Rekomendasi 5 Kuliner Paling Populer di Jawa Timur

Rekomendasi 5 Kuliner Paling Populer di Jawa Timur - Pesona Jawa timur memang tak ada duanya, sebagai salah satu provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia, provinsi ini layak dijadikan salah satu destinasi wisata untuk keluarga.

Pesona Jawa timur terletak pada alamnya yang beragam, keramahan masyarakatnya, peninggalan sejarah hingga keanekaragaman kulinernya. Secara spesifik kami akan membahas tentang kekayaan kuliner jawa timur, penasaran ?

Simak artikel rekomendasi 5 kuliner paling populer di Jawa Timur di bawah ini:

 

Rawon

Untuk pecinta kuliner, kepopulerannya rawon bukan hanya di kalangan orang Jawa timur saja lho tapi sudah nasional. Rawon merupakan salah kuliner asal Jawa timur yang patut untuk dicoba. Rawon terbuat dari bahan daging sapi yang dicampur dengan kuah hitam yang berasal dari kluweh.

Rawon sangatlah lezat disandingkan dengan kerupuk udang, sambal dan bawang goreng.

 

Soto Lamongan

Jika berkunjung di kota Lamongan, jangan lupa untuk memesan yang namanya soto Lamongan. Soto ini berbeda dari soto daerah lainnya. Soto Lamongan Terbuat dari bahan rempah sehingga kuahnya berwarna kuning, semakin lezat dengan tambahan suwiran daging ayam yang empuk. Yang paling spesial dari soto Lamongan adalah bumbu koya nya yang menambah cita rasa gurih. Bumbu ini terbuat dari bawang putih dan udang yang telah dihaluskan.

 

Rujak Cingur

Sebagai ibukota dari Jawa timur, Surabaya juga memiliki sajian kuliner yang patut untuk dicicipi yaitu rujak cingur. Bagi pencinta pedas, rujak cingur bisa memanjakan lidah sahabat. Sajian kuliner ini terbuat dari bagian lidah atau hidung sapi dan di campurkan dengan sayuran rujak yang kemudian diguyur sambal kacang dan petis. Rujak cingur juga cocok disantap dengan lontong agar lebih kenyang.

 

Nasi Tumpang

Nasi tumpang atau biasa disebut Sego tumpang adalah kuliner tradisional yang kerap disantap warga Jawa timur untuk sarapan. Nasi tumpang tersusun dari nasi hangat yang dicampur dengan sambal tumpang. Sambal ini di buat dari tempat busuk, daging ayam, cabai dan kulit rambak yang sudah dihaluskan. Untuk bungkusnya memakai daun pisang agar wangi.

 

Nasi Krawu

Rekomendasi 5 Kuliner Paling Populer di Jawa Timur


Lewat ke Gresik jangan lupa menengok kuliner khasnya yaitu nasi krawu. Nasi cocok untuk mengisi perut karena porsinya yang mengenyangkan. Dinamakan nasi krawu karena bahannya campur-campur ada serundeng, suwiran daging sapi dan terasi. Ada juga nasi krawu yang dilengkapi semur untuk menambah cita rasa.

 

Gimana apa tertarik dengan kuliner khas daerah Jawa timur ? itulah rekomendasi 5 kuliner paling populer di Jawa Timur dari kami. Semoga artikel ini bermanfaat ketika Anda sedang traveling di daerah Jawa Timur (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel