Dampak Positif Penggunaan Smartphone Bagi Pelajar

 

Dampak Positif Penggunaan Smartphone Bagi Pelajar

Dampak Positif Penggunaan Smartphone Bagi Pelajar- Di zaman modern seperti sekarang ini kita dimanjakan dengan alat-alat teknologi yang canggih. Kita sering melihat anak-anak seumuran dengan anak sekolah bahkan sekolah dasar seperti taman kanak-kanak. Sehingga banyak yang sudah menggunakan alat teknologi canggih seperti smartphone, tablet dan lain sebagainya.

Ada sebagian orang tua yang dengan bangga pamer bahwa anaknya sudah menggunakan smartphone generasi terbaru yang dibawa kesana kemari. Namun apa untungnya jika anak yang menggunakan smartphone masih di bawah umur.

Memang smartphone memiliki segudang manfaat bagi para pelajar, namun setiap orang tua harus terus memantau penggunaan smartphone bagi anaknya yang masih menempuh pendidikan. Karena smartphone juga berdampak negatif bagi anaknya. Sementara pada pembahasan ini akan dijelaskan mengenai dampak positif smartphone. Berikut ini adalah dampak positif penggunaan smartphone bagi siswa.

Membuat komunikasi lebih mudah

Tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi saat ini sangat dimudahkan dengan hadirnya smartphone. Hal ini juga berlaku dalam dunia pendidikan. Dimana komunikasi antara guru - siswa hingga orang tua juga dapat berjalan dengan lebih mudah. Sementara hal ini dapat dilakukan secara masal dengan menggunakan grup yang tersedia dalam aplikasi komunikasi, seperti WhatsApp, atau Telegram, dll.

Hal ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya interupsi informasi, seperti yang sering terjadi sebelum keberadaan smartphone. Alasan seperti tidak ada pulsa, atau beberapa orang tidak menerima pesan karena terlewat.

Sedangkan dengan bantuan smartphone proses untuk saling berbagi informasi atau mengadakan konferensi video untuk mengerjakan tugas juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Hal ini bisa sangat membantu dalam pembelajaran siswa. Misalnya dalam tugas kelompok, seorang anak tidak bisa datang, ia masih bisa mengikuti proses pengerjaan tugas kelompok melalui komunikasi kelompok yang ada.

Media hiburan

Selain itu, smartphone juga memiliki berbagai fitur hiburan yang bisa menjadi media untuk membantu siswa atau guru untuk melepaskan diri dari kejenuhan. Sehingga dalam hal ini banyak aplikasi hiburan yang bisa menjadi sarana belajar sekaligus bermain bagi mereka.

Misalnya, permainan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa yang dapat dipraktikkan dalam kehidupannya, atau permainan yang dapat mengasah daya ingat atau kemampuan berhitungnya.

Meningkatkan  pengetahuan pelajar

Salah satu efek positif yang paling menguntungkan dari smartphone adalah dapat membantu siswa mendapatkan informasi tentang berbagai mata pelajaran dengan sangat mudah. Hal ini bisa terjadi karena menggunakan ponsel pintar yang dilengkapi dengan berbagai aplikasi termasuk aplikasi pendidikan.

Selain itu, dengan bantuan mesin pencari seperti Google, siswa dapat mencari lebih banyak pengetahuan dan memeriksa keakuratan informasi yang telah mereka kumpulkan. Hal ini sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas dan dapat menambah pengetahuan serta membantu mereka dalam meningkatkan prestasi akademik.

Meningkatkan kenyamanan dalam belajar

Banyak siswa atau guru yang merasa lebih nyaman menggunakan smartphone saat belajar daripada harus menghabiskan banyak waktu mencari sumber informasi dengan membaca buku di perpustakaan.

Ponsel cerdas juga dapat membantu mereka menghemat banyak waktu hanya dengan satu klik di kamar mereka. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan waktu mereka untuk belajar atau berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau guru pada saat yang sama.

Ketersediaan teknologi yang lebih praktis

Smartphone menyediakan banyak pilihan aplikasi yang sangat berguna untuk membantu proses pembelajaran, mengumpulkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, dengan smartphone, kelas dapat dilakukan melalui smartphone dan tentunya lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan komputer.

Meningkatkan kemampuan daya ingat siswa

Smartphone dapat menjadi media untuk mengasah ingatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, dengan menggunakan smartphone, mereka dapat merekam, mengambil gambar, dan merekam semua pelajaran yang diberikan oleh guru secara lengkap dan dapat dipelajari kembali di rumah.

Hal ini dapat mempermudah proses pembelajaran siswa sebelum ujian, atau saat mengerjakan tugas dengan mendengarkan kembali atau menghafal materi yang telah dijelaskan oleh guru yang mereka simpan di smartphone.  Sehingga dengan penggunaan smartphone akan meningkatkan kemampuan daya ingat siswa.

Sekian dulu pembahasan kami tentang dampak positif penggunaan smartphone Bagi Pelajar. Artikel tentang dampak negatifnya akan segera terbit. So, pantau terus ilmiahku.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel