Gaji PNS Golongan 2

Daftar Gaji PNS 2020 Golongan II Berdasarkan Golongan Sesuai PP No 15 Tahun 2019

Gaji PNS 2020 Golongan II


Pengertian Pegawai Negeri Sipil

Pegawai Negeri Sipil (disingkat PNS) adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Definisi peraturan lama

Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 Undang Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian yang sudah tidak berlaku, PNS pernah dinyatakan sebagai salah satu bagian pegawai negeri yang terdiri dari:

Definisi peraturan baru

Seiring berjalannya waktu, Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 jo Undang Undang Nomor 43 Tahun 1999 diperbarui oleh pemerintah dengan menerbitkan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Sehingga TNI dan Kepolisian dianggap berbeda konteks dengan pegawai negeri karena sudah diatur dengan Undang-Undang yang terpisah. 

Adapun pada UU ASN, definisi pegawai negeri dalam konteks pemerintahan Indonesia diganti dengan Aparatur Sipil Negara, sementara Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu jenis pekerjaan Aparatur Sipil Negara selain PPPK/P3K.


Daftar Gaji PNS 2020 Golongan II Berdasarkan Golongan Sesuai PP No 15 Tahun 2019


Daftar Gaji PNS Berdasarkan Golongan Sesuai PP No 15 Tahun 2019_ Apratur Sipil Negara (ASN) atau yang biasa disebut PNS merupakan profesi yang cukup menarik bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak, profesi sebagai PNS saat ini berbagai nilai plus yang membuatnya dilirik oleh berbagai pihak.

Berbicara masalah pekerjaan pastinya tidak akan lepas dari seberapa besar gaji yang didapatkan saat menggeluti profesi tersebut, Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebenarnya memili nominal gaji yang berbeda. Maksudnya adalah antara satu orang yang berprofesi sebagai PNS dengan yang lainnya bisa memiliki nominal gaji  yang berbeda.

Kenapa bisa gaji PNS berbeda? Hal tersebut tak lepas dari tingkatan golongan PNS yang bersangkutan. Jadi dalam profesi PNS ada tingkatan golongan dan pangkat, sehingga hal tersebut yang akan menjadi pembeda antara gaji PNS yang satu dengan yang lainnya.

Tingkatan Golongan PNS dan Pangkat


1. PNS Golongan I (Juru)

IA: Juru Muda
IB: Juru Muda Tingkat I
IC: Juru
ID: Juru Tingkat I

2. PNS Golongan II (Pengatur)

IIA: Pengatur Muda
IIB: Pengatur Muda Tingkat I
IIC: Pengatur
IID: Pengatur Tingkat I

3. PNS Golongan III (Penata)

IIIA: Penata Muda
IIIB: Penata Muda Tingkat I
IIIC: Penata
IIID: Penata Tingkat I

4. PNS Golongan  IV (Pembina)

IIA: Pembina
IIB: Pembina Tingkat I
IIC: Pembina Utama Muda
IID: Pembina Utama Madya

Daftar Gaji PNS Golongan II (Pengatur)

Gaji PNS Golongan II

a. Gaji Pokok PNS Golongan IIA: 2.022.200

Gaji PNS Golongan IIA (Pengatur Muda) adalah sebesar 2.022.200,  Namun nominal gaji PNS golongan IIA akan terus bertambah seiring bertambahanya masa kerja

b. Gaji Pokok PNS Golongan IIB: 2.208.400

Gaji PNS Golongan IIB (Pengatur Muda Tingkat I) adalah sebesar 2.208.400,  Namun nominal gaji PNS golongan IIB tersebut juga akan terus bertambah seiring bertambahanya masa kerja.

c. Gaji Pokok PNS Golongan IIC: 2.301.800

Gaji PNS Golongan IIC (Pengatur) adalah sebesar 2.301.800,  Namun nominal gaji PNS golongan IIC tersebut juga akan terus bertambah seiring bertambahanya masa kerja.

d. Gaji Pokok PNS Golongan IID: 2.399.200

Gaji PNS Golongan IID (Pengatur Tingkat I ) adalah sebesar 2.399.200,  Namun nominal gaji PNS golongan IID tersebut juga akan terus bertambah seiring bertambahanya masa kerja.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel di bawah ini, tentang gaji pokok PNS berdasarkan masa kerjanya:

Gaji PNS 2020 Mengacu PP No 15 Tahun 2019


Daftar Gaji PNS Golongan I


Daftar Gaji PNS Golongan 1

Daftar Gaji PNS Golongan II



Daftar Gaji PNS Golongan II

Daftar Gaji PNS Golongan III



Daftar Gaji PNS Golongan III

Daftar Gaji PNS Golongan IV



Daftar Gaji PNS Golongan IV



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel