Contoh Produk Farmasi Bioteknologi

 

Contoh Produk Farmasi Bioteknologi

Contoh Produk Farmasi Bioteknologi - Cacat gen pada manusia dapat menyebabkan kekurangan protein, seperti insulin, hormon pertumbuhan manusia, dan Faktor VIII yang dapat mengakibatkan masalah, seperti diabetes, kekerdilan, dan pembekuan darah terganggu, masing-masing. Protein untuk bahan kimia ini sekarang dapat digantikan oleh diproduksi protein melalui bioteknologi.

Untuk produksi insulin, dua rantai protein yang dikodekan oleh gen terpisah plasmid dimasukkan ke bakteri. Rantai protein kemudian secara kimia bergabung untuk membentuk produk akhir insulin. Hormon pertumbuhan manusia juga diproduksi dalam bakteri, namun teknik-teknik khusus yang digunakan karena bakteri biasanya tidak menghasilkan protein manusia.

Protein terapeutik, seperti berikut ini, juga dapat diproduksi oleh bioteknologi:

§  Aktivator jaringan plasminogen (TPA), protein ‘pelarutan gumpalan’, sekarang dapat diproduksi dalam sel mamalia rekombinasi.

§  Interferon, sebuah protein antivirus diproduksi dalam sel E. coli, saat ini digunakan untuk melawan beberapa jenis kanker dan penyakit kulit tertentu.

Sebuah molekul antisense adalah molekul RNA yang bereaksi dengan dan menetralkan molekul mRNA yang digunakan dalam sintesis protein. Dengan demikian, molekul antisense mencegah sintesis protein yang terlibat dalam penyakit tertentu. Misalnya, sebuah molekul antisense bisa melarang sel inang manusia dari memproduksi bagian-bagian kunci dari human immunodeficiency virus (HIV) bila infeksi telah terjadi.

Vaksin merupakan aplikasi lain teknologi DNA rekombinan. Vaksin hepatitis B yang sekarang digunakan terdiri dari protein virus yang diproduksi oleh sel-sel ragi dan digabungkan dengan gen virus. Vaksin ini aman karena tidak mengandung partikel virus. Vaksin eksperimental terhadap AIDS sedang diproduksi dengan cara yang sama.

Satu vaksin digunakan untuk vaccinia (cacar sapi) sebagai vektor virus. Virus ini telah digabungkan dengan gen dari beberapa virus, dan diharapkan bahwa suntikan vaksin akan merangsang ketahanan terhadap beberapa penyakit. Vaksin juga dapat diproduksi dengan menghilangkan gen yang merangsang penyakit tertentu dari patogen, yang menyebabkan organisme berbahaya yang akan merangsang respons kekebalan tubuh.

Itulah sedikit Contoh Produk Farmasi Bioteknologi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel