Iklan Responsif

Tahukah Kalian Tentang Fenomena Perubahan Wujud dan Kegunaannya?

Dalam kehidupan sehari-hari manusia, ada beberapa macam zat yang bisa mengalami perubahan wujud ada tiga jenis, yaitu zat cair, zat padat, dan zat gas. Ketiga zat itu sangat berhubungan erat dengan kehidupan manusia dan pada umumnya mudah didapatkan. 
Tahukah Kalian Tentang Fenomena Perubahan Wujud dan Kegunaannya?  Aprilia Nur Azizah

Tahukah kalian apa itu perubahan wujud dan kenapa bisa mengalami perubahan? 

Perubahan wujud merupakan perubahan konsep mekanika berpindahnya energi dari fase zat menuju keadaan wujud zat lain. Perubahan wujud bisa terjadi dikarenakan terjadinya proses melepas dan menyerap kalor. Perubahan akan terjadi jika sudah mencapai titik tertentu oleh senyawa zat yang umumnya dikuantitaskan dalam angka suhu.

Semisal air  agar bisa berubah wujudnya menjadi padat harus mencapai titik bekunya dan air agar berubah menjadi gas harus mencapai titik didihnya. Terdapat banyak sekali perubahan wujud yang dapat terjadi beserta kegunaanya. Mari pelajari lebih mendalam pada artikel berikut.

Macam-macam wujud zat

Pada artikel ini, kita akan mempelajari perubahan wujud zat dan kegunaanya. Yuk kita intip apa saja zat yang dapat mengalami perubahan wujud. Sebelum mempelajari perubahan wujud zat kurang enak rasanya kalau kita belum mengenal macam-macam wujud zat yang terbagi menjadi tiga jenis, penjelasannya sebagai berikut.

Zat padat (solid). Zat padat merupakan salah satu zat yang memiliki sifat berbentuk padat, serta memiliki stuktur yang kuat dan erat. Zat padat adalah zat yang dapat dipegang serta dirasakan, bentuk dan volume selalu tetap, tidak dapat dimampatkan tidak dapat berpindah tempat dan berubah wujud tanpa adanya gaya yang diberikan. Zat padat ini dapat kita temukan dengan mudah disekitar kita, seperti kayu, batu bata, buku, tas, papan. 

Zat cair (liquid). Zat cair adalah suatu zat yang dapat mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, selalu berubah-ubah bentuknya mengikuti bentuk wadahnya akan tetapi volumenya tetap tidak bertambah apalagi berkurang. Zat cair ini sangat dekat dengan kehidupan kita, seperti halnya dalam kegiatan sehari-hari kita yang selalu menggunakan air untuk memenuhi kebutuhan mandi, minum, mencuci.

Zat gas. Zat gas adalah suatu zat yang tidak dapat dilihat, tidak dapat dipegang tetapi dapat dirasakan. Zat gas tidak memiliki warna dan bentuk nyata, zat gas mengisi ruang kosong di bumi. Seperti halnya udara yang mengandung oksigen untuk bernapas. 

Bagaimana perubahan wujud zat dan kegunaannya?

Sekarang kita sudah mengetahui tiga macam jenis zat yang ada di kehidupan kita. Mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya yaitu perubahan wujud zat dan kegunaannya. Perubahan wujud zat dibagi menjadi enam macam, penjelasannya sebagai berikut.

Mencair. Perubahan wujud zat mencair merupakan perubahan zat padat menjadi zat cair dengan cara menaikan suhu hingga titik tertentu. Seperti ketika  es batu dibiarkan dalam ruang terbuka yang terkena paparan sinar matahari akan meleleh menjadi air.

Membeku. Perubahan wujud zat membeku merupakan perubahan zat cair menjadi zat padat. Seperti halnya air yang ditaruh dalam sebuah wadah kemudian dimasukan ke freezer otomatis air akan mengalami penurunan suhu sampai titik beku yang mengakibatkan air menjadi es.

Menguap. Perubahan wujud zat menguap merupakan perubahan zat cair menjadi zat gas. Sebagaimana air yang dipanaskan hingga mencapai titik didih dan air akan mendidih akan menguap menjadi gas. Buktinya jika air mendidih terlalu lama maka secara perlahan air akan habis.

Mengembun. Perubahan wujud zat mengembun merupakan perubahan zat gas menjadi zat cair. Misalnya udara di malam hari akan berubah menjadi air embun di pagi hari karena penurunan suhu dan udara memiliki titik jenuh dimana ia tidak bisa menampung uap air lebih banyak maka dengan itu sebagian uap tersebut kembali berubah menjadi titik air di pagi hari yang disebut dengan embun.

Menyublim. Perubahan wujud zat menyublim merupakan perubahan zat padat menjadi zat gas. seperti halnya kapur barus ditaruh dalam almari pakaian lama kelamaan akan habis karena menjadi gas yang harum sekaligus sebagai pewangi pakaian. Bisa terjadi karena kenaikan suhu yang dialami oleh kapur barus.

Mengkristal. Perubahan wujud zat mengkristal merupakan perubahan zat gas menjadi zat padat. Seperti adanya bunga es yang menempel di dinding freezer. Terjadi karena adanya penurunan suhu atau terlepasnya panas yang dialami.

Jadi sekarang tema-teman sudah pahamkan? Kalau belum paham coba scroll lagi ke atas bacalah dengan teliti! Hauslah akan ilmu agar wawasan kita semakin luas. Semoaga artikel ini bermanfaat  bagi pembacanya. Tetap semangat jalani hari dengan penuh keikhlasan. 

Penulis: Aprilia Nur Azizah (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel