Iklan Responsif

Penyebab Tsunami

Tsunami sang Penghancur

Penyebab Tsunami

Apa yang kalian ketahui tentang tsunami? mungkin kata tsunami ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Ada beberapa Negara yang dikategorikan rawan akan terjadinya tsunami dan Indonesia adalah salah satunya. Penyebab Indonesia rawan terkena bencan tsunami Karena Indonesia terletak diantara 3 lempeng tektonik dan ring of fire. 

Tsunami sendiri berasal dari bahasa jepang yaitu “Tsu” yang diartikan pelabuhan dan “Nami” yang diartikan gelombang atau dengan kata lain bisa kita sebut gelombang pasang. Jadi kata Tsunami sendiri adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan secara tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk dari akibat gempa bumi, longsor, letusan gunung berapi, atau peristiwa-peristiwa lain yang terjadi di laut.

Gelombang tsunami merupakan jenis gelombang yang dapat bergerak ke segala arah hingga mencapai jarak beribu-ribu kilometer. Daya kerusakan yang disebabkan gelombang tsunami ini akan semakin kuat apabila berada di daratan yang dekat dengan pusat ganggguan. Apabila terjadi dilautan, tinggi gelombang tsunami ini tidak terlalu tinggi, kurang lebh tingginya sekitar 1 meter saja. Meski tingginya hanya 1 meter, tetapi gelombang tsunami tersebut dapat melaaju dengan kecepatan 500 km/jam sampai 1000 km/jam, kecepatannya hampir menyamai kecepatan pesawat jet.

Karena cepatnya gelombang tsunami ini, hingga kapal yang berada di lautan pun sampai tidak terasa dengan kedatangan gelombang ini. Sebaliknya, jika mendekati pantai, kecepatan gelombang ini akan semakin menurun jadi hanya sekitar 35 hingga 50 kilometer per jam. Namun, ketinggian gelombang akan semakin naik, hingga ketinggiannya bisa menca[ai 20 meter. Dengan ketinggian gelombang yang sangat tinggi, maka gelombnag tsunami bisa masuk ke daratan hingga jarak puluhan kilometer.

Penyebab Tsunami

Pada saat terjadi tsunami biasanya tidak terjadi begitu saja. Maksudnya, tsunami tidak dating dengan sendiri dengan tiba-tiba. Namun, biasanya ada beberapa faktor yang menghantarkannya. Sehingga terjadilah tsunami. 

Hal-hal yang menghantarkan tsunami antara lain yaitu:

• Gempa bumi yang terjadi di bawah laut

Gempa bumi bisa menimbulkan banyak getaran yang dapat mengakibatkan terjadi tsunami. Gempa bumi bawah laut merupakan penyebab terjadinya tsunami. Hampir 90% peristiwa tsunami disbabkan oleh gempa bumi yang terjadi di bawah laut.

• Terjadinya longsor di bawah laut

Tsunami juga bisa terjadi ketika adanya longsor di bawah laut yang dinamakan Tsunamic Submarine Landslide. Longsor di bawah laut, biasanya terjadi disebabkan karena adanya gempa bumi tektonik atau letusan gunung bawah laut. Getaran kuat yang disebabkan oleh longsor inilah yang dapat menyebabkan terjadinya tsunami. Selain gempa bumi tektonik dan juga letusan gunung berapi, longsor juga dapat terjadi oleh tabrakan lempeng yang ada di bawah laut juga menjadi salah satu penyebab bencana longsor bawah laut. 

• Adanya hantaman meteor

Penyebab selanjutnya yang menyebabkan terjadinya tsunami yaitu adanya hantaman meteor atau benda langit lainnya. Benda langit yang jatuh tentu saja memiliki ukuran yang tidak kecil. 

Penulis : Yusril Iqbal I

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel