Petir dan Guntur Duluan Mana?

Petir dan guntur : duluan mana?

Pada saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Musim penghujan yang terjadi di Indonesia kali ini mulai bulan Oktober. 

Berbicara dengan hujan, tentu tidak pernah terlepas dari fenomena fenomena alam yang menyertainya. Sebut sanya fenomena petir, kilat, guntur, badai dan banyak lagi. 


Namun yang paling menarik adalah fenomena petir dan guntur. Hal ini menarik lantaran ketika petir terjadi, guntur tidak secara langsung terdengar. 

Petir dan Guntur Duluan Mana?

Namun perlu waktu beberapa saat hingga terdengar oleh indera pendengaran manusia. Fisika mencoba menjelaskan bagaimana fenomena ini terjadi. 

Petir dan Guntur Duluan Mana?

Apakah ada semacam penghalang dalam langit yang menghalangi gelombang suara dari petir ataukah terjadi perbedaan kecepatan antara cahaya petir dengan kecepatan suara guntur?

Petir dan Guntur Duluan Mana?

Hal ini perlu penjelasan secara sains untuk membuktikannya. Untuk itu perlu dipahami terlebih dahulu apa itu petir atau orang orang juga sering menyebut dengan sebutan halilintar, bagaimanakah petir dapat terjadi dan jawaban atas pertanyaan sebelumnya.

Penulis : Dyah Ayu Novita Sari 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel