Iklan Responsif

Jurnal Nasional di Indonesia : Mencoba Familiar dengan Index Sinta S3, S4, S5, dan S6

Kemenristekdikti semakin bersemangat untuk meningkatkan publikasi ilmiah, termasuk publikasi jurnal nasional. Gebrakan yang masih hangat adalah disahkan akreditasi jurnal terindeks SINTA S1, S2, S3, S4, S5, S6. Fokus artikel ini membahas Jurnal Nasional di Indonesia. 
Jurnal Nasional di Indonesia

Menurut Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti (2019), Jurnal ilmiah nasional adalah majalah ilmiah dan harus memenuhi indikator sebagai berikut.
"1. Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika akademik."

"2. Memiliki ISSN (International Standard Serial Number)."

"3. Memiliki terbitan versi online."

"4. Bertujuan menampung atau mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu."

"5. Ditunjukan kepada masyarakat ilmiah atau peneliti yang mempunyai disiplin-disiplin keilmuan yang relevan."

"6. Dipublikasikan oleh Penerbit atau Badan Ilmiah atau Organisasi Profesi atau Organisasi Keilmuan atau Perguruan Tinggi dengan unit-unitnya."

"7. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris  dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris."

"8. Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal 2 (dua) institusi yang berbeda."

"9. Mempunyai dewan redaksi atau editor yang terdiri dari para ahli dalam bidangnya dan berasal dari minimal 2 (dua) institusi yang berbeda." 

"10. Angka kredit setiap karya ilmiah maksimal 10 (sepuluh)."                                                        (Sumber: Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, 2019)

Agar lebih mudah mengetahui dan memiliki bayangan real. Jurnal Nasional di Indonesia sebagai berikut. 
  1. Jurnal Nasional SINTA Peringkat 6 (S6)
  2. Jurnal Nasional  SINTA Peringkat 5 (S5)
  3. Jurnal Nasional  SINTA Peringkat 4 (S4)
  4. Jurnal Nasional  SINTA Peringkat 3 (S3)

Jurnal nasional yang memenuhi kriteria pada angka 1 sampai 10 dan terindeks pada basis data yang diakui Kemenristekdikti atau jurnal nasional akreditasi Kemenristekdikti peringkat 5 dan 6 diberikan nilai yang lebih tinggi dari jurnal nasional yaitu maksimal 15 (lima belas) (Sumber: Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, 2019). 

Jurnal nasional yang diterbitkan dalam salah satu bahasa PBB dan terindeks pada basis data yang diakui Kemenristekdikti, contohnya: CABI atau Index Copernicus International (ICI) atau jurnal nasional akreditasi Kemenristekdikti peringkat 3 dan 4 diberikan nilai maksimal 20 (dua puluh) (Sumber: Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, 2019). 

Semoga postingan Jurnal Nasional di Indonesia : Mencoba Familiar dengan Index Sinta S3, S4, S5, dan S6 ini bisa memberikan manfaat kepada Anda. Amiin

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel