Mengenal kuliner khas Bandung

 

Mengenal kuliner khas Bandung

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi primadona liburan. Tidak hanya wisatawan domestik, namun juga wisatawan luar negeri. Bandung memiliki segudang spot wisata yang keren. Mulai dari museum hingga pemandian alam.

Selain itu Bandung juga memiliki ragam kuliner yang layak untuk dicicipi. Kuliner Bandung memiliki cita rasa yang lezat dan banyak variasinya. Dan satu lagi rata-rata kuliner Bandung bisa dijangkau dengan harga yang murah.

Berikut ini adalah macam-macam kuliner khas Bandung yang layak dicoba.

Seblak

Makanan ini mungkin akan selalu direkomendasikan saat kita pergi ke Bandung. Seblak merupakan kuliner yang terbuat dari kerupuk basah dicampur dengan rempah pedas seperti cabe, dan dilengkapi dengan berbagai irisan sayuran.

Bahan-bahan tersebut direbus hingga matang dan disajikan didalam piring. Menikmati di kota asalnya akan memberi kesan berbeda. Apalagi Bila kita adalah penyuka kuliner pedas. Seblak bisa memanjakan lidah kita. Untuk harganya berkisar antara 8.000 – 15.000 .

Mie kocok

Bagi kita yang menyukai kuliner berbau mie. Bandung juga mempunyai kuliner khas yang bernama mie kocok. Sesuai dengan namanya mie ini memang disajikan dengan dikocok. Mie ini biasanya dilengkapi potongan sayuran dan daging sapi.

Mie kocok sangat nikmat disantap dalam keadaan hangat-hangat kaku. Aroma dan rasa kaldunya sangat menggugah selera. Mie ini dapat dengan mudah ditemui di penjuru kota Bandung. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran. Menu ini selalu menjadi andalan saat mengunjungi kota Bandung.

Peuyeum

Jika kita mengunjungi kota Bandung pasti akan banyak ditemui penjual kuliner ini. Peuyeum memang menjadi salah satu oleh-oleh khas Bandung. Peuyeum dibuat dari singkong yang telah difermentasikan. Hampir mirip dengan tape tapi lebih kering.

Peuyeum mempunyai cita rasa yang asam dan lembut. Cocok sekali dijadikan oleh-oleh karena mampu bertahan lama. Tidak usah khawatir dengan harganya karena bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Tahu susu Lembang

Jika pergi ke Bandung jangan lupa mampir ke daerah Lembang. Tempat ini bukan hanya terkenal dataran tingginya saja, melainkan juga olahan kulinernya. Salah satunya adalah tahu susu Lembang. Tahu ini memiliki karakteristik berbeda dari tahu biasa. Terbuat dari adonan tahu dicampur dengan susu. Sehingga memiliki cita rasa gurih dan manis.

Tahu susu Lembang juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk pertumbuhan. Cara mengonsumsi tahu susu Lembang juga unik, bisa digoreng dulu atau bahkan dimakan secara langsung.

Batagor

Makanan yang sering ditemui di pinggir jalan ini ternyata merupakan kuliner khas Bandung lho. Batagor tercipta dari proses akulturasi budaya Tionghoa-china. Batagor terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan potongan ikan tengiri.

Batagor dimasak dengan cara digoreng, lalu dilengkapi dengan bumbu kacang yang lezat. Batagor ini bisa dijadikan makanan penunda lapar karena sifatnya yang mengenyangkan.

Demikianlah sedikit ulasan kami tentang kuliner khas Bandung. Semoga bisa melengkapi traveling Anda. Sampai jumpa di lain kesempatan (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel