Iklan Responsif

Bagaimana Pengaruh Limbah Industri Terhadap Kesehatan Lingkungan?

Halo sahabat pernah dengar nggak sih bahwa untuk meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan memajukan sektor pembangunan di bidang industri. Seperti kita ketahui bahwa di wilayah Indonesia sekarang banyak berdiri industri-industri besar yang beroperasi dan menghasilkan keuntungan yang sangat besar dalam bidangnya. 
Bagaimana Pengaruh Limbah Industri Terhadap Kesehatan Lingkungan? AL FANI MASITA

Namun tahukah kalian limbah dari sisa hasil produksi industri yang sudah tidak digunakan dan dibuang secara sembarang dapat mengganggu kesehatan lingkungan. Selain itu limbah industri dapat menimbulkan berbagai macam kerusakan atau pencemaran pada lingkungan. Apa saja sih pengaruh bahayanya limbah industri terhadap kesehatan lingkungan? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini secara cermat!     

Apa itu Limbah Industri?

Pernahkah kita bertanya-tanya apa limbah industri itu? Sebelum kita membahas limbah industri, mari kita kenali pengertian dari industri terlebih dahulu.

Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, serta barang jadi yang memiliki nilai tinggi. Industri di Indonesia memiliki banyak sekali macamnya, ada industri tekstil, industri makanan, industri pembuatan elektronik, industri pembuatan alat transportasi, hingga pembuatan alat-alat berat.

Sedangkan limbah industri adalah segala barang yang dihasilkan dari sisa proses produksi sebuah industri yang berbentuk cair, padat, gas dan sudah tidak digunakan lagi. Banyaknya industri yang beroperasi di wilayah Indonesia dengan usaha kecil, menengah, maupun berskala besar yang masing-masing mempunyai limbah yang berbeda sesuai dengan apa yang diproduksi.

Macam-macam limbah industri sebagai berikut.
  1. Limbah Industri Cair
    Jenis limbah industri yang berbentuk cair dapat dihasilkan dari sisa-sisa produksi industri cair.
  2. Limbah Industri Padat 
    Berbeda dari limbah cair, jenis limbah industri selanjutnya yang kita bahas adalah limbah industri padat. Munculnya limbah industri padat dapat diperoleh dari sisa-sisa hasil industri yang berbentuk padatan dan sudah tidak dipergunakan lagi.
  3. Limbah Industri Gas
    Selain mengenal limbah industri yang berbentuk cair dan padat, adapula jenis limbah industri terakhir yaitu limbah industri yang berbentuk gas. Limbah ini diperoleh dari sisa-sisa hasil produksi yang membentuk molekul-molekul gas. 

Apa itu Pencemaran Limbah Industri?

Tahukah anda apa saja pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah industri? Sebelumnya kita harus mengetahui bahwa limbah diperoleh dari sisa hasil produksi industri yang sudah tidak tigunakan dan dibuang secara sembarangan, sehingga dapat mengganggu kesehatan lingkungan dan dapat menimbulkan berbagai macam kerusakan atau pencemaran pada lingkungan.

Pencemaran yang dapat ditimbulkan akibat membuang limbah industri secara sembarangan sebagai berikut.
  1. Pencemaran Udara
    Pencemaran udara adalah terkontaminasinya udara bersih oleh gas-gas karena kegiatan manusia dan hasil produksi industri, pencemaran ini dapat mengakibatkan kualitas alami udara mengalami penurunan. Contoh limbah industri yang berbentuk gas antara lain kebocoran gas, pembakaran  pabrik, asap pabrik sisa produksi dan lain sebagainya.
  2. Pencemaran Air
    Pencemaran air adalah tercampurnya air dengan makhluk hidup lain, zat, energi, dan sisa-sisa hasil produksi industri. Buangan industri seperti timbal (Pb), raksa (Hg), seng (Zn) dan karbon monoksida (CO) dapat terakumulasi dan bersifat racun, akibatnya kualitas air menjadi turun sampai ketingkat tertentu dan menyebabkan air tidak berfungsi sebagaimana mestinya lagi. Contoh limbah industri yang berbentuk cair ini adalah sisa pewarna pakaian cair, sisa pengawet cair, limbah produksi tempe, limbah produksi tahu, serta sisa-sisa hasil produksi industri lainnya.
  3. Pencemaran Tanah
    Pencemaran tanah adalah masuknya bahan kimia buatan manusia serta sisa-sisa industri kedalam tanah sehingga merusak kesuburan tanah. Contoh limbah industri yang menyebabkan pencemaran tanah adalah limbah industri padat dan limbah industri cair sebagai berikut. (a) Limbah industri padat berasal dari sisa-sisa hasil industri yang berbentuk padatan dan sudah tidak dipergunakan lagi. Contoh limbah industri yang berbentuk padat adalah pengawetan buah, ikan, daging,  plastik, kantong, sisa pakaian, sampah kertas, kabel, listrik, bubur- bubur sisa semen, lumpur- lumpur sisa industri, dan lain sebagainya. (b) Limbah cair merupakan jenis limbah industri yang berbentuk cair dan dapat dihasilkan dari sisa-sisa produksi industri. Contoh limbah industri yang berbentuk cair adalah tembaga, timbal, perak, khrom, arsen, dan boron yang dihasilkan dari sisa-sisa proses industri pelapisan logam.

Apa saja Dampak  Limbah Industri Terhadap Kesehatan Lingkungan?

Pencemaran adalah terganggunya keseimbangan lingkungan (air, udara, dan tanah) akibat terkontaminasi oleh polutan atau polusi sehingga fungsi tidak berjalan dengan semestinya.  Dampak-dampak yang muncul karena adanya pencemaran limbah industri sebagai berikut.
  1. Dampak Terhadap KesehatanDampak yang ditimbulkan limbah industri terhadap kesehatan sebagai berikut.
    a) Munculnya berbagai macam penyakit akibat banyaknya tumpukan sampah-sampah beracun.
    b) Menyebarnya penyakit jamur.
    c) Menyebabkan penyakit kulit seperti penyakit gatal.
    d) Menyebabkan penyakit kolera, diare, dan tifus.
  2. Dampak Terhadap LingkunganSelain akan berdampak pada kesehatan, adanya limbah industri ini juga dapat menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan yaitu:
    a) Kualitas alami udara mengalami penurunan.
    b) Penurunnya kualitas air sampai ke tingkat tertentu dan menyebabkan air tidak berfungsi sebagaimana mestinya lagi.
    c) Bertumpuknya sampah-sampah beracun sehingga memicu bau yang tidak sedap sebagai tempat perkembangbiakan lalat dan nyamuk.
    d) Membuat lingkungan kurang nyaman untuk ditempati.
    e) Berkurangnya makhluk hidup karena terkena pencemaran limbah industri.

Bagaimana Upaya Meminimalisir Pencemaran Limbah Industri?

Seperti yang telah kita ketahui di atas bahwa dampak negatif dari limbah industri tersebut akan selalu terasa apabila kita tidak mengolah limbah secara baik dan benar. Maka bagaimanakah upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir pencemaran akibat limbah industri? Jawabnnya tentu saja perlu adanya upaya-upaya tertentu agar limbah yang dihasilkan dapat dinetralisir dan tidak membahayakan. Upaya yang dapat dilakukan sebagai berikut.
  1. Menumbuhkan kesadaran pentingnya mengolah limbah industri sebelum dibuang agar tidak mencemari lingkungan. 
  2. Membuat tempat khusus untuk tumpukan limbah-limbah beracun yang dapat mengganggu kesehatan lingkungan.
  3. Mengolah limbah industri yang tidak berbahaya menjadi suatu benda yang memiliki keindahan dan nilai jual tinggi.
  4. Menyaring limbah-limbah pabrik yang akan dibuang.
  5. Mengurangi penggunaan bahan-bahan industri yang mengandung zat kimia tinggi dan merusak kesehatan lingkungan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa limbah industri memengaruhi kesehatan lingkungan. Jika limbah industri tidak diolah dengan bijak dan baik, maka dari itu perlu adanya upaya-upaya tertentu agar limbah yang dihasilkan dapat dinetralisir dan tidak membahayakan.

Jika lingkungan sudah terlanjur tercemar, maka harus diupayakan untuk mengatasi pencemaran-pencemaran tersebut supaya tercipta lingkungan bersih dan sehat. Semoga artikel tentang bagaimana pengaruh limbah industri terhadap kesehatan ini dapat memberi manfaat maupun inspirasi bagi pembaca. 

Penulis: Al Fani Masita (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel