Iklan Responsif

Jurnal Ilmiah di Indonesia

Telah menjadi sebuah trend positif dalam dunia pendidikan di Indonesia, khususnya kegiatan PUBLIKASI ILMIAH. 
Jurnal Ilmiah di Indonesia

Kalau kita membahas publikasi ilmiah di Indonesia, maka kita harus tahu jenis-jenis Jurnal Ilmiah yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu artikel ini fokus membahas tentang Jenis-jenis jurnal ilmiah yang diakui di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi. Mungkin lembaga lain juga ada dasarnya masing-masing.

Jurnal atau berkala ilmiah atau majalah ilmiah yang selanjutnya disebut sebagai jurnal adalah bentuk terbitan yang berfungsi meregistrasi kegiatan kecendekiaan, mensertifikasi hasil kegiatan yang memenuhi persyaratan ilmiah minimum, mendiseminasikannya secara meluas kepada khalayak ramai, dan mengarsipkan semua temuan hasil kegiatan kecendekiaan ilmuwan dan pandit yang dimuatnya (Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, 2019).

Berikut ini ada 4 jenis jurnal ilmiah yang dikategorikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Jurnal Nasional (kunjungi klik)

Jurnal Nasional Terakreditasi (kunjungi klik)

Jurnal Internasional (kunjungi klik)

Jurnal Internasional Bereputasi (kunjungi klik)


Update terbaru antara lain, kriteria dari masing-masing jurnal ilmiah di Indonesia sudah di keluarkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi dan akan diterapkan pada 2019.

Jurnal ilmiah di Indonesia memiliki potensi yang besar dalam pendidikan para akademisi. Oleh karena itu, perlu adanya pembinaan dan peluang tinggi dalam halnya publikasi. 

Artikel terkait Jurnal Ilmiah di Indonesia ini semoga dapat memberi manfaat bagi Anda Salam semangat menulis.

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel