Iklan Responsif

Sifat Hakikat Manusia

Materi Sifat Hakiki Manusia


Sifat hakiki manusia menjadi bidang kajian filsafat, khususnya filsafat antropologi. Hakikat manusia menjadi suatu keharusan karena pendidikan bukan hanya sekedar praktik melainkan praktik yang berlandasan dan bertujuan. Landasan dan tujuan pendidikan sidatnya filosofis normatif . Sifat hakiki manusia adalah sifat yang sudah ada dalam diri manusia sejak manusia dilahirkan yang merupakan pemberian Tuhan yang maha esa dan tidak dapat diganggu oleh siapa pun atau tidak dapat berubah dengan perkembangan lingkungan. Walaupun secara luar manusia terlihat berubah atau berbeda, pada dasarnya tetap memiliki sifat hakiki manusia yang mendasar dan terus menetap pada dirinya. Sifat hakiki manusia dapat diartikan sebagai ciri khas yang dapat membedakan manusia dengan hewan meskipun manusia dan hewan banyak kemiripan terutama dalam segi biologinya.


Terdapat 10 sifat hakiki manusia yaitu :

1. Sifat hakiki memimpin
Setiap manusia tentu memiliki sifat hakiki sebagai seoraang pemimpin meskipun dimulai dari memimpin dirinya sendiri. Sifat hakiki memimpin memiliki keistimewaan yaitu berpegang teguh pada kebenaran yang diyakini dan dapat lebih bertanggung jawab.
2. Sifat Hakiki Stabil
Stabil cenderung penuh dengan kestabilan. Menurut individu tersebut merobek sesuatu yang masih tabu adalah hal yang tidak dibolehkan, aturan individu tersebut banyak namun justru itulah keistimewaan dirinya.
3. Sifat Hakiki Berpikir
Setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Manusia memiliki pemikiran yang luas dan suka sekali belajar hal baru , seta dapat menyampaikan pendapat dan menerima pendapat orang lain dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang membuatnya berpikir.
4. Sifat Hakiki Peduli
Peduli akan lebih mementingkan suatu kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi. Dengan peduli akan dapat menjalin hubungan yang baik dan erat dengan manusia lain. 
5. Sifat Hakiki Sederhana
Seorang manusia yang dapat memiliki rasa syukur yang tinggi dengan keadaannya saat ini tanpa ada kata mengeluh cenderung hidup sederhana. Dengan kesederhanaannya dapat membuat hidup menjadi damai. 
6. Sifat Hakiki Detail
Pada sifat hakiki ini manusia cenderung lebih berhati-hati saat akan memutuskan sesuatu , mempunyai pemikiran yang lebih tajam , lebih tenang. Hal ini membuat dirinya memiliki pesona bagi manusia lain.
7. Sifat Hakiki Tegas
Sifat ini dapat berubah-ubah tergantung keadaan yang dihadapi manusia tersebut. Pada sifat ini manusia lebih suka seseorang yang jujur daripada seseorang yang munafik.
8. Sifat Hakiki Disiplin
Disiplin merupakan suatu sifat yang dapat bertanggung jawab pada suatu peraturan.
9. Sifat Hakiki Kreatif
Kekreatifan seseorang tergantung pada keahlian masing-masing. Kreatif terlihat istimewa dimata manusia lain. Manusia yang kreatif cenderung mempunyai ide-ide yang unik untuk membuat sesuatu yang baru.
10. Sifat Hakiki Pantang Menyerah
Pantang menyerah merupakan sifat positif yang harus dimiliki oleh setiap individu. Pantang menyerah dalam melakukan hal apapun sangat dibutuhkan agar tidak terlalu terpuruk jika hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Manusia yang pantang menyerah cenderung memiliki semangat yang sangat tinggi untuk mencapai suatu hal yang diinginkan. 
Wujud Sifat Hakiki Manusia ( yang tidak dimiliki oleh hewan ) yang dikemukakan oleh paham eksistensialisme, dengan maksud menjadi dalam membenahi konsep pendidikan yaitu :
1. Kemampuan menyadari diri
2. Kemampuan bereksistensi
3. Pemilikan kata hati
4. Moral
5. Kemampuan bertanggung jawab
6. Rasa kebebasan (kemerdekaan)
7. Kesediaan melaksanakan kewajiban dan menyadari hak
8. Kemampuan menghayati kebahagiaan

Penulis : Diyah Prasasti Listiantomo










Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel