara yang menyenangkan seorang guru yang kreatif tidak ingin anak didiknya merasa bosan dan tertekan pada saat materi diberikan. Maka seorang guru paud selalu mencari cara agar anak didiknya merasa nyaman dengan cara mengajar yang mereka berikan.

Menjadi seorang guru paud juga harus memiliki kesabaran tingkat tinggi, untuk menghadapi berbagai macam sifat dari anak-anak didiknya. Oleh karena itu sering kita lihat bahwa guru paud itu terlihat lebih awet muda. Mengapa demikian Karena, mereka selalu sabar dalam pengajaran dan tidak gampang marah untuk semua hal, mereka lebih sering tertawa dari pada marah, mereka selalu berusaha untuk menjadi bagaimana menjadi anak-anak tetapi juga menjadi guru. Hal itulah yang juga membuat mereka awet muda, mereka bisa menyesuaikan diri sesuai dengan situasi dan kondisi.

Guru paud adalah sesuatu keberanian, guru paud harus berani dalam memulai merubah pola piker kebiasaan yang lama dengan hal-hal yang baru. Pada intinya guru paud harus memilikikepercayaan diri, kenali potensi, selalu berani mencoba berkarya dan banyak membaca.

Guru paud harus pandai memanfaatkan “apa yang ada” pada dasarnya guru yang kreatif pandai memanfaatkan apa yang ada dalam sekolah. Bahkan kertas bekas pun bisa dijadikan sarana belajar yang sangat menarik, dan juga disampaikan dengan cara yang menarik pula. Selalu percaya diri, tentu saja sifat percaya diri selalu ingin berkembang harus ada pada guru yang kreatif. Tidak mudah memang untuk menjadi guru yang kreatif, karena karya apapun yang mereka ciptakan harus kembali pada anak didiknya. 

Berani mencoba untuk menciptakan metode yang baru. Tidakla mudah mentransfer ilmu dari seorang guru menuju anak didiknya. Namun hal tersebut merupakan tantangan yang biasa dihadapi oleh seorang guru. Namun seorang guru yang kreatif akan selalu mencoba berbagai cara agar anak didiknya mudah dan tidak merasa terbebani untuk menerima materi pelajaran yang di berikan. Guru yang kreatif akan selalu nenbuat suasana belajar seperti suasana bermain, karena agar anak didiknya merasa senang dan bahagia.


Penulis : Lathifatun Nafisah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel