Iklan Responsif

Pentingnya Pendidikan Karakter

Pengertian Karakter

Karakter adalah perilaku atau sikap yang ada didalam diri manusia yang sesuai dengan kaidah moral yang baik.

Pentingnya Pendidikan Karakter

Untuk memiliki karakter  yang baik, perlu mnegetahui tiga komponen karakter berikut:

1. Pengetahuan tentang moral
2. Perasaan tentang moral
3. Perbuatan bermoral

Sedangkan makna pendidikan karakter yaitu suatu sistem yang ditanamkan pada warga yang ada disekolah untuk memiliki kepribadian yang baik. Hal ini guru lah yang memiliki peran penting untuk menanamkan karakter tersebut kepada murid-muridnya.

Disini untuk memilki perilaku yang berkarakter dapat didapatkan melalui:

1. Olah pikir yang cerdas
2. Memilki sifat jujur dan bertanggung jawab
3. Memiliki rasa peduli dan berpikir kreatif
4. Kondisi tubuh yang bersih dan sehat

Pentingnya Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter dapat mengembangkan kepribadian seseorang untuk menjadi lebih baik, sehingga penting untuk membangun jati diri sebuah bangsa. Untuk menuju bangsa yang berkarakter kita perlu untuk memberikan pendidkan karakter. Bahkan Presiden Ir. Soekarno sempat berkata, “Tidak akan mungkin membangun sebuah negara kalau pendidikan karakternya tidak dibangun”. Hal tersebut menandakan betapa pentingnya pendidikan karakter atau pendidikan moral dalam membangun jati diri sebuah bangsa.

Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (dikutip dari kemendikbud.go.id., 2011), ada 18 nilai-nilai yang harus disisipkan dalam proses pendidikan di Indonesia. 18 nilai tersebut antara lain:

1. religius
2. juju
3. toleransi 
4. Disiplin
5. kerja keras
6. kreatif
7. Mandiri
8. Demokratis
9. rasa ingin tahu
10. semangat kebangsaan
11. cinta tanah air
12. menghargai prestasi
13. bersahabat/komunikatif
14. cinta dama
15. gemar membaca
16. peduli lingkungan
17. peduli sosial
18. tanggung jawab.


Contoh Inovasi Pendidikan Karakter

1. Diajarkannya ilmu agama

ilmu agama tentunnya memberikan sikap-sikap yang baik, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Maka dari itu pentingnya pendidikan agama diberikan sejak dini karena dapat membangun karakter seorang anak menjadi baik.

2. Mencontohkan perilaku yang baik

Apabila kita seorang guru, tentunnya kita hamper setiap hari bertemu dengan para siswa, disitulah kita bias mencontohkan hal yang baik, agar mereka juga dapat meniru yang baik, seperti contohnya menggunakan pakaian yang sopan, atau berbicara kepada orang lain yang sopan.

3. Adanya literasi

Disaat jam pelajaran berlangsung, tak apa apabila kita tidak melulu memberikan materi yang membosankan, kita dapat menyelingi dengan bercerita/literasi yang dapat mencontohkan karakter seseorang yang baik. Karena terkadang para siswa teratrik dengan sebuah cerita apalagi yang dapat memotivasi mereka.

4. Bersalaman

Mungkin hal ini sudah banyak dilakukan diberbagai sekolah, yaitu disaat pagi hari atau diawal masuk sekolah, para guru berbaris didepan gerbang,dan para murid bersalaman kepada guru satu persatu, secara tidak langsung mereka mengajarkan kepada muridnya untuk terbiasa dengan bersalaman, adanya sopan santun, dan hormat kepada orang yang lebih tua.

5. Melihatkan video yang memiliki karakter baik

Semisal kita mengajar seorang siswa SMA, yang tentunya lagi hangat-hangatnya soal pacaran, mungkin kita dapat menunjukkan video tentang tidak baiknya berpacaran, baik dari segi agama, dari penglihatan orang lain, dan tidak baik untuk diri sendiri, semisal dapat mengakibatkan kehamilan diluar nikah, timbulnya fitnah, bahkan dosa besar yang akan ditanggung oleh orang tua dan juga mendapatkan siksaan yang berat untuk diri sendiri kelak di akhirat.


Penulis: Nauly Rahmaniyah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel