Kuliner Khas Pontianak Favorit Pelancong

 

Kuliner Khas Pontianak Favorit Pelancong

Kuliner Khas Pontianak Favorit Pelancong - Pontianak merupakan ibukota provinsi Kalimantan barat yang patut dijadikan tempat destinasi wisata. Kota yang berjuluk kota khatulistiwa ini memiliki banyak wahana wisata yang patut disinggahi.

Selain itu Pontianak juga memiliki khazanah kuliner yang banyak. Kuliner Pontianak memiliki ciri khas sendiri karena berasal dari percampuran berbagai budaya nenek moyang.

Daripada penasaran yuk kita simak ulasan lengkap tentang kuliner khas Pontianak yang merupakan favorit pelancong berikut ini.

Bubur Pedas Pontianak

Bubur pedas Pontianak adalah kuliner yang sering dijadikan menu sarapan orang Pontianak. Bubur yang berasal dari suku Sambas ini terbuat dari bahan-bahan yang khas seperti: daun pakis, kunyit, kangkung, merica, daun kesum dan lainnya.

Meskipun diberi nama “Bubur Pedas” sesungguhnya rasa bubur ini tidaklah terlalu pedas. Penamaan “pedas” pada kuliner ini hanya perumpamaan saja. Rasa dari bubur ini lebih dominan gurih dan segar. Untuk harga terjangkau dimulai dari 6.000 – 12.000.

Pengkang

Untuk rekomendasi kuliner khas Pontianak yang kedua ada pengkang. Kuliner ini terbuat dari beras ketan dan udang ebi yang dicampur dan dimasukkan dalam daun pisang. Secara tampilan pengkang ini sangatlah mirip dengan hidangan lemper namun memiliki cita rasa yang berbeda.

Perpaduan antara manisnya beras ketan, gurihnya ebi dan harumnya daun pisang membuat orang yang mencicipi pengkang ini ketagihan. Konon dulunya merupakan makanan yang sering dibawa orang Pontianak saat berburu hewan di hutan

Chai Kwe

Kuliner Pontianak kebanyakan merupakan akulturasi budaya antara masyarakat lokal dan pendatang Tionghoa. Salah satu bentuk kulinernya adalah Chai Kwe. Chai Kwe ini terbuat dari bahan sayur seperti: rebung, kucai, talas dan sebagainya. Secara bentuk kuliner ini mirip dengan kroket namun memiliki rasa yang berbeda.

Yang membedakan antara chai Kwe dan kroket adalah cara pengolahannya: kroket dimasak dengan cara digoreng dan chai Kwe dimasak dengan cara digoreng. Chai Kwe ini sangat cocok disantap dalam keadaan hangat dan bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sotong Pangkong

Yups, Salah satu kuliner khas Pontianak yang patut dicoba adalah sotong Pangkong. Sotong Pangkong biasanya hadir sebagai menu buka saat Ramadan. Kuliner ini terbuat dari sotong yang dijemur hingga kering, lalu dimasak dengan cara dibakar. Agar daging sotong tidak alot, pada saat dibakar, sotong dipukul hingga teksturnya lembut.

Jika memakannya kita akan merasakan dominan rasa gurih, cocok sekali dijadikan teman makan nasi.

Es Krim Petrus

Jika sobat menyukai hidangan berjenis dessert, maka di Pontianak juga mempunyai kuliner dessert yang khas bernama es krim Petrus.  Es krim ini terbuat dari bahan-bahan yang menyegarkan seperti: nangka, susu, cokelat dan masih banyak lagi kemudian disajikan dalam wadah batok kelapa.

Kenapa kuliner ini diberi nama es krim Petrus, karena awal munculnya es krim ini berasal di dekat sekolah Santo Petrus. Ya, jajanan ini saat ini sudah menjadi ikon tersendiri dari kota Pontianak.

Ok sob, itu tadi beberapa kuliner khas kota Pontianak favorit para pelancong. Jangan lupa sempatkan untuk menikmati kuliner-kuliner ini bila bertandang ke sana. Sampai di sini dulu ya, semoga selingan ini ada manfaatnya dan jangan lupa tetap belajar kapan pun di mana pun (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel