Iklan Responsif

Simpan Uangmu, Bantu Negara, dan Lindungi Bumi Dengan Menghemat Energi Listrik

Apa itu Energi Listrik?

Energi listrik adalah energi utama yang tersimpan dalam arus listrik (I) dan tegangan listrik (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik. Energi listrik merupakan energi utama yang dibutuhkan oleh manusia karena setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia tidak pernah luput dari penggunaan listrik. 
Simpan Uangmu, Bantu Negara, dan Lindungi Bumi Dengan Menghemat Energi Listrik Clarisa Fatmawati

Apa lagi zaman sekarang yang sudah memasuki era revolusi industri 4.0, di mana semakin banyak dan canggihnya teknologi yang membuat kita hidup dengan ketergantungan elektronik. Semakin canggih alat elektronik akan semakin membuat kita lupa dengan penggunaan listrik yang semakin hari semakin boros karena kita hanya terfokus pada alat electronik yang canggih. 


Pada dasarnya setiap kegiatan manusia seperti menyalakan kipas angin, menyalakan AC, penggunaan magic com, penggunaan mesin cuci, penggunaan setrika, menyalakan TV, isi ulang baterai handphone, mengisis baterai laptop dan lain-lain merupakan menggunakan listrik. Energi listrik dapat dihasilkan dari berbagai sumber, seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari dan lainnya.


Apa Pentingnya Menghemat Energi?

Menghemat bukan berarti pelit dalam penggunaannya melainkan memanfaatkan energi listrik dengan sebaik-baiknya dan juga dengan bijak, kapanpun dan di manapun kita berada. Sebenarnya banyak cara untuk menghasilkan listrik dengan pembangkit buatan seperti PLTA, PLTU, PLTS, PLTN. Tetapi bukan berarti kita boleh boros karena masih banyak cara untuk menghasilkan listrik karena SDA untuk pembangkit energi listrik juga bisa habis. 

Dalam penghematan listrik kita dapat memulainya dari diri kita sendiri terlebih dahulu, lalu merambah ke jangkauan yang lebih luas seperti  di lingkup keluarga, tetangga, dan masyarakat luas lainnya. Dengan menjadikan diri kita sebagai teladan dalam penghematan energi, bisa jadi orang-orang yang ada di sekitar kita akan ikut tergerak dan bersama-sama melakukan penghematan energi listrik. 

Tidak banyak yang dapat dilakukan oleh manusia kalau tidak ada energi listrik. Karena jika sumber penghasil energi listrik yang bisa habis dan penggunaannya yang semakin hari semakin bertambah, maka penggunaaan listrik harus dibatasi dengan cara menghematnnya. 


Bagaimana Cara Mengehemat Energi Listrik? 

Cara menghemat energi listrik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Menggunakan lampu hemat listrik.
  2. Menggunakan alat elektronik sesuai kebutuhan kita.
  3. Menggunakan tandon air untuk menampung air, agar tidak terlalu banyak dalam menggunakan mesin pemompa air.
  4. Mematikan lampu, kipas angin, AC jika sudah tidak digunakan.
  5. Mematikan segala macam barang elektronik saat meninggalkan ruangan.
  6. Banyak memberikan fentilasi pada bangunan untuk mengurangi penggunaan lampu. dan agar banyak udara yang masuk untuk mengurangi penggunaan AC dan kipas angin.
  7. Mengunakan sinar matahri untuk penerangan pada siang hari.
  8. Memilih barang-barang elektronik dengan teliti.


Apa Manfaat Mengehemat Energi Listrik? 

Banyak manfaat yang akan kita peroleh dalam menghemat penggunaan energi listrik misalnya kita dapat menghemat biaya yang kita keluarkan untuk membayar tagihan listrik. Daripada menghabiskan uang untuk tagihan listrik, lebih baik untuk berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari. 

Selain itu, dapat membantu negara  untuk menghemat pasokan listrik di negera ini dan menghemat sumber daya alam. Karena jika sumber daya alam habis akan butuh waktu yang lama untuk memperbaruinya, menjaga alam agar tatap bersahabat, membantu menjaga bumi ini agar terhindar dari kekurangan. 

Masih banyak lagi manfaat yang akan kita peroleh. Menghemat energi listrik sangat penting bagi kehidupan anak cucu kita kelak di masa depan karena menghemat sekarang dampaknya sampai berpuluh-puluh tahun lagi. 

Jadi ayo tunggu apalagi! Mari menghemat biaya, membantu negara, dan selamatkan bumi dengan menghemat energi listrik agar kehidupan anak cucu kita di masa yang akan datang juga dapat merasakan energi listrik. 

Semoga artikel tentang penghematan listrik ini dapat menggerakankan hati para pembaca agar segera membiasakan untuk menghemat energi listrik yang ada, dan semoga memberi manfaat maupun inspirasi bagi pembaca. 

Penulis: Clarisa Fatmawati (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel