Iklan Responsif

Apa Urgensi Air bagi Kehidupan Manusia, Hewan, dan Tumbuhan?

Hallo kawan-kawan! Kali ini artikel ini akan membahas tentang betapa pentingnya air bagi kita, hewan, dan juga tumbuhan. Dari beberapa kebutuhan makhluk hidup, air merupakan salah satu kebutuhan yang terpenting bagi makhluk hidup untuk menunjang kehidupan mereka. 
Apa Urgensi Air bagi Kehidupan Manusia, Hewan, dan Tumbuhan? Adinda Zulihah

Apakah Ada Makhluk Hidup Bisa Hidup Tanpa Membutuhkan Air? 

Tidak, semua makhluk hidup yang ada di Bumi ini pasti sangat membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Coba bayangkan saat di Bumi ini tidak ada air sama sekali? Mungkin semua kehidupan di Bumi akan musnah secara masal.

Apa Urgensi Air bagi Kehidupan Manusia, Hewan, dan Tumbuhan?

Air termasuk salah satu sumber daya alam yang paling berperan untuk semua makhluk hidup, karena cara bekerjanya begitu ajaib dan juga mempunyai banyak manfaat. Beberapa manfaat air bagi manusia untuk menunjang atau memenuhi kebutuhan sehari-harinya, seperti untuk memasak, mandi, minum, mencuci, kesehatan tubuh, kegiatan industri, pelayaran, kegiatan perdagangan, dan lain-lain.

Para petani memanfaatkan air sebagai irigasi, peternakan, dan bercocok tanam. Tanaman-tanaman yang ada di sawah sangat bergantung dengan adanya air. Kenapa? Karena jika tidak ada air, maka tanaman-tanaman itu tidak akan bisa bertahan dan mereka akan mati. Jika tanaman-tanaman itu mati, maka para petani akan mengalami kerugian.

Air juga sangat berperan dalam proses percernaan tubuh. Jika kita minum secara teratur, maka proses pencernaan di dalam tubuh kita akan berproses dengan lancar. Dan air juga dapat menambah daya kekuatan tubuh kita, sehingga kita dapat melakukan akivitas sehari-sehari secara maksimal dan baik. 

Di Bumi ini, tidak mungkin ada makhluk hidup yang dapat bertahan saat tanpa adanya air. Selain manusia, hewan juga sangat memerlukan air dalam menjalani aktivitas sehari-harinya. Hewan memanfaatkan air untuk minum, untuk kebutuhan sekundernya seperti mandi, dan juga untuk metabolisme tubuh mereka.

Pemanfaatan air bagi tumbuhan sedikit berbeda, tumbuhan memanfaatkan air sebagai media fotosintesis. Selain matahari, air juga termasuk komponen yang membantu proses fotosintesis berjalan dengan lancar. Fotosintesis ini akan terjadi di dalam daun tumbuhan. Air akan diangkut melalui akar yang akan dibawa menuju ke batang dan selanjutnya akan menuju ke daun.

Di dalam daun, air akan membantu proses fotosintesis untuk membuat makanan bagi tumbuhan tersebut. Selain sebagai media fotosintesis, air juga dapat membuat tumbuhan lebih segar, tidak layu, dan bisa bertahan hidup lebih lama. Jika tidak ada air, maka tumbuhan tersebut akan layu, tidak segar, dan tidak bisa berbuah, sehingga makhluk hidup tidak bisa memakan makanan yang bergizi.

Dapat kita ketahui, betapa pentinya air bagi kehidupan makhluk hidup untuk menjalani aktivitas sehari-harinya. Meskipun air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui, kualitas baik buruknya air, bersih kotornya air juga dapat dipengaruhi dari kelestarian lingkungan.

Kita sebagai manusia yang diberi Allah SWT akal paling sempurna dari pada makhluk yang lain. Kita harus bisa menjaga dan melindungi kelestarian lingkungan alam kita, agar kita tetap bisa mengonsumsi air dengan kualitas yang baik dan bersih.

Coba bayangkan, saat air di lingkungan kita sangat kotor dan sangat bau? Untuk minum saja kalian pasti kebingungan mencari air yang bersih dan layak untuk diminum, apalagi untuk mandi, mencuci, memasak, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga dan melindungi kelestarian lingkungan agar air yang kita gunakan kualitasnya tetap terjaga yang dapat dilakukan melalui penghematan air, tidak membuang sampah sembarangan agar tidak merusak ekosisitem, melakukan penghijauan, tidak membuang limbah pabrik di sungai supaya tidak terjadi pencemaran, dan lain sebagainya. Sayangi lingkungan kita seperti kita menyayangi diri kita masing-masing.

Tunggu apalagi, sebelum pasokan air kita menjadi rusak dan habis, mari kita jaga kelestarian lingkungan kita dengan sebaik mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat mengamalkan ilmunya kepada orang lain.

Penulis: Adinda Zulihah (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel