Iklan Responsif

Apa Dampak Pemanfaatan Bahan Alam Terhadap Pelestarian Lingkungan?

Halo semuanya! Kini kita bertemu lagi dengan pembahasan yang berbeda yakni tentang Dampak Pemanfaatan Bahan Alam Terhadap Pelestarian Lingkungan. 
Apa Dampak Pemanfaatan Bahan Alam Terhadap Pelestarian Lingkungan? Gica

Apa itu bahan alam dan bagaimana contoh bahan alam?

Bahan alam yaitu suatu bahan yang dapat kita peroleh dari alam misalnya kayu, batubara, emas, minyak, dan lain-lain. Kalian tahu tidak kalau di negara Indonesia tercinta kita ini memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah sehingga kita dapat menikmati dan memanfaatkannya secara langsung. 

Salah satu bahan alam yang sangat mendunia di Indonesia adalah tambang emas di Papua, tambang batubara di pulau Kalimantan dan Sumatera, dan masih banyak lagi. Bahan alam atau sumber daya alam yang tersedia tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia kalau dikelola secara benar. Kita sebagai manusia tidak diperbolehkan menggunakannya secara berlebihan karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan terhadap kelestarian lingkungan. 

Dan juga tidak hanya memanfaatkannya lalu membiarkannya, akan tetapi kita harus melakukan pelestarian lingkungan kembali agar sumber daya alam tetap terjaga dengan baik. Sayangnya kini marak pemanfaatan bahan alam secara liar tanpa melakukan pelestarian kembali. 


Kegiatan apa yang melakukan pemanfaatan bahan alam tanpa melakukan pelestarian lingkungan kembali serta dampaknya?

Di bawah ini beberapa contoh kegiatan pemanfaatan bahan alam tanpa melakukan pelestarian lingkungan kembali serta dampaknya sebagai berikut.
  1. Melakukan penambangan secara berlebihan dan besar-besaran sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan tanah bekas kerukan menjadi gersang dan tandus.
  2. Melakukan kegiatan penangkapan ikan menggunakan racun dan bom. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan ekosistem dan makhluk hidup yang ada di air seperti batu karang, tumbuhan yang ada di air dan hewan air lainnya.
  3. Melakukan penebangan pohon secara liar tanpa melakukan penanaman kembali atau reboisasi. Hal tersebut dapat mengakibatkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor karena tidak ada pohon yang dapat menyerap air ketika terjadi hujan.
  4. Pemburuan hewan langka secara liar. Hal ini dapat mengakibatkan hewan langka yang ada di lingkungan ini lama kelamaan akan menjadi punah.
Apa Dampak Pemanfaatan Bahan Alam Terhadap Pelestarian Lingkungan? Gica

Bagaimana cara mencegah dampak buruk yang terjadi di lingkungan kita akibat pemanfaatan bahan alam? 

Kita sebagai manusia dapat mencegah dampak buruk itu terjadi di lingkungan kita dengan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar. Karena kalau tidak dimulai dari diri kita sendiri lalu kita mulai dari siapa lagi? Sehingga dari hal tersebut kita masih dapat memanfaatkan bahan alam yang ada di lingkungan kita dalam jangka waktu yang sangat panjang. 

Cara mencegah dampak buruk yang terjadi di lingkungan kita akibat pemanfaatan bahan alam sebagai berikut.
  1. Melakukan kegiatan tebang pilih. Maksud dari melakukan kegiatan tebang pilih ini ketika menebang pohon pastikan pohon tersebut pohon yang sudah layak dan sudah waktunya untuk di tebang.
  2. Melakukan kegiatan penanaman kembali atau biasa disebut reboisasi. Kegiatan reboisasi sangat perlu dilakukan guna untuk tetap menjaga kelestarian hutan dan alam sekitar. Misalnya, kita menebang satu pohon yang ada dihutan maka kita harus menggantinya dengan penanaman kembali lima-sepuluh pohon di hutan tersebut.
  3. Melakukan pemupukan tanah yang tandus.
  4. Menangkap ikan sesuai aturan yaitu dengan menggunakan pancing atau jaring. Penangkapan ikan dengan cara seperti ini tidak akan merusak ekosistem di air seperti batu karang, tumbuhan air dan hewan air lainnya.
  5. Menerbitkan undang undang dengan pasal dan sanksi yang sangat berat terhadap pelaku pemburuan dan memperketat pengawasan disetiap hutan besar yang ada di Indonesia sehingga pelaku tersebut dapat merasakan jera akibat perbuatannya.
  6. Melakukan budidaya dengan mendirikan cagar alam dan suaka marga satwa.
Cukup sekian pembahasan tentang Dampak Pemanfaatan Bahan Alam Terhadap Pelestarian Lingkungan. Kita harus selalu ingat bahwa menjaga pelestarian lingkungan sangat penting dilakukan dan harus memanfaatkan kekayaan alam di lingkungan kita dengan baik. Semoga bisa bermanfaat.

Penulis: Gisca (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel