Apa itu Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat?

Hello gaess!! Salam hangat buat kalian semua yang ada di sana, semoga hari-harinya menyenangkan dan semoga dalam keadaan sehat.

Di sini saya akan mengulas sedikit tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat di sekitar kita. Tentunya kalian semua sering melihat lingkungan yang sangat kotor dan kumuh di mana itu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Nah, saya akan menjelaskan hal tersebut di dalam artikel ini agar kalian semua mengetahui tentang Lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat itu bagaimana sih keadaannya? Sebelum kita mengulas lebih dalam, kita harus mengetahui lebih dulu apa sih yang dimaksud dengan Lingkungan itu sendiri? 

Apa itu Lingkungan?

Lingkungan adalah suatu kesatuan ruang yang menjadi kelangsungan hidup dari semua makhluk hidup dan perilakunya. Makhluk hidup sangat bergantung pada kondisi lingkungan. Apabila kondisi lingkungan itu tidak sehat maka makhluk hidup yang terdapat di lingkungan tersebut akan merasakan dampak dan efek dari lingkungan itu.

Jika kondisi lingkungan itu sehat, maka akan sangat berdampak baik juga bagi kelangsungan hidup pada makhluk hidup itu sendiri. Kelangsungan makhluk hidup bergantung pada lingkungan. Sedangkan, lingkungan dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu Lingkungan yang sehat dan Lingkungan yang tidak sehat.  

Apa itu Lingkungan Sehat?

Lingkungan sehat adalah keadaan lingkungan yang terlihatbersih dan layak untuk ditempati. Lingkungan yang sehat mempunyai udara yang bersih dan terbebas dari polusi. Di dalam lingkungan yang sehat terdapat tempat sampah yang sudah dikelompokkan seperti sampah organik dan anorganik. Sampah tersebut dibuang ke tempat pembuangan akhir dari sampah, yang kemudian bisa diolah kembali atau dijadikan pupuk.

Lingkungan sehat juga harus terbebas dari polutan pabrik atau pencemaran dari limbah pabrik. Lingkungan yang sehat sangat bagus untuk ditempati oleh makhluk hidup guna melangsungkan proses kehidupannya. Lingkungan yang sehat sering kali menjadi tempat favorit, sehingga banyak orang yang menyukai dan menjadikan sebuah tempat tinggal. 

Apa itu Lingkungan Tidak Sehat?

Lingkungan tidak sehat adalah keadaan lingkungan yang kotor dan kumuh sehingga tidak layak untuk ditempati. Lingkungan yang tidak sehat mempunyai udara yang cenderung kotor dan banyak terkena polusi seperti, asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan sebagainya. Biasanya di dalam lingkungan yang tidak sehat ini, tidak disediakan tempat sampah yang cocok sehingga para warga membuang sampah sembarangan yang menyebabkan penumpukan sampah dan lama-kelamaan akan tercium bau yang tidak sedap. 

Lingkungan yang tidak sehat ini akan merugikan banyak orang masyarakat karena ulah dari masyarakat itu sendiri yang tidak bisa merawat lingkungannya dengan baik. Keadaan lingkungan yang tidak sehat akan rawan menimbulkan berbagai penyakit. Bahkan, beberapa warga acuh tak acuh melihat kondisi seperti ini. 

Bagaimana Cara Menciptakan Lingkungan yang Sehat?

Nah, untuk menciptakan lingkungan yang sehat kita harus menjaga dan merawat lingkungan itu terlebih dahulu. Pastikan lingkungan kita terbebas dari penyakit yang membua ttubuh kita menjadi tidak sehat. Kemudian kita harus rutin membersihkan selokan atau lingkungan sekitar agar terlihat bersih dan indah. 

Begitulah penjelasan saya mengenai lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat. Lalu, apa tindakan kita menyikapi hal tersebut? Sebagai warga yang baik kita harus merawat lingkungan kita sendiri agar terlihat bersih dan sejuk untuk dipandang. Kemudian kita juga mengingatkan warga sekitar untuk saling menjaga lingkungan kita. Kita juga harus rutin gotong-royong membersihkan lingkungan sekitar kita agar terlihat bersih dan tidak kumuh. Sekian dari saya, terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. 

Penulis: Fitrotin Nabilah (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel