Iklan Responsif

Apa Obat Peningkat Rasa Percaya Diri?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hai teman-teman, apa kabar? Disini saya akan memberitahu kalian tentang bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri. Nah, pastinya kebanyakan dari kalian kalau tampil di depan umum akan merasa kurang percaya diri kan? Sekarang sudah tidak zaman lagi untuk malu-malu tampil di depan umum. Karena pada era yang modern kalau kalian tidak mempunyai rasa percaya diri pastinya kalian akan tersingkirkan, meskipun kalian mempunyai ide-ide bagus ataupun kreativitas yang sangat baik. Sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi karena di sini saya mempunya solusi atau obat untuk meningkatkat rasa percaya diri kalian. 

Apa Obat Peningkat Rasa Percaya Diri? Halisah Akmalia

Apa itu Rasa Percaya Diri?

Rasa percaya diri itu rasa yakin yang ada pada diri sendiri dalam menilai suatu kemampuan yang kita lakukan. Rasa percaya diri sendiri itu salah satu bagian yang sangat penting pada diri kita. Orang yang mempunyai rasa percaya diri itu biasanya lebih mencintai dirinya sendiri, mau melangkah lebih jauh tanpa harus merasa takut salah untuk mengambil keputusan, selalu mempunyai pikiran positif untuk masa depannya. Namun orang yang kurang mempunyai rasa percaya diri biasanya lebih berpikir negatif kepada dirinya sendiri dan takut untuk melangkah lebih jauh lagi. Untuk meningkatkan rasa percaya diri itu bisa kita ciptakan sendiri. Oleh karena itu kalau kita merasa diri kita kurang mempunyai rasa percaya diri kita harus lebih meningkatkan lagi. 

Bagaimana Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri?

Untuk meningkatkan rasa percaya diri itu ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebagai berikut. 
  1. Menanamkan Sikap yang Baik 
    Untuk menanamkan sikap yang baik itu ada beberapa hal lagi yang harus kita lakukan: 
    a. Harus mengetahui pikiran negatif. Untuk mengetahui pikiran negatif biasanya yang ada di dalam pikiran kita itu terlintas kata-kata seperti “ini pasti tidak berhasil” atau “aku tidak bisa” . kata-kata yang seperti itu akan menghalangi kita untuk memiliki rasa percaya diri. Oleh karena itu kita harus membuang pikiran yang pesimis atau negatif.

    b. Mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif. Setelah kita mengetahui pikiran negatif yang selalu terlintas kita harus mengganti atau menghilangkan pikiran itu dari otak kita supaya kita lebih bisa menghargai diri kita sendiri atau mempunyai rasa percaya diri. Kita bisa mengganti kata-kata negatif dengan kata-kata seperti “aku pasti bisa” atau “aku akan mencobanya dulu.” 

    c. Membiasakan berpikir positif. Semakin sering kita berpikir positif kita akan terbiasa melakukan itu dan lama kelamaan pikiran negatif itu akan mempunyai ruang yang sedikit di dalam otak kita dan kita pun akan jarang berpikir negatif. 

    d. Menghilangkan apa saja yang bisa membuat kita berpikir negatif 
    Kita harus bisa meninggalkan sesuatu yang membuat kita berpikr negatif seperti mengingat masa lalu, tau barang-barang yang bisa membuat kita berfikir negatif, dan yang lainnya. 

    e. Mengenali dan mengembangkan bakat yang ada pada diri sendiri 
    Setiap orang pasti mempunyai bakat, keahlian atau kemapuan yang ada pada dirinya masing-masing. Jadi carilah kelebihan atau kemampuan yang ada pada diri kita dan lebih fokus untuk mengembangkan kelebihan atau kemampuan itu. Seperti hobi atau bakat minat yang ada di dalam diri kita  supaya lebih mendalam dan membuat kita bisa lebih percaya diri sendiri. 

    f. Bangga kepada diri sendiri 
    Kita harus bisa menghargai apa yang kita punya atau menghargai apa yang kita dapat. Tetapi kita harus tetap bersyukur dengan apa yang sudah kita peroleh dan menajauhkan diri kita dari rasa yang mebuat kita gampang puas atau sombong. 

  2. Mengontrol Emosi 
    Untuk meningkat kan rasa percaya diri yang ada di dalam diri kita, kita juga harus bisa mengontrol emosi kita supaya kita tidak mudah terpancing emosi dan tetap bisa bersabar. Untuk mengontrol emosi kita bisa melakukan beberapa hal berikut. 
    a. Mengganti perasaan takut dengan perasaan nyaman 
    Sebagian orang beranggapan bahwa orang yang memiliki rasa percaya diri yaang baik itu tidak mempunyai rasa takut, anggapan itu sangat salah. Tetap saja orang yang memiliki rasa percaya diri yang baik itu tetap memiliki rasa takut hanya saja orang yang memiliki rasa percaya diri yang baik itu mampu menghilangkan rasa takutnya. Seperti seorang bayi yang baru belajar untuk berjalan pastinya pertama kali dia melangkah dia akan merasa takut jatuh tetapi bayi itu melawan rasa takut itu dan mencobanya dan setelah berhasil pastinya bayi itu melanjutkan lagi. Nah, kita itu seperti bayi yang baru belajar berjalan yang takut untuk jatuh. Jika kita bisa melawan rasa takut itu, maka kita pasti bisa melangkah lebih jauh lagi dengan rasa percaya diri. 

    b. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain 
    Jika kita ingin mempunyai rasa percaya diri yang baik, maka kita tidak boleh membandingkan diri kita dengan orang lain. Lebih baik kita fokus pada diri kita sendiri dari pada harus membandingkan dengan orang lain.

    c. Bangkit dari kesalahan yang pernah dibuat 
    Ini salah satu solusi yang bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Kita harus sadar akan kesalahan kita yang telah kita perbuat dan setelah kita mengetahui kesalahan itu kita harus bisa bangkit dari kesalahan itu supaya kita bisa terus maju dan kita harus sadar bahwa hidup itu pasti ada ujian atau cobaan.
  3. Marawat Diri Sendiri 
    Untuk merawat diri sendiri kita harus melakukan hal-hal yang bisa membuat diri kita menjadi lebih baik lagi dan mempunyai rasa percaya diri yang lebih baik. 
    a. Memperhatikan diri kita. Seperti menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, dan hal lainnya.
    b. Memperhatikan penampilan. Hal ini yang terkadang membuat kita mempunyai rasa percaya diri yang kurang, jadi penampilan itu salah satu yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan rasa percaya diri kita. Oleh karena itu perbaiki penampilan kita.
    c. Olahraga dan tidur yang cukup. Salah satu merawat diri sendiri yaitu dengan berolahraga dan tidur yang cukup. Karena olahraga itu sangat baik untuk kesehatan kita dan tidur yang benar adalah tujuh sampai sembilan jam. Dengan tidur yang cukup kita akan merasakan bahwa diri kita menjadi lebih baik lagi. 

  4. Berani Ambil Resiko dan Menetukan Tujuan 
    Untuk menentukan tujuan mungkin mudah atau tidak terlalu sulit tapi untuk mewujudkan tujuan itulah yang mungkin membuat kita takut akan resikonya. Jadi untuk yang pertama kita lakukan adalah tentukan tujuan-tujuan yang kecil atau tujuan yang mempunyai resiko atau akibat yang minimum kalau itu sudah kita lakukan pastinya kita akan terus melangkah maju dan secara tidak sadar kita sudah melewati hal-hal yang beresiko tinggi. 


Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa cara meningkatkan diri itu dengan menanamkan sikap yang baik, mengontrol emosi, merawat diri sendiri, dan berani ambil resiko dan menentukan tujuan. 

Penulis: Halisah Akmalia (S1 Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel